Comscore Tracker

6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur biar Gak Ngantuk

Jangan langsung tidur lagi! #IDNTimesLife #ANGPOIN

Di bulan suci Ramadan, wajib hukumnya bagi setiap umat muslim berpuasa sebulan penuh. Rukun berpuasa salah satunya adalah makan sahur.

Sahur biasanya dilakukan saat waktu dini hari sampai menjelang azan subuh. Namun, tak jarang saat melaksanakan sahur, kita tidak terlepas dari yang namanya ngantuk. gak heran, setelah selesai makan, kita langsung kembali ke tempat tidur. 

Nah, supaya kamu gak langsung tidur lagi setelah sahur, sebaiknya lakukan aktivitas di bawah ini. 

1. Tadarus untuk memperbanyak pahala

6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur biar Gak Ngantukunsplash.com/masjidmpd

Siapa nih dari kamu kalau habis selesai makan sahur langsung tidur lagi? Biar gak tidur lagi, sebaiknya kita melakukan aktivitas yang lebih berfaedah ketimbang tidur lagi, Guys

Sambil menunggu azan subuh tiba, sebaiknya coba dengan tadarus membaca Al-Qur'an. Selain bisa lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, kita juga bisa memanfaatkan waktu dengan memperbanyak pahala dan amal kebaikan. 

2. Menonton film favorit

6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur biar Gak Ngantukunsplash.com/Andrew Neel

Rasa ngantuk saat bangun sahur kadang memang sulit dilawan. Biar ngantukmu hilang dan gak kejebak buat tidur lagi, coba deh dengan menonton film kesukaan kamu.

Kamu bisa menonton film yang baru dirilis atau menonton ulang film favorit kamu biar makin mendalami ceritanya. Selain bisa buat inspirasi, kamu juga bisa punya cerita menarik saat berbincang dengan teman. 

3. Menulis juga bisa jadi kegiatan positif

6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur biar Gak Ngantukunsplash.com/Alejandro Escamilla

Selain menonton film, setelah selesai makan sahur, kamu juga bisa melakukan aktivitas positif dengan menulis. Kamu bisa menulis apa aja, mulai dari diari tentang pengalaman puasa kamu tahun atau membuat blog.

Dengan membuat karya tulis, waktu gak akan terasa cepat berlalu. Tiba-tiba, matahari udah terbit lagi aja!

Baca Juga: 9 Tanda Kamu Harus Lebih Fokus Mengarahkan Hidup

4. Membaca buku kesukaan

6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur biar Gak Ngantukunsplash.com/Annie Spratt

Selanjutnya, kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan membaca buku kesukaan, lho. Banyak sekali berbagai jenis buku bacaan menarik, mulai dari komik, novel, atau buku ideologi pemikiran para ilmuwan. Selain menyenangkan, membaca juga dapat menambah wawasan semakin luas. 

5. Lakukan olahraga biar tubuh tetap sehat

6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur biar Gak Ngantukunsplash.com/Christopher Campbell

Selain hal-hal di atas tadi, selanjutnya kamu bisa lakukan aktivitas fisik dengan berolahraga. Olahraga tak hanya membuat badan lebih sehat, tapi juga bikin tubuh tetap bugar dan gak bikin mudah ngantuk.

Kamu bisa mulai olahraga ringan seperti exercise atau jogging keliling kompleks. Udara pagi sejuk, lho!

6. Membersihkan rumah

6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur biar Gak Ngantukunsplash.com/Kara Eads

Terakhir, aktivitas yang bisa banget kamu lakukan setelah sahur adalah membersihkan rumah. Hampir sama dengan olahraga, membersihkan rumah juga melibatkan gerak fisik yang bisa merangsang keluarnya keringat. Ini bisa membuat badan bertambah sehat juga.

Semangat berpuasa, ya! Jangan lupa makan makanan sehat dan bergizi saat berbuka dan sahur. Dari keenam aktivitas di atas, mana nih yang paling bikin kamu semangat menjalankannya?

Baca Juga: 7 Gaya Hidup yang Bisa Meningkatkan Risiko Terserang Depresi

Nobody Photo Verified Writer Nobody

a simple person with complicated mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya