Comscore Tracker

5 Hal yang Pantang  Dilakukan oleh Seorang Penulis, Wajib Dihindari!

Calon penulis terkenal wajib tahu, nih! 

Profesi sebagai seorang penulis makin diminati banyak orang. Selain jam kerjanya yang fleksibel, pendapatan yang dihasilkan pun juga lumayan, yang tentunya tergantung dengan kualitas tulisannya. Namun, untuk bisa menjadi seorang penulis yang sukses, terdapat beberapa hal yang wajib dihindari, karena bisa menghambat langkahmu untuk bisa menjadi penulis yang sukses.

Nah, berikut ini ulasan 5 pantangan yang wajib dihindari oleh seorang penulis. Check it out guys

1. Melakukan plagiarisme

5 Hal yang Pantang  Dilakukan oleh Seorang Penulis, Wajib Dihindari!pexels.com/lukas

Hal pertama yang pantang untuk dilakukan oleh seorang penulis adalah menjiplak karya orang lain atau yang biasa disebut dengan plagiarisme. Tindakan yang satu ini bisa berakibat fatal bagi masa depan sang penulis, karena selain bisa merusak nama baik penulis itu sendiri, melakukan tindakan plagiarisme juga bisa menyebabkan sang penulis berurusan dengan hukum.

Tindakan plagiarisme merupakan salah satu tindak pidana yang cukup berat lho, karena mengambil karya orang lain tanpa sepengetahuan atau izin dari  pemilik aslinya, maka sama saja dengan pencurian hak cipta. Tentu kamu tidak ingin dong berurusan dengan hukum gara-gara melakukan plagiarisme?

Menulis dari hasil pemikiran diri sendiri itu lebih baik, meski jika nantinya tidak bisa menghasilkan sesuatu yang besar. Sesuatu yang besar awalnya juga berasal dari sesuatu yang kecil juga. Jangan mudah menyerah dalam menulis, ya!

2. Malas melakukan riset

5 Hal yang Pantang  Dilakukan oleh Seorang Penulis, Wajib Dihindari!washingtonpost.com

Pantangan kedua yang wajib dihindari oleh seorang penulis adalah malas melakukan riset. Padahal, salah satu cara agar bisa menghasilkan tulisan yang berbobot adalah dengan melakukan banyak riset.

Dengan melakukan banyak riset, maka akan menambah wawasanmu sebagai seorang penulis sehingga kamu akan mengetahui lebih banyak hal, yang nantinya bisa digunakan untuk bahan untuk tulisanmu.

Baca Juga: 9 Hal Penting untuk Menjadi Penulis Profesional, Semangat Ya!

3. Mudah tersinggung dengan komentar pedas

5 Hal yang Pantang  Dilakukan oleh Seorang Penulis, Wajib Dihindari!nightmonkey.nl

Menjadi seorang penulis harus kebal dengan setiap komentar yang didapat, baik itu komentar positif maupun komentar yang negatif. Tujuan dari komentar-komentar yang ditujukan kepada tulisanmu hanya untuk kemajuan tulisanmu, bukan karena alasan lainnya. Jika kamu mudah tersinggung dengan komentar negatif yang ditujukan pada tulisanmu, bagaimana kamu bisa menjadi seorang penulis yang sukses? 

Seorang penulis yang sukses pun pasti pernah mengalami berbagai komentar pedas baik dari pihak editor maupun dari pembacanya. Namun, mereka yang telah menjadi seorang penulis sukses mampu melewati itu semua dengan bijak dan pemikiran yang positif, sehingga mereka bisa mencapai kesuksesan seperti yang mereka dapatkan saat ini.

Anggap saja komentar-komentar pedas tersebut sebagai saran yang akan membantu jalanmu untuk meraih pintu kesuksesan. Jangan mudah baper lagi, ya!

4. Mudah menyerah saat mengalami writer's block

5 Hal yang Pantang  Dilakukan oleh Seorang Penulis, Wajib Dihindari!pexels.com/bruce mars

Writer's block merupakan suatu kondisi di mana pikiran buntu hingga tidak mampu memikirkan apa pun untuk dijadikan bahan tulisan. Kondisi ini sering dialami oleh semua penulis, baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional.

Penyebabnya pun beragam mulai dari kelelahan, hingga stres. Kondisi writer's block ini bisa berlangsung lama jika kamu tidak segera mencari cara untuk menghentikannya.

Oleh sebab itu, jangan mudah menyerah saat mengalami writer's block dan segera cari cara untuk menghentikannya. Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi writer's block, seperti dengan membaca berbagai jenis buku untuk mencari inspirasi, berlibur untuk menyegarkan pikiran, atau beristirahat jika tubuh sedang lelah.

Dengan menerapkan cara-cara tersebut, maka ide untuk menulis pun akan segera muncul kembali.

5. Mudah merasa puas dengan hasil yang didapat

5 Hal yang Pantang  Dilakukan oleh Seorang Penulis, Wajib Dihindari!pexels.com/bruce mars

Agar bisa menjadi seorang penulis yang sukses, kamu harus memiliki sikap tidak mudah merasa puas. Dengan begitu, kamu akan terus memperbaiki dan tidak pernah berhenti belajar agar karya tulismu bisa lebih baik lagi. Jika kamu bersikap sebaliknya yaitu mudah puas, maka tulisanmu tidak akan berkembang dan hasil yang kamu dapatkan pun tidak akan mengalami peningkatan. 

Nah, itulah ulasan 5 pantangan yang wajib dihindari oleh seorang penulis. Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang penulis, jangan pernah melanggar 5 pantangan di atas, karena satu saja pantangan yang kamu langgar, maka akan menghambat satu langkahmu untuk menjadi penulis yang sukses. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Momen yang Hanya Bisa Dialami Seorang Penulis, Pasti Bikin Iri!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You