Comscore Tracker

5 Tips Kantong Tetap Stabil Meski Gaji di Bawah Rp5 Juta

Biar hidupmu terasa lebih nyaman

Banyak orang yang sering menggunakan uang pribadinya dengan tidak sewajarnya. Pengeluaran pun lebih besar daripada pendapatan. Nah, untuk kamu yang saat ini mengalami hal seperti itu, sudah saatnya untuk mengatur keuangan pribadimu sebaik mungkin.

Di bawah ada lima tips untuk mengatur keuangan pribadimu tetap stabil, meski gaji di bawah Rp5 juta. Yuk, langsung disimak!

1. Kurangi perilaku konsumtif

5 Tips Kantong Tetap Stabil Meski Gaji di Bawah Rp5 Jutailustrasi orang yang konsumtif (pexels.com/Pavel Danilhyuk)

Saat ada iklan produk yang menarik perhatian, tentu kamu akan penasaran. Dari rasa penasaran, munculah rasa ingin memiliki produk tersebut dan akhirnya membelinya. Terlebih ketika produk tersebut memiliki diskon harga. Namun setelah membelinya, kamu gak tahu barang itu mau digunakan untuk apa.

Nah, kalau seperti itu sih sudah termasuk dalam perilaku konsumtif. Jadi, hanya membeli suatu produk sesuai keinginan, bukan kebutuhan. Kalau rasa ingin membeli selalu ada, kurangi secara perlahan-lahan. Belilah barang yang benar-benar sedang dibutuhkan.

2. Selektif dalam berbelanja

5 Tips Kantong Tetap Stabil Meski Gaji di Bawah Rp5 Jutailustrasi orang berbelanja (pexels.com/Artem Beliaikin)

Hal yang paling sering terjadi adalah kesalahan dalam berbelanja. Banyak orang yang tergoda dengan segala macam promo yang ditawarkan. Jangan hanya tergiur dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya.

Pikirkanlah baik-baik sebelum membeli. Selain harganya, perhatikan juga kualitas dan manfaat dari produk tersebut. Selektif dalam berbelanja itu sangat diperlukan, agar gak menyesal setelah membelinya.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Bakal Membantumu Terhindar dari Belanja Impulsif

3. Jangan jadi orang yang gengsian

5 Tips Kantong Tetap Stabil Meski Gaji di Bawah Rp5 Jutailustrasi orang mengikuti trend masa kini (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan malu untuk menjadi orang yang sederhana. Bahkan saat hangout bareng teman sekalipun seperti nongkrong di kafe. Kamu gak perlu gengsi untuk membeli menu yang harganya benar-benar sesuai dengan kantong kamu saat itu.

Lalu, contoh lainnya dalam hal membeli barang. Misalnya, saat ada pakaian yang lagi kekinian, kamu berusaha membelinya karena ingin mengikuti mode dan rasa gengsi biar gak dibilang ketinggalan zaman.

Membeli suatu produk hanya untuk menghilangkan rasa gengsi, gak perlu dilakukan. Bersikaplah sederhana. Dengan begitu, uang yang kamu punya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lainnya yang lebih penting.

4. Berhemat dalam menggunakan kebutuhan harian

5 Tips Kantong Tetap Stabil Meski Gaji di Bawah Rp5 Jutailustrasi orang membeli kebutuhan harian (pexels.com/Michael Burrows)

Kebutuhan harian seperti membeli makanan, pulsa telepon, kuota internet, dan lain-lain harus disesuaikan dengan keuanganmu. Usahakan membeli makanan yang harganya sesuai kantong, menggunakan kuota internet sewajarnya saja, dan menggunakan kebutuhan lain juga seperlunya saja.

Jika kamu sudah bisa menggunakan kebutuhan harian secara wajar, kamu pun akan lebih mudah mengelola keuanganmu untuk membayar keperluan lain, seperti sewa kost, tagihan listrik, atau keperluan lainnya.

5. Sisihkan untuk dana cadangan

5 Tips Kantong Tetap Stabil Meski Gaji di Bawah Rp5 Jutailustrasi menabung (unsplash.com/Damir Spanic)

Cobalah untuk menyisihkan uang untuk ditabung, misalnya di celengan. Memang terkesan agak kuno, tapi gak ada salahnya untuk mencoba. Sebab, uang yang disisihkan setiap hari, walaupun sedikit tak terasa lama-lama akan kamu lihat sendiri hasilnya.

Uang yang telah kamu sisihkan itu akan sangat bermanfaat sebagai dana cadangan, jika suatu saat diperlukan untuk kebutuhan mendesak. Kamu jadi gak perlu bingung lagi, kan?

Beberapa tips di atas bisa kamu coba. Dengan gaji di bawah Rp5 juta, kamu masih bisa hidup dengan nyaman, kok. Intinya, kamu harus lebih bijak saat mengeluarkan uang.

Baca Juga: Tidak Selalu Negatif, Ini 5 Manfaat Belanja untuk Kesehatan Mental

Eka Ratna Hapsari Photo Writer Eka Ratna Hapsari

A Dreamer ✨☁️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya