Comscore Tracker

5 Alasan Ketenangan Hati Perlu Kamu Prioritaskan dalam Kehidupan

Di saat diri sedang gak senang, hatimu akan tetap tenang

Ketenangan hati adalah hal yang mampu membuat diri diliputi rasa bahagia sepanjang harinya. Maka, tak heran jika banyak orang mencari ketenangan sebagai sarana mengurangi tekanan stres akibat pekerjaan maupun permasalahan.

Ketenangan hati sebenarnya bisa didapatkan, asal dirimu mau membuka jalan, bisa melalui kegiatan bermeditasi, berada dalam ruang pribadi, serta yang lainnya.

Ketenangan hati perlu kamu prioritaskan. Sebab, dengan kehidupan yang kamu jalani, tak ada jaminan untuk bisa selalu senang. Akan tetap ada tantangan dan rintangannya yang bisa membuatmu mengalami kesedihan. Maka, mulailah dulu dengan mencari ketenangan agar di saat kondisi sedang kurang senang, hatimu tetap bisa tenang.

Berikut lima alasan lain yang akan menjelaskannya.

1. Ketenangan membuatmu gak mudah merasa tersinggung 

5 Alasan Ketenangan Hati Perlu Kamu Prioritaskan dalam Kehidupanilustrasi merasa tersinggung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hati yang tenang dan damai, pastinya mampu membuat diri menjadi stabil dari sisi emosi. Inilah alasannya bahwa ketenangan hati memang perlu menjadi prioritas untukmu menjalani hidup ini. Seseorang yang tenang, ketika ada perkataan yang kurang menyenangkan, dia gak akan mudah tersinggung.

Hatinya akan ikhlas menerima serta dia pun mampu menyikapi keadaan secara lebih positif. Maka jika kamu mampu mencapai ketenangan hati dalam beraktivitas sehari-hari, entah bekerja, belajar hingga bersosialisasi, kamu akan merasakan kesenangan. Hal tersebut karena ketenangan hati melindungimu dari perasaan yang mengarah ke sisi negatif.

2. Memudahkanmu melepaskan sesuatu yang memang bukan untukmu 

5 Alasan Ketenangan Hati Perlu Kamu Prioritaskan dalam KehidupanIlustrasi move on (pexels.com/Blue Bird)

Alasan berikutnya mengapa ketenangan perlu diprioritaskan yaitu karena rasa tenang dapat memudahkanmu dalam melepaskan sesuatu yang memang bukan untukmu. Misalnya ketika mengalami perpisahan dengan mantan kekasih; bersedih itu pasti. Hati menjadi gelisah pun sudah umum dialami oleh orang yang patah hati. Namun, jika kamu memprioritaskan ketenangan dalam berkehidupan, kamu gak akan terbebani oleh perpisahan.

Hati yang tenang akan membantu proses penyembuhan lukamu akibat perpisahan maupun peristiwa menyedihkan lainnya. Move on dari masa lalu juga bukan menjadi masalah besar untukmu.

Ketenangan yang kamu miliki bisa menjadi sarana untuk mengikhlaskan segala hal yang terjadi dan menerima kenyataan yang ada.

Baca Juga: Perlu Diterapkan, 5 Sikap yang Jadi Kunci Ketenangan Hidup

3. Kamu semakin mampu dalam hal menyesuaikan diri 

5 Alasan Ketenangan Hati Perlu Kamu Prioritaskan dalam Kehidupanilustrasi orang muda yang memiliki kemampuan beradaptasi (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kemampuan beradaptasi dengan baik bisa kamu miliki, apabila ketenangan menjadi prioritas dalam hidupmu. Sebab dalam proses menyesuaikan diri, memang membutuhkan ketenangan untuk bisa mengamati keadaan hingga menemukan cara yang tepat dalam hal menempatkan diri.

Maka dari itu, tenangkan hati dan pikiran supaya kamu bisa menjadi pribadi yang mampu beradaptasi dengan segala situasi. Bahkan saat kamu berada dalam percakapan maupun keadaan yang gak sesuai denganmu, kamu akan tetap menyesuaikan diri secara bijak, tanpa menekan diri sendiri maupun pihak lainnya.

4. Mudah bagimu untuk memaafkan kesalahan orang lain 

5 Alasan Ketenangan Hati Perlu Kamu Prioritaskan dalam Kehidupanilustrasi orang saling memaafkan (pexels.com/William Fortunato)

Saat menjalani kehidupan sosial, manusia pastinya gak pernah luput dari kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Apabila suatu saat ada orang lain yang menyakitimu, entah dengan alasan apa pun, kamu gak akan menyimpan rasa dendam padanya.

Seseorang yang memprioritaskan ketenangan, hatinya akan mudah dalam memaafkan kesalahan yang dilakukan orang lain padanya. Bahkan sebelum orang tersebut meminta maaf, kamu juga sudah memaafkannya. Sebab bagimu, memberi maaf juga merupakan cara untuk mendapatkan ketenangan akibat disakiti orang.

Hati yang ikhlas memaafkan, gak akan ada ruang untuk menyimpan dendam di mana rasa dendam adalah faktor yang mengurangi ketenangan.

5. Dalam ketenangan, kamu akan semakin menghargai nilai perjuangan 

5 Alasan Ketenangan Hati Perlu Kamu Prioritaskan dalam Kehidupanilustrasi menghargai diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memprioritaskan ketenangan dalam menjalani kehidupan dapat membuatmu mengerti tentang pentingnya menghargai diri. Sebab, dalam ketenangan akan ada proses di mana kamu akan merenungkan tentang perjuangan-perjuangan yang telah kamu lakukan selama ini.

Inilah sebabnya semakin memprioritaskan ketenangan, kamu akan semakin mampu menghargai nilai perjuangan diri. Hidup memang terkadang gak mudah dan bagi kamu yang telah mencapai ketenangan hati, ketika kesulitan menghampiri, kamu gak akan menyalahkan diri. Semua itu karena kamu menghargai sesuatu yang disebut proses, seperti yang ada di dalam sebuah perjuangan.

Ketenangan hati perlu kamu prioritaskan. Sebab gak ada jaminan bahwa kehidupan akan selalu dipenuhi kebahagiaan. Maka dengan ketenangan yang sudah kamu upayakan dan utamakan, jika suatu saat kamu sedang gak bisa bersenang-senang, hatimu akan tetap merasa damai.

Semoga kelima alasan di atas bisa kamu pahami secara bijaksana. Mencari ketenangan itu sebenarnya mudah saja caranya dan tak perlu membutuhkan banyak biaya. Cobalah bermeditasi sambil berdoa. Secara umum, proses tersebut mampu menghadirkan ketenangan di dalam hati dan pikiran.

Baca Juga: 5 Cara Dapatkan Ketenangan Hati saat Orang Lain Bikin Kamu Gak Nyaman

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya