Comscore Tracker

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Bermakna

Yuk mulai dijalankan!

Memiliki banyak aktivitas memang hal yang baik, tetapi sering kali kamu jadi lupa untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. Kamu jadi terfokus pada kesibukan dan lupa terhadap tujuan hidupmu selama ini. Inilah yang mungkin akan membuat hidup kamu terasa hampa dan kehilangan makna.

Agar hidupmu kembali terasa menyenangkan, saatnya untuk kamu mengubah pola hidup menjadi lebih teratur. Cobalah untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat seperti di bawah ini.

1. Tidak begadang dan bangun pagi

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Bermaknaunsplash.com/alan KO

Usahakan tidak begadang jika tidak ada pekerjaan yang banyak. Batasi tidur paling lambat pukul sepuluh malam dan bangun pukul empat atau paling lambat jam lima pagi. Lalu siapkan sarapan dengan memasak.

Jika kamu terlalu sering begadang, tidak hanya akan berdampak membuat kulit menjadi jelek tetapi konsentrasi juga akan berkurang dan kesehatan menurun. Jadi tidurlah secukupnya kurang lebih delapan jam per hari.

2. Cintai tubuhmu

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Bermaknaunsplash.com/Sara Dubler

Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Perbanyak mengonsumsi makanan yang nutrisinya terjamin seperti kandungan vitamin, mineral dan antioksidan, terutama jika kamu tinggal di kota dengan tingkat polusi yang sangat tinggi.

Lebih baik untuk membuat sarapan atau memasak makanan sendiri yang terjamin kebersihannya. Juga, makanlah dengan porsi yang cukup atau tidak berlebihan.

3. Dengarkan apa kata tubuh kamu

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Bermaknaunsplash.com/Christian Erfurt

Jika kamu rasa tubuh kamu sudah mulai kelelahan, jangan memaksakan diri untuk tetap bekerja atau beraktivitas. Tubuh tetap membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Jika kamu tetap memaksakan tubuhmu untuk bekerja terus-menerus sementara kondisinya sedang buruk, ini akan berakibat fatal. Kamu bisa jatuh sakit.

Baca Juga: Jangan Takut Dingin, Ini 9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan

4. Rajin berolahraga

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Bermaknaunsplash.com/Alexander Redl

Usahakan, minimal kamu berolahraga dua kali dalam seminggu. Kamu tidak perlu ke pusat pelatihan untuk bisa berolahraga, manfaatkan fasilitas yang ada. Jika di rumah atau kantor kamu terdapat kolam renang, kamu bisa berenang di sana. Kamu juga bisa berolahraga dengan cara lari pagi berkeliling kompleks atau taman.

Olahraga sangat penting untuk kesehatan jantung. Karenanya tidak cukup bagi kamu hanya sekadar menjaga pola makan yang sehat.

5. Bertanggung jawab terhadap apa yang kamu cintai

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Bermaknaunsplash.com/yerlinmatu

Jika kamu punya hewan atau tanaman di rumah, tetaplah konsisten untuk terus memelihara dan merawatnya. Tidak hanya terhadap makhluk hidup lain, kepada sesama manusia pun demikian seperti terhadap pasangan, keluarga atau siapa pun yang kamu cintai. Kamu harus bisa bertanggung jawab untuk menyayangi mereka.

Jangan membandingkan apa yang kamu miliki dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Tunjukkan rasa cintamu dengan memberikan perhatianmu dengan baik kepada mereka.

6. Coba metode healing sendiri

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Bermaknaunsplash.com/mero_dnt

Jika kamu sedang sakit ringan, cobalah untuk tidak langsung pergi ke dokter dan meminum obat-obatan kimia. Kamu bisa membuat minuman herbal seperti campuran madu dan lemon jika merasa akan demam.

Jika kamu terserang gejala flu cobalah untuk minuman air putih hangat yang banyak, oleskan juga esensial oil pada leher dan hidung kamu.

Selain itu kamu juga harus lebih banyak mengistirahatkan tubuh. Jika metode tersebut masih belum ampuh, barulah kamu menemui dokter. 

Itulah beberapa kebiasaan sehat yang bisa kamu coba terapkan demi hidup yang berkualitas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Sayuran Pahit Ini Ternyata Memiliki Khasiat Kesehatan Alami

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You