Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna, Cobain Yuk!

#ANGPOIN Gak harus dengan materi yang berlimpah, lho

Hidup bagaikan roda yang berputar, ada kalanya berada di atas, dan ada kalanya juga berada di bawah. Seringkali saat berada di titik terendah kehidupan, membuat seseorang merasa bahwa hidupnya tidak lagi bermakna, sehingga tak jarang melakukan hal-hal yang justru membahayakan bagi dirinya sendiri.

Padahal, masih banyak hal di dunia ini yang bisa dilakukan agar hidup lebih terasa lebih bermakna, meski tidak memiliki materi yang berlimpah. Nah, berikut ini beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu coba, agar hidupmu terasa lebih bermakna. Check it out, guys! 

1. Selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna, Cobain Yuk!pexels.com/Andrea Piacquadio

Selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki merupakan kebiasaan sederhana pertama yang patut kamu coba agar hidupmu terasa lebih bermakna. Dengan selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki, akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan juga relaks, sehingga akan terhindar dari stres. 

Seberapa sering kamu bersyukur, maka hidupmu akan menjadi semakin lebih bahagia dan terasa lebih bermakna. Toh, materi yang berlimpah juga gak bisa menjamin hidup seseorang akan bahagia, jika ia tidak pernah bersyukur dengan apa yang dimilikinya.

2. Tidak menyimpan dendam pada orang yang telah berbuat jahat

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna, Cobain Yuk!pexels.com/Alex Green

Meski bukan hal yang mudah untuk memaafkan kesalahan orang yang berbuat jahat kepada kita, namun menyimpan dendam juga bukan jalan keluar yang baik. Menyimpan dendam hanya akan membuat pikiran menjadi lelah, dan hati menjadi tidak tenang. Kalau sudah begitu, siapa yang rugi? 

Akan jauh lebih baik jika kamu mulai membiasakan diri untuk memaafkan kesalahan orang lain, karena terkadang bisa saja mereka tidak sengaja melakukan hal tersebut. Jika pun misalnya perbuatan jahat yang mereka lakukan itu disengaja, biarkan hukum alam yang bekerja, yaitu karma untuk setiap perbuatan yang dilakukan. Tidak perlu susah-susah membalas dendam, karena karma yang akan didapat oleh orang telah berbuat jahat, biasanya akan lebih menyakitkan dibandingkan dengan apa yang telah diperbuatnya, lho. 

Baca Juga: 5 Hal yang Membuatmu Gak Pernah Mau Menyimpan Dendam pada Orang Lain

3. Tetap berpikiran positif saat gagal meraih apa yang diinginkan

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna, Cobain Yuk!pexels.com/Moose Photos

Kehidupan tidak selamanya bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Itu juga berlaku buat orang yang memiliki materi berlebihan, lho. Oleh sebab itu, sebaiknya biasakan diri untuk tetap berpikiran positif, meski apa yang diinginkan tidak bisa tercapai. Tuhan tahu mana yang lebih baik bagi umat-Nya. Tidak selalu apa yang kita inginkan akan baik untuk diri kita ke depannya.

Selain itu, dengan membiasakan diri untuk berpikiran positif, maka secara tak langsung juga akan menjadikan diri menjadi lebih bijak dalam menghadapi setiap masalah yang ada,  dan terhindar dari stres yang bisa merugikan diri sendiri. 

4. Membiasakan diri untuk tidak terlalu bergantung pada orang lain

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna, Cobain Yuk!pexels.com/Andrea Piacquadio

Di dunia ini, tidak ada yang bisa dipercaya selain diri sendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan terlalu bergantung pada orang lain, karena hati seseorang bisa berubah dalam sekejap. Selain itu, dengan membiasakan diri untuk tidak bergantung dengan orang lain, juga akan membuat hidupmu menjadi lebih bermakna. Kamu akan bisa lebih menghargai dan mencintai dirimu sendiri.

5. Berbagi dengan fakir miskin saat mendapat rezeki yang berlebih

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna, Cobain Yuk!theodysseyonline.com

Sebaik-baiknya manusia yaitu yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan berbagi pada fakir miskin, akan membuat hidup menjadi berkah dan terasa lebih bermakna. Tidak harus berupa uang yang banyak, lho. Berapa pun yang kamu berikan, itu akan sangat berharga bagi mereka. Asalkan kamu memberinya dengan hati yang ikhlas, mereka pun juga akan dengan senang hati  menerima pemberianmu. 

Karena sederhana, kebiasaan di atas mudah diterapkan agar hidup terasa lebih bermakna. Dari poin 1 hingga 5, mana nih yang mau kamu coba duluan? 

Baca Juga: Dahsyatnya Sedekah Subuh Kabulkan Semua Hajat Ala Syekh Ali Jaber 

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya