Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Berani Bersuara untuk Menyampaikan Pendapat

Yakinlah bahwa pendapatmu memang patut untuk disuarakan 

Semua orang berhak berpendapat, dan sebenarnya keberanian menyuarakan pendapat itu bisa bermanfaat banyak bagi kehidupan dan karier kamu, lho. Jadi, belajarlah untuk gak takut dan ragu dalam berpendapat, ya. Lalu, bagaimana cara mengatasi ketakutan dalam diri? Jangan khawatir, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan keberanian bersuara menyampaikan pendapat. 

1. Tingkatkan lagi rasa percaya dirimu 

5 Tips Ampuh Berani Bersuara untuk Menyampaikan PendapatIlustrasi laki-laki percaya diri (pexels.com/fauxels)

Menyampaikan pendapat dalam hal apa pun, entah dalam situasi pekerjaan maupun yang lainnya, tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah harus percaya diri. Jadi, belajarlah untuk semakin meningkatkan rasa percaya dirimu. Dengan begitu, bersuara menyampaikan pendapat akan kamu lakukan dengan lancar dan terlihat meyakinkan.

Seseorang bisa dengan luwesnya menyampaikan pendapat, dan banyak orang yang mendengarkannya dengan saksama, salah satu penyebabnya adalah rasa percaya diri yang dimunculkan orang tersebut. Oleh karena itu, untuk memunculkan keberanian, kamu juga perlu dan wajib percaya diri sebelum menyuarakan pendapatmu. Bagi kamu yang masih malu-malu, gak apa-apa. Tetaplah mencoba dan berlatih terus, ya.

2. Kuasai materi dari pendapatmu 

5 Tips Ampuh Berani Bersuara untuk Menyampaikan Pendapatilustrasi menguasai materi yang disampaikan (pexels.com/Artem Podrez)

Meski kamu sudah yakin dengan pendapatmu, kamu harus tetap mematangkan lagi tentang hal tersebut. Dengan tujuan agar kamu menguasai materi yang akan kamu sampaikan. Memahami benar tentang apa yang kamu suarakan, membuatmu semakin berani untuk menyampaikannya, baik di dalam forum kecil maupun besar.

Menguasai materi dari pendapat yang kamu sampaikan, juga akan membuatmu semakin yakin bahwa pendapatmu memang layak untuk diutarakan. Untuk bisa menguasai materinya, cobalah perbanyak lagi mencari informasi mengenai hal tersebut. Jangan sampai pendapatmu ternyata belum valid dan kurang memiliki bukti yang kuat.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Seseorang Takut untuk Speak Up dan Berpendapat

3. Persiapkan diri untuk menjawab berbagai pertanyaan 

5 Tips Ampuh Berani Bersuara untuk Menyampaikan Pendapatilustrasi orang menjawab pertanyaan (pexels.com/RODNAE Productions)

Apabila kamu menyuarakan pendapat, itu artinya kamu juga harus siap saat mendapatkan pertanyaan. Oleh karena itu, supaya kamu semakin berani dalam melontarkan pendapat, maka persiapkan diri juga untuk menjawab berbagai pertanyaan dari orang lain. Sehingga, kamu gak akan gugup saat mendapatkan pertanyaan nantinya.

Rasa takut akan dibantah oleh orang lain, juga menjadi salah satu faktor yang sering menyebabkan kamu ragu dan takut jika diminta menyuarakan pendapat. Nah, supaya kamu bisa menjadi lebih berani lagi, ada tips yang bisa kamu lakukan yaitu, dengan mempersiapkan diri terlebih dulu, baik secara materi maupun mental. Persiapan yang matang, akan membuatmu terlihat percaya diri dan gak diragukan saat menjawab banyak pertanyaan.

4. Belajar menyesuaikan diri dengan situasi 

5 Tips Ampuh Berani Bersuara untuk Menyampaikan Pendapatilustrasi menyesuaikan diri dengan situasi (pexels.com/fauxels)

Tata krama dalam berbicara dengan teman, rekan kerja maupun atasan, tentu berbeda-beda. Nah, salah satu hal yang bisa membuatmu berani menyuarakan pendapat adalah menjadi orang yang bisa menyesuaikan diri dengan berbagai tempat dan situasi. Ketika kamu mampu beradaptasi dengan lingkungan dan keadaan, sudah pasti kamu gak akan ragu dan takut untuk berpendapat.

Selayaknya ilmu public speaking, kemampuan menyesuaikan diri dengan tempat dan situasi, akan membuat kamu menguasai berbagai hal saat kamu berbicara atau berpendapat. Oleh karena itu, agar kamu bisa semakin berani menyuarakan hal-hal yang ingin kamu sampaikan, maka belajarlah untuk mengerti dan memahami tips ini, ya. Dengan begitu, kamu pun menjadi bisa menyesuaikan tentang cara dan gaya bicaramu dengan keadaan yang ada.

5. Mencoba untuk bisa menghargai pendapat yang kamu sampaikan 

5 Tips Ampuh Berani Bersuara untuk Menyampaikan Pendapatilustrasi berdiskusi (pexels.com/Gustavo Fring)

Selain menghargai pendapat orang lain, ternyata kamu juga perlu menghargai pendapatmu sendiri, lho. Salah satu cara efektif untuk memunculkan keberanian dalam diri untuk bersuara menyampaikan pendapat yaitu, dengan cara ini. Hargailah pendapatmu sendiri, percayalah cara ini secara perlahan namun pasti akan menumbuhkan keberanianmu setiap harinya.

Apa pun itu pendapatmu, meski banyak yang menolak sekalipun, tetaplah menghargainya. Memiliki keberanian dalam menyuarakan pendapat, memang bukanlah hal yang mudah dilakukan dan gak juga singkat untuk mewujudkannya. Untuk berani berpendapat saja, kamu sudah harus belajar banyak hal, bukan? Seperti menguasai materi, meningkatkan percaya diri, dan sebagainya. Nah, ketika kamu sudah mulai berani menyuarakannya, maka belajarlah juga menghargai pendapatmu sendiri. Yakinlah bahwa pendapatmu itu patut untuk dihargai.

Berani mengemukakan pendapat dapat menunjang berbagai hal dalam kehidupanmu, lho. Memiliki keberanian berpendapat memang gak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Maka, teruslah berlatih keterampilan ini, ya.

Secara perlahan namun pasti, keberanian akan tumbuh dari dalam diri. Nah, setelah berani menyuarakan pendapat, maka selanjutnya belajarlah juga untuk mempertahankan pendapatmu juga. Jika itu benar, maka pertahankanlah hingga kamu pun memiliki keberanian dalam beradu argumen.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Mengemukakan Pendapat, biar Gak Keluar Urat! 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya