Comscore Tracker

5 Cara Cerdas Hadapi Orang Berlagak Tahu Segalanya, Gak Perlu Memuji

Berikan sumber yang valid, jika kamu ingin menyanggahnya 

Dalam lingkungan pergaulan memang ada bermacam-macam karakter orang yang akan kamu hadapi. Entah itu dalam lingkungan keluarga, kerja, sekolah atau pertemanan. Kamu bisa menemui orang yang baik, sopan, sederhana bahkan sampai orang yang berlagak tahu tentang segalanya juga ada, lho.

Mengesalkan memang jika kamu berhadapan dengan orang yang sok tahu dan berlagak paling pintar. Apalagi kalau dia banyak bicara, semakin dongkol, ya rasanya kalau mengobrol dengannya. Nah, berikut ada beberapa cara cerdas untuk menghadapi mereka, supaya komunikasi yang kalian jalani bisa tetap sehat dan bermanfaat bagi kedua pihak.

1. Berikan perhatian sedikit saja 

5 Cara Cerdas Hadapi Orang Berlagak Tahu Segalanya, Gak Perlu Memujiilustrasi perempuan sedang memperhatikan laki-laki (pexels.com/Katerina Holmes)

Orang yang berlagak tahu segalanya itu menandakan bahwa dia sedang mencari perhatian. Nah, jika kamu berhadapan dengan teman kuliah atau rekan kerja yang sok tahu tentang segalanya dan banyak bicara, maka beri saja dia sedikit perhatian. Tujuannya adalah agar gak sampai menimbulkan pertengkaran.

Perlu kamu ketahui bahwa orang yang seperti itu, ketika dia berbicara tapi gak ada yang memperhatikannya. Bisa-bisa dia akan melakukan hal-hal buruk dan membuat orang-orang di sekitarnya menjadi susah serta repot. Ada saja masalah baru yang ditimbulkan olehnya, dan semata-mata hanya ingin mendapatkan perhatian saja.

2. Gak perlu memujinya 

5 Cara Cerdas Hadapi Orang Berlagak Tahu Segalanya, Gak Perlu Memujiilustrasi percakapan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Ketika dia sedang berbicara tentang segala hal padamu, cukup dengarkan saja dan gak perlu memberinya pujian yang berlebihan. Kalau kamu memberi dia pujian, itu justru akan membuatnya semakin besar kepala dan semakin banyak gayanya. Oleh karena itu, tanggapi dia dengan secukupnya saja.

Bersikap biasa saja padanya dan kamu juga gak perlu mengkritiknya. Hal tersebut bisa menimbulkan konflik yang akan semakin besar dan akhirnya komunikasi serta hubungan kalian bisa gak sehat. Gak perlu terlalu memusingkannya, bereaksilah yang wajar saja. Dengan begitu, dia akan merasa senang dan membuat dia gak akan membual terlalu lama padamu.

Baca Juga: Tipe-tipe Pasangan yang Layak Diperjuangkan, Kamu?

3. Selalu berpikir positif 

5 Cara Cerdas Hadapi Orang Berlagak Tahu Segalanya, Gak Perlu MemujiIlustrasi laki-laki sedang berbicara (pexels.com/fauxels)

Saat dia mengajakmu berbicara, gak perlu memalingkan wajah darinya. Pikirkanlah tentang hal-hal yang positif dan santai saja. Oleh karena itu, belajarlah untuk bersikap bijaksana dan mengendalikan emosi diri, sehingga kamu mampu menghadapi orang seperti itu dengan cara yang cerdas dan elegan.

Tetaplah bersikap menghargainya dengan cukup mendengarkan saja ketika orang yang sok tahu akan segalanya itu sedang berbicara. Meskipun, sebenarnya isi pembicaraannya juga gak berbobot dan gak terarah. Cobalah untuk tetap menghargainya, namun kamu gak perlu menanggapi semua yang dia katakan.

4. Kuatkan mentalmu agar gak terpengaruh dengannya 

5 Cara Cerdas Hadapi Orang Berlagak Tahu Segalanya, Gak Perlu Memujiilustrasi berdiskusi (pexels.com/Gustavo Fring)

Penting untuk menguatkan mentalmu, agar apa yang dia katakan itu gak akan bisa memengaruhimu. Apabila kamu mudah terpengaruh dengannya, tanpa mengetahui pasti tentang kebenaran informasi yang dia sampaikan. Ini tentu sama saja menunjukkan bahwa kamu juga orang yang sok tahu.

Sebelum memberikan komentar atau menanggapi tindakannya secara serius. Lebih baik kamu, mencari informasi dulu tentang kebenaran hal-hal yang dia sampaikan padamu. Dengan begitu, kamu akan melangkah secara tepat dan pasti. Itu artinya kamu gak sok pintar seperti dia.

5. Jika kamu memiliki pendapat berbeda, sampaikanlah dengan tepat 

5 Cara Cerdas Hadapi Orang Berlagak Tahu Segalanya, Gak Perlu Memujiilustrasi orang berpendapat (pexels.com/Helena Lopes)

Bagaimana cara menyampaikan pendapat yang berbeda dengan tepat kepada orang yang sok tahu tentang segalanya? Caranya adalah dengan berbicara menggunakan nada yang gak terlalu tinggi dan berikan bukti tentang fakta-fakta yang terjadi, apabila yang dia katakan itu keliru.

Apabila kamu tahu pasti hal yang sebenarnya, sampaikan saja dengan menjelaskan kepadanya lengkap beserta sumber yang valid. Dengan sumber yang valid, maka dia gak akan mampu lagi untuk membantahnya. Namun, jika kamu belum mampu memastikan apakah sumber yang kamu miliki itu valid atau gak, maka sebaiknya tahan untuk gak menyangkalnya dan tetap mendengarkan dia saja.

Itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang yang berlagak tahu tentang segala hal. Pada dasarnya mereka yang sok tahu adalah orang yang sulit menerima kritik dan saran dari orang lain. Beri dia pengertian secara perlahan, supaya dia menyadari sifat buruknya itu. Namun, jika dia tetap gak mau berubah, ya sudah biarkan saja.

Baca Juga: 6 Tipe Orang di Masa Pandemik Berdasarkan Karakter KDrama Happiness

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya