Comscore Tracker

Segera Bangkit, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Hidup Terasa Berat

Waktunya istirahat sejenak

Tidak ada namanya hidup yang terasa lurus-lurus aja alias tanpa masalah. Pasti ada saja hambatan-hambatan yang membuat hidup berwarna. Memang terkadang rasanya berat sekali, apalagi jika masalah datang silih berganti. Pasti di saat seperti ini rasanya ingin sekali menyerah.

Namun, selalu ingatlah bahwa seberat apapun masalah yang menimpa pasti kamu bisa mengatasinya. Karena pada dasarnya badai pasti berlalu. Di setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan. Teruntuk kamu yang sedang merasa terbebani, berikut ini ada tips agar kamu dapat segera bangkit. Yuk, jangan lupa dipraktikkan.

1. Istirahat sejenak dan gunakan waktu untuk menenangkan diri

Segera Bangkit, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Hidup Terasa BeratPixabay.com/herriest

Jika hidup mulai terasa berat, penting sekali untuk istirahat sejenak dari segala rutinitas yang melelahkan. Mungkin dengan cara menghibur diri. Lakukan segala sesuatu yang dapat menyenangkan hatimu. Hal ini berguna sebagai tahap recovery.

Ingatlah bahwa dunia akan selalu berputar walau kamu memutuskan untuk beristirahat sejenak. Jadi tidak ada salahnya untuk menarik diri dari segala kepenatan meski hanya sebentar.


2. Ubah pandanganmu dalam menghadapi sesuatu

Segera Bangkit, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Hidup Terasa BeratPixabay.com/free-photos

Terkadang sesuatu menjadi terasa berat karena cara pandang kita sendiri. Misalnya ketika kamu gagal meraih sesuatu padahal sudah berusaha semaksimal mungkin. Jika cara pandangmu berfokus pada hasil tentu kamu akan merasa tidak adil. Berbeda jika kamu menganggap kegagalan adalah sebuah uji coba keberhasilan. Pasti kamu akan menganggapnya sebagai challenge sehingga kegagalan tidak akan menghentikanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Berusaha Menyembuhkan Depresi Berat Sendirian Itu Keliru

3. Cari tahu batas kemampuanmu

Segera Bangkit, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Hidup Terasa BeratPixabay.com/kaboompics

Setiap manusia tentu memiliki batasnya masing-masing. Mau tidak mau kita harus menerima hal tersebut. Karena segala sesuatu yang dipaksakan tidak dapat berakhir dengan baik. Sama halnya dengan dirimu sendiri. Jika dirasa kamu sudah mencapai batas kemampuanmu, maka hal tersebut yang menjadi tolok ukur dirimu.

Misalnya ketika kamu dimintai tolong sesuatu yang ternyata di luar kemampuanmu. Maka, kamu berhak untuk mengatakan 'tidak'. Jangan sampai karena gak enakan sama orang lain, kamu kadi membebani diri sendiri.

4. Fokus pada kelebihan yang kamu miliki

Segera Bangkit, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Hidup Terasa BeratPixabay.com/voltamax

Tuhan menciptakan manusia pasti dengan dibekali suatu kelebihan. Setiap individu memiliki keunikan masing-masing. Hal ini yang membedakan kamu dan orang lain. Mungkin dari keunikanmu itu kamu bisa mengetahui apa kelebihanmu selama ini. Jika sudah, galilah potensi diri dari kelebihan yang kamu miliki.

Namun, apabila kamu merasa belum mengetahui apa kelebihanmu, kamu masih memiliki waktu untuk mencarinya. Terkadang potensi tersebut sudah berada di depan mata, hanya saja kita yang terlalu dibutakan oleh kelebihan orang lain yang terkadang membuat iri hati.

5. Mulai memperbaiki diri

Segera Bangkit, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Hidup Terasa BeratPixabay.com/leninscape

Ketika kamu tersandung suatu masalah tertentu, maka jalan satu-satunya adalah dengan menyelesaikannya. Setelahnya kamu dapat menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran. Dengan itu kamu bisa memperbaiki diri agar masalah yang sama tidak terulang kembali. Jangan sampai kamu jatuh di kubangan yang sama dua kali.

Itulah lima hal yang dapat kamu lakukan ketika hidup terasa berat. Yuk, segera bangkit!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Memikirkan Masalah Terlalu Berlebihan

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya