Comscore Tracker

Hobi Baca Buku? Yuk, Ikuti 5 Akun Instagram Ini

Dijamin jadi tambah rajin baca

Membaca buku merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain menambah wawasan, membaca juga dapat memperluas sudut pandang dan mengasah imajinasi. Namun, ada kalanya semangat baca menurun. Salah satu penyebabnya yaitu terlalu sibuk sehingga tidak sempat meluangkan waktu.

Untuk itu diperlukan dorongan eksternal agar semangat membaca tidak mati. Nah, berikut ini 5 akun Instagram yang wajib kamu ikuti supaya kegiatan membacamu jadi lebih menarik.

1. Komunitas Pembaca Buku

Hobi Baca Buku? Yuk, Ikuti 5 Akun Instagram Iniinstagram.com/komunitaspembacabuku
Baca satu buku satu bulan sesuai tema

@komunitaspembacabuku memiliki misi meningkatkan minat baca buku netizen se-Indonesia melalui instagram. Setiap bulannya, akun ini akan menantangmu untuk membaca satu buku, kemudian membuat reviewnya. Buku yang dibaca harus sesuai dengan tema bulan tersebut, misalnya buku fiksi, buku non-fiksi, buku dengan cover warna hitam, buku dengan cover warna putih, dan lain sebagainya. 

Untuk mendaftar sebagai peserta, cukup repost postingan yang mengumumkan tema bulan tersebut di Instagram story kamu dan tinggalkan komentar 'saya siap mengikuti tantangan ini'. Jika sudah selesai satu buku, tinggal unggah foto buku yang dibaca di feed Instagram kamu dan tulis ulasannya di bagian caption. Jangan lupa tag @komunitaspembacabuku dan @csbukuoriginal selaku sponsor. 

Setiap bulannya akan dipilih pembaca terbaik dan terfavorit untuk mendapatkan hadiah berupa buku.

2. Klub Buku Narasi

Hobi Baca Buku? Yuk, Ikuti 5 Akun Instagram Iniinstagram.com/klubbukunarasi
Karena terlalu banyak buku keren yang (mungkin) belum kamu tahu

@klubbukunarasi merupakan bagian dari @narasi.tv yang membahas hal-hal seputar dunia perbukuan. Banyak konten menarik yang disajikan oleh Klub Buku Narasi. Beberapa di antaranya yaitu rekomendasi buku-buku keren dari para pegiat literasi, nukilan cerpen atau novel, dan isi rak-rak buku para figur publik.

Juga ada informasi seputar penulis dari dalam maupun luar negeri beserta buku-buku mereka. Ada pula tips-tips seperti cara menjaga minat baca dan cara mencegah buku agar tidak berjamur. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang buku, akun ini wajib diikuti. 

Baca Juga: 6 Buku Fiksi Fantasi Ini Meraih Predikat Buku Terlaris, Ada Favoritmu?

3. BeraniBaca.id

Hobi Baca Buku? Yuk, Ikuti 5 Akun Instagram Iniinstagram.com/beranibaca.id
Tekad untuk menyebarkan semangat baca kepada pemuda Indonesia

Setiap bulannya @beranibaca mengadakan event Challenge Berani Baca. Kamu ditantang untuk membaca buku berturut-turut selama 15 hari. Bagi yang konsisten sampai akhir, akan mendapatkan hadiah. Untuk mengikuti tantangan ini, cukup mendaftar sebagai peserta dengan mengisi formulir pendaftaran pada tautan yang disediakan.

Setelah mendaftar, kamu akan dimasukkan ke dalam grub WhatsApp yang digunakan untuk laporan bacaan tiap harinya. Apabila selesai membaca satu buku, maka kamu diminta untuk membuat ulasannya. Tidak ada batasan berapa jumlah buku yang harus dibaca selama 15 hari tersebut, namun setidaknya tuntas satu buku.  

Jika kamu benar-benar ingin mengikuti event ini, sebaiknya segera mendaftarkan diri ketika challenge ini baru dibuka, karena kuota peserta terbatas.

4. Gerakan One Week One Book

Hobi Baca Buku? Yuk, Ikuti 5 Akun Instagram Iniinstagram.com/gerakan_1week1book
Ajakan rutin membaca 1 buku 1 minggu

@gerakan_1week1book sudah memulai program ini sejak Februari 2018. Kamu hanya perlu mendaftar satu kali untuk tercatat sebagai member dengan me-repost banner yang ada pada tautan di bio ke feed Instagrammu. Kemudian posting buku yang selesai kamu baca dalam satu pekan dan buat ulasaannya di bagian caption. Jangan lupa tag serta mention @gerakan_1week1book.

Adapun deadlinenya yaitu setiap tanggal 8,15,22, dan hari terakhir di bulan tersebut. Buku yang dibaca dalam satu minggu boleh lebih dari satu. Boleh buku fisik atau digital. Jika membaca buku digital disebutkan sumbernya (dilarang membaca buku ilegal).

Setiap bulannya @gerakan_1week1book akan memposting rapor peserta. Bagi yang rapornya penuh,  akan mendapatkan Sertifikat Consistant Reader.

5. Komunitas Bookstagram

Hobi Baca Buku? Yuk, Ikuti 5 Akun Instagram Iniinstagram.com/bookstagramindonesia
Foto buku sesuai tema tiap dua minggu

@bookstagramindonesia memiliki misi untuk menjadi penghubung pencinta buku se-Indonesia melaui Instagram. Komunitas Bookstgram menantangmu untuk membuat foto buku yang menarik setiap dua minggu sekali sesuai tema. Tema buku berbeda setiap dua minggu, misalnya tema buku dan teh, buku dan ulang tahun, cover buku merah, cover buku hitam dan lain sebagainya. 

Setiap tema memiliki satu pertanyaan, misalnya 'kutipan buku apa yang paling kamu sukai?', 'di mana tempat baca favoritmu?', dan lain-lain. Jika sudah yakin dengan hasil foto bukumu, tinggal unggah di Instagram dan sertakan jawaban dari pertanyaan tema tersebut di bagian caption. Jangan lupa tag @bookstagramindonesia dan empat hashtag wajib lainnya yang sudah ditentukan. 

Tiap bulannya akan dipilih bookstagram terbaik dan terfavorit untuk mendapatkan hadiah berupa buku. 

Itulah 5 akun Instagram yang dapat membantumu untuk konsisten membaca. Akun mana saja yang sudah kamu ikuti? 

Baca Juga: Antimainstream, 5 Buku Ini Bikin Penasaran saat Membaca Judulnya!

Ekos Saputra Photo Verified Writer Ekos Saputra

Seorang yang menyukai apa yang pantas disukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya