Comscore Tracker

5 Cara Jitu Atasi Rasa Tertinggal saat Melihat Pencapaian Orang Lain

Tujuan hidup seseorang berbeda-beda 

Pasti kamu sudah sering mendengar istilah bahwa hidup bukan sebuah ajang perlombaan. Kamu pun pasti sudah sering mendengar bahwa jalan hidup seseorang juga berbeda-beda. Namun, masih saja ada orang yang melihat pencapaian orang lain, baik tentang karier, keluarga, maupun pendidikannya terkadang dia merasa gelisah sendiri. Apakah kamu termasuk?

Gak perlu merasa sedih saat melihat orang lain sudah jauh melangkah ke depan, sedangkan kamu masih begini saja. Jangan sampai karena merasa jauh tertinggal, kamu menjadi berpikir bahwa kamu gak berguna bagi hidupmu.

Ingatlah bahwa tujuan hidup seseorang itu berbeda-beda. Apa pun yang sudah menjadi pilihanmu, lakukan yang terbaik untuk hal itu. Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa tertinggal saat melihat orang lain sudah memiliki pencapaian yang lebih bagus.

1. Sadari bahwa titik memulai perjalanan setiap orang itu berbeda 

5 Cara Jitu Atasi Rasa Tertinggal saat Melihat Pencapaian Orang Lainilustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu perlu menyadari tentang hal ini, supaya kamu gak merasa minder dan patah semangat dalam berjuang. Orang yang kamu lihat sudah jauh melesat ke depan itu, apakah sama dengan kamu titik awal memulai perjalanannya? Terkadang ada orang yang mendapatkan privilese dalam berbagai hal.

Jadi, akan lebih bijak dan baik untukmu supaya gak menyamaratakan standar pencapaian kesuksesanmu dengan orang lain, karena titik memulainya saja berbeda. Gak perlu merasa rendah diri dengan hal tersebut. Sekarang kamu fokuskan saja perjuanganmu untuk kehidupanmu sendiri agar lebih baik dari sebelumnya.

2. Lihatlah realitas yang ada 

5 Cara Jitu Atasi Rasa Tertinggal saat Melihat Pencapaian Orang Lainilustrasi melihat realitas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu jangan terus melihat ke orang lain, cobalah lihat juga realitas hidupmu. Kamu perlu menerima itu apa adanya jika ingin bahagia. Bersyukurlah dengan apa yang kamu punya saat ini dan kebahagiaan akan bisa kamu rasakan. Teruslah melangkah dan lakukan yang terbaik dalam mewujudkan cita-cita yang ingin kamu capai.

Melihat realitas melalui adanya media sosial terkadang membuatmu sering gak fokus pada hidup sendiri. Biasanya saat melihat media sosial, kamu menjadi membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain. Padahal apa yang ditampilkan seseorang dalam media sosialnya itu belum tentu yang terjadi sesungguhnya.

Oleh karena itu, bijaksanalah juga dalam bermain media sosial. Jangan jadikan hal itu sebagai obsesi, yang ada nanti kamu merana sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimu

3. Prioritas setiap orang itu gak sama 

5 Cara Jitu Atasi Rasa Tertinggal saat Melihat Pencapaian Orang Lainilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pahamilah bahwa setiap orang memiliki prioritas yang berbeda. Inilah alasan selanjutnya mengapa kamu gak perlu gelisah melihat pencapaian orang lain. Saat ada orang lain yang sudah sukses, kamu bisa ikut senang dan jadikan itu motivasi. Kemudian, fokuslah pada kehidupanmu sendiri dan lakukan yang terbaik dari apa yang menjadi prioritas kamu selama ini.

Dirimu mampu bertahan sampai saat ini pun sudah menjadi pencapaian yang luar biasa. Kamu pun pasti sudah melewati berbagai halangan dan rintangan. Coba lihat perjuanganmu hingga ke titik ini, tentu luar biasa, kan? Berterimakasihlah pada diri sendiri yang sudah menemanimu berjuang dengan keras.

Meski kadang semua terasa berat, kamu sanggup sampai pada tahap ini. Oleh karena itu, sayangilah dirimu yang pantang menyerah dalam menjalani realitas kehidupan yang kadang suka dan kadang penuh duka.

4. Jangan terlalu sibuk melihat pencapaian orang lain, karena itu bisa membuatmu gagal fokus 

5 Cara Jitu Atasi Rasa Tertinggal saat Melihat Pencapaian Orang Lainilustrasi gagal fokus (pexels.com/cottonbro)

Inilah sebabnya mengapa impian yang ingin kamu capai semakin hari terasa semakin jauh. Rasanya semakin susah saja untuk digapai. Oleh karena itu, jangan terlalu sibuk melihat dan membanding-bandingkan apa yang sudah orang lain capai dengan apa yang sudah kamu capai. Bukannya termotivasi, bisa jadi kamu malah akan kehilangan fokus untuk hidupmu sendiri.

Daripada terus-menerus gundah gulana dan merana melihat kesuksesan orang lain, lebih baik, bekerja keraslah dan tetap semangat pada jalur yang sudah kamu pilih untuk menuju kesuksesanmu. Jika kamu tetap fokus dan berjuang dalam jalur yang sudah kamu pilih dan itu nyaman untukmu. Kesuksesan juga akan bisa kamu raih. Percayalah, Tuhan itu adil.

5. Tetaplah percaya diri dengan apa yang kamu jalani 

5 Cara Jitu Atasi Rasa Tertinggal saat Melihat Pencapaian Orang Lainilustrasi percaya diri (pexels.com/Edmond Dantès)

Terkadang melihat pencapaian orang lain yang sudah jauh dan banyak mencapai kesuksesan, sementara kamu belum mencapai apa-apa. Jika kamu kurang percaya pada diri, maka kamu bisa saja menghakimi dirimu sendiri. Kamu merasa bahwa kamu gak sepandai orang lain.

Makanya, penting untuk tetap menjaga kepercayaan diri. Apa pun yang kamu pilih dan jalani, percaya dirilah dalam melakukannya. Jika kamu terus berjuang, bukan hal yang mustahil untuk mendapatkan hasil dari usahamu itu. Jadi, jangan pernah menyerah dengan keadaan, ya.

Setelah mengetahui kelima cara di atas, apakah kamu masih merasa gelisah saat ini, ketika melihat teman-temanmu atau siapa saja sudah memiliki pencapaian bagus dalam hidupnya?

Seharusnya kamu gak lagi gelisah dan merana, dong. Gak perlu merasa tertinggal dengan orang lain, kamu itu gak tertinggal. Hanya saja memang tujuan hidup setiap orang itu berbeda-beda. Mulai sekarang, fokuslah kembali ke tujuan yang ingin kamu capai, ya.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga di Balik Rasa Lelah ketika Kamu Sedang Berjuang

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya