Comscore Tracker

Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hambat Perkembangan Dirimu

Ubah kebiasaan burukmu menjadi sesuatu yang lebih bermakna

Setiap orang selalu memiliki kebiasaan yang pasti sering dilakukan olehnya. Kebiasaan tersebut dapat bersifat baik ataupun buruk. Kebiasaan yang baik harus terus kamu pertahankan, sehingga menuntunmu berkembang ke arah positif. Hal ini tentunya akan berbeda jika kamu memiliki kebiasaan yang buruk. Kebiasaan tersebut harus kamu rubah sehingga tidak memperhambat perkembangan dalam dirimu.

Kebiasaan buruk tersebut dapat kamu lakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Nah guys, berikut ini 5 kebiasaan buruk yang perlu untuk kamu hindari sehingga tidak memperhambat perkembangan dalam dirimu. Check its out!

1. Terlalu lama bermain gawai

Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hambat Perkembangan Dirimuunsplash.com/Attentie Attentie

Di zaman yang semakin modern ini, gadget atau handphone sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Gadget seolah mempunyai magnet yang dapat membuat seseorang tak bisa lepas darinya. Terlalu lama memegang gadget dapat berdampak negatif bagi perkembangan diri seseorang. Kamu akan dibuat keasyikan sehingga melupakan hal-hal lain yang lebih penting untuk dikerjakan. Akibatnya, banyak aktivitas yang dapat tertunda dan menumpuk. Selain pekerjaan, terlalu sering dan lama bermain gadget membuat kamu kehilangan waktumu dalam relasi dengan sesama.

2. Selalu menunda-nunda pekerjaan

Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hambat Perkembangan Dirimuunsplash.com/Inna Lesyk

Hal lain yang memperhambat perkembangan dirimu adalah selalu menunda-nunda pekerjaan. Dalam mengerjakan sesuatu pasti kamu akan menemukan titik jenuh. Dengan titik jenuh tersebut akan membuatmu malas mengerjakan tugasmu dan malah menundanya. Namun, dengan menunda pekerjaan tanpa kamu sadari telah memperhambat perkembangan dalam dirimu. Nah guys ,Kerjakan apa yang bisa dikerjakan sekarang dan biasakan dirimu untuk selalu tidak menunda-nunda sesuatu.

Baca Juga: Gak Ribet, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Mampu Menjaga Kesehatan Otakmu

3. Menghabiskan banyak waktu di depan TV

Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hambat Perkembangan Dirimuunsplash.com/Liliia Beda

Hal berikutnya yang dapat memperhambat perkembangan dalam dirimu adalah menghabiskan banyak waktu di depan TV. Ketika kamu sudah keasyikan menonton, kamu akan melupakan atau sengaja melupakan hal-hal penting yang perlu untuk diselesaikan. Wajar jika kamu mengikuti perkembangan informasi penting atau sebagai sarana mendapat hiburan di kala lelah, namun jika terlalu lama dan sering sudah bukan lagi taraf wajar. Manfaatkanlah waktumu sebaik mungkin dengan menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang berdampak positif pada dirimu.

4. Selalu membandingkan dirimu dengan orang lain

Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hambat Perkembangan Dirimuunsplash.com/Joe Gardner

Tuhan menciptakan seseorang tak ada yang sempurna. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, jadi berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain. Syukuri apa yang ada padamu sekarang, karena hal tersebut mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Cobalah untuk berhenti membandingkan hal materi maupun fisik yang kamu miliki dengan orang lain. Membanding-bandingkan hanya hanya akan membuat kamu minder dan pesimis sehingga membuat dirimu sulit untuk berkembang.

Teruslah berjuang dengan segala keterbatasan yang kamu miliki dan jemputlah kesuksesanmu.

5. Terlalu sering mengeluh

Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hambat Perkembangan Dirimuunsplash.com/Simon Marsault

Merasa bosan, jenuh dan lelah pasti pernah dilakukan setiap orang. Hal ini memang manusiawi namun jangan membuat rasa-rasa tersebut sebagai penghalang sehingga membuatmu terus mengeluh.

Mengeluh hanya akan membuatmu tidak percaya pada kemampuan sendiri. Kamu harus terus berusaha dan anggaplah tantangan yang ada hanya sebagai batu loncatan untukmu menggapai sesuatu yang lebih besar.

Nah, itulah 5 kebiasaan buruk yang perlu kamu hindari sehingga tidak memperhambat perkembangan dalam dirimu. Tunggu apa lagi nih, yuk ubah kebiasaan buruk tersebut menjadi sesuatu yang lebih bermakna. Cepatlah sadar dan mengubahnya selagi kamu masih punya waktu.

Baca Juga: Bikin Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Saat Traveling Ini Harus Ditinggalkan!

Ristyk bana Photo Verified Writer Ristyk bana

FLC 2K17 Chemistry FST Undana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya