5 Kegiatan Sepele Ini Dapat Membuat Hidupmu Lebih Bermakna

Jadilah manusia yang memanusiakan  

Sebagai seorang manusia tentu kita tidak dapat hidup seorang diri. Sudah menjadi kodrat manusia sebagai makhluk yang membutuhkan bantuan orang lain. Apalagi orang Indonesia yang sejak dini selalu ditanamkan rasa untuk menghormati dan menyayangi sesama. Maka gak heran jika orang Indonesia terkenal dengan sifat ramahnya. 

Namun, dari tahun ke tahun sisi humanisme manusia perlu dipertanyakan lagi. Sekarang banyak sekali orang-orang yang berusaha untuk menjatuhkan lawannya hanya demi sebuah jabatan. Dari menyebarkan berita hoax sampai memfitnah. Jika sudah seperti ini, pantaskah kita disebut manusia?.

Nah, agar sisi kemanusiaanmu semakin terbuka. Kamu harus melakukan lima hal di bawah ini.

1. Belajar untuk tidak menghakimi orang hanya dengan tampilan luarnya

5 Kegiatan Sepele Ini Dapat Membuat Hidupmu Lebih Bermaknaunsplash.com/Johana Buguet

"Don't judge book by its cover"

Mungkin kamu bosan mendengar kutipan tersebut berada di mana-mana. Tapi kutipan di atas memang ada benarnya. Kita tidak boleh menghakimi seseorang hanya karena tampilan luarnya saja. Karena penampilan belum tentu mencerminkan kepribadian mereka.

Mereka yang berpenampilan urakan seperti preman belum tentu memiliki sifat kasar. Begitu pula sebaliknya. Kamu harus benar-benar mengenalnya sebelum berhak untuk menghakimi mereka. Lagi pula saat ini banyak penjahat yang berkedok sebagai orang baik-baik. Padahal tanpa disadari, mereka adalah tikus-tikus yang memakan uang rakyat.

2. Belajar untuk melihat segala sesuatu dari kacamata yang berbeda

5 Kegiatan Sepele Ini Dapat Membuat Hidupmu Lebih Bermaknaunsplash.com/Adi Probo

Saat ini tengah marak terjadi kasus victim blaming di Indonesia. Sebenarnya apa sih victim blaming itu. Victim blaming sendiri merupakan istilah sosiologi di mana para korban disalahkan karena kejadian yang menimpa mereka. Istilah ini diperkenalkan oleh Willian Ryan saat melihat ketidakadilan yang menimpa ras kulit hitam di Amerika.

Di Indonesia sendiri, victim blaming identik dengan kasus pemerkosaan. Di mana korban malah dipojokkan dengan pakaian yang dikenakan mereka. Padahal pemerkosaan bisa saja menimpa siapapun, tidak melulu mereka yang berpakaian terbuka.

Maka, seharusnya masyarakat dapat melihat segala masalah dengan kacamata berbeda. Yakni memosisikan diri sebagai korban, sehingga kita akan benar-benar tahu bagaimana perasaan mereka. Bukan malah menghujat korban yang malah akan menyebabkan trauma bagi mereka.

Baca Juga: 5 Pesan Moral Film The Lion King, Bikin Kamu Bijak Jalani Hidup

3. Kesampingkan egomu dengan selalu mendahulukan orang lain ketimbang diri sendiri

5 Kegiatan Sepele Ini Dapat Membuat Hidupmu Lebih Bermaknapixabay.com/cherylholt

Sebagai manusia yang memiliki hawa nafsu, pasti kita pernah berpikir untuk untuk mengutamakan ego yang kita miliki. Sehingga seringkali kita menyampingkan kepentingan orang lain. Gak jarang juga kita bersikap acuh dan tidak peduli dengan orang lain asalkan kebutuhan kita terpenuhi.

Well, jika kamu memang seperti ini, kamu harus belajar untuk lebih menghargai kepentingan orang lain. Karena di dunia ini nggak semata-mata semua tentangmu. Millennial harus lebih berorientasi terhadap orang lain daripada dirinya sendiri. Dengan ini, kamu menjadi pribadi yang lebih manusiawi

4. Jangan takut miskin saat berbagi terhadap sesama

5 Kegiatan Sepele Ini Dapat Membuat Hidupmu Lebih Bermaknapixabay.com/skeeze

Sebenarnya saat kamu menyumbangkan sebagian hartamu kepada mereka yang membutuhkan, sama saja seperti kamu sedang berinvestasi di masa depan. Kok bisa sih?. Karena saat kamu menolong sesama, kamu sebenarnya memberikan tiket kepada orang lain agar bisa menolongmu kelak.

Nah, udah jelas kan jika berbagi rezeki terhadap sesama tidak akan membuatmu jatuh miskin. Tapi tetap ingat yah, kamu harus menolong orang lain dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan sepeserpun.

5. Daripada menebar kebencian di media sosial, lebih baik menyebarkan pesan kebaikan

5 Kegiatan Sepele Ini Dapat Membuat Hidupmu Lebih Bermaknapixabay.com/pezibear

Keberadaan media sosial saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Meski berguna sebagai sarana komunikasi dan berbagi informasi, banyak orang yang menyalahgunakan medsos sebagai media untuk menyebarkan kebencian. Kamu bahkan mudah sekali menemukan berita hoax yang beredar di medsos.

Daripada kamu harus menebar kebencian di medsos, lebih baik kamu membuat orang lain tersenyum dengan statusmu yang inspiratif. 

Itulah lima hal sederhana yang dapat membuat hidupmu lebih bermakna. Kira-kira mulai kapan nih kamu akan menerapkannya?

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Bermakna

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

21st century girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You