Comscore Tracker

5 Cara Jitu Hadapi Orang yang Gak Pernah Menghargai Waktu

Beri pengertian dengan cara yang bermutu

Ketika kamu memiliki teman atau rekan kerja yang sulit sekali untuk datang tepat waktu, baik saat rapat kerja maupun kegiatan lainnya, memang terasa menjengkelkan. Setiap kali berjanji untuk bertemu, selalu saja terlambat datang. Jika ada pertemuan yang melibatkannya, pasti dia selalu membuatmu dan orang lain menunggu.

Menyikapi orang dengan tipe seperti itu, memang membutuhkan kesabaran. Namun, karena waktu adalah hal yang sangat berharga, dan tak mungkin kamu dan orang lain mengulur jam pertemuan hanya karena menunggu kedatangannya, maka carilah cara-cara jitu dalam menghadapinya. Nah, agar waktu yang berjalan tak terbuang sia-sia dan energi gak terkuras, karena emosi menunggunya. Yuk, ikuti lima cara berikut ini.

1. Janjikan waktu pertemuan satu jam lebih awal kepadanya 

5 Cara Jitu Hadapi Orang yang Gak Pernah Menghargai Waktuilustrasi percakapan (pexels.com/mentatdgt)

Tips jitu menghadapi orang yang gak pernah menghargai waktu yaitu, dengan menjanjikan waktu pertemuan satu jam lebih awal kepadanya. Tips ini cukup ampuh dan efektif untuk menghadapinya. Jangan sampai hanya karena perilaku satu orang yang sering datang terlambat, acara yang kamu adakan menjadi berantakan.

Ketika kamu akan terlibat sebuah pertemuan dengannya, buatlah jadwal lebih awal, kurang lebih satu jam sebelum acara dimulai. Jadi, jika dia tetap datang terlambat, itu gak akan terlalu membuat kamu dan pihak lainnya menunggu terlalu lama, dan acara pun bisa tetap berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Jangan memberinya peranan penting dalam sebuah acara 

5 Cara Jitu Hadapi Orang yang Gak Pernah Menghargai Waktuilustrasi menghadiri acara perayaan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Saat ada rapat kerja atau acara pertemuan lainnya, jika kamu sudah mengetahui bahwa orang tersebut sering mengulur waktu dan selalu datang terlambat, maka cara jitu untuk menyiasatinya yaitu, dengan tidak memberikannya tugas atau peranan penting dalam sebuah acara.

Hal ini menjadi penting, supaya acara bisa tetap berjalan tepat pada waktunya. Ketika dia masih saja terlambat, maka itu tak akan membuat berantakan acara yang sudah diatur sedemikan rupa. Ini menjadi sebuah antisipasi yang bijaksana, agar tak banyak pihak yang merasa dirugikan nantinya.

3. Jangan selalu memberi toleransi padanya 

5 Cara Jitu Hadapi Orang yang Gak Pernah Menghargai WaktuIlustrasi laki-laki sedang berbicara (pexels.com/fauxels)

Bertoleransi adalah hal yang perlu dilakukan dalam menjalani kehidupan. Namun, ketika sudah berhubungan dengan waktu dan itu juga melibatkan banyak pihak. Ada baiknya, kamu jangan terlalu memberikan toleransi pada orang yang gak bisa menghargai waktu. Bukan bermaksud bersikap kaku padanya, tapi ini untuk kebaikan bersama.

Jika dia selalu datang terlambat di setiap kesempatan, maka sekarang saatnya memberikan batasan padanya. Cara ini juga bertujuan agar dia bisa lebih menghargai waktu, karena gak mungkin, kan kamu harus selalu mengulur acara, hanya karena satu orang saja? Ketika ada rapat yang harus dimulai pukul tertentu, berilah dia batasan waktu 30 menit saja, jika dia masih saja terlambat, tetaplah mulai rapat kerja, tanpa harus menunggunya lebih lama.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Batasan Diri Sendiri, biar Nyaman Jalani Hari

4. Berikan contoh baik padanya untuk lebih menghargai waktu 

5 Cara Jitu Hadapi Orang yang Gak Pernah Menghargai Waktuilustrasi disiplin menghadiri rapat kerja (pexels.com/Rebrand Cities)

Cara jitu berikutnya, untuk menghadapi tipe orang yang sulit menghargai waktu, kamu bisa lakukan dengan cara menjadi contoh nyata untuknya. Tunjukkan padanya bahwa kamu adalah orang yang menghargai waktu dalam berbagai kesempatan. Berusahalah selalu bisa datang tepat waktu, ketika ada pertemuan.

Terkadang, seseorang bisa lebih menyadari kebiasaan buruknya, ketika ada orang lain yang memberikan contoh nyata padanya. Maka, jadilah pribadi yang selalu disiplin dan tepat waktu menghadiri pertemuan. Hal ini bisa membuat orang yang sering terlambat, menjadi lebih semangat untuk mengubah kebiasaan buruknya yang kerap tak peduli terhadap waktu yang dimiliki orang lain.

5. Bersikap santai, tapi tetap realistis 

5 Cara Jitu Hadapi Orang yang Gak Pernah Menghargai Waktuilustrasi bersikap santai kepada orang lain (pexels.com/Helena Lopes)

Waktu adalah hal yang sangat berharga bagi semua orang, karena waktu merupakan sesuatu yang gak bisa diulang. Jika kamu memiliki teman atau rekan kerja yang selalu menunjukkan sikap gak menghargai waktu, agar energimu gak terkuras dan suasana hatimu gak kacau, maka bersikaplah santai saat menghadapinya, tapi harus tetap realistis.

Agar hubungan pertemanan maupun pekerjaan tetap baik-baik saja, kamu bisa memberinya keringanan waktu. Misalnya, kamu hanya akan bertindak tegas padanya ketika dia sudah terlambat lebih dari 30 menit. Ini memang membutuhkan kesabaran darimu, tapi demi menjaga hubungan baik, kamu harus tetap berpikir dan bersikap secara realistis.

Perihal waktu memang cukup sensitif, karena setiap orang memiliki kepentingan masing-masing dan waktu selalu terlibat di dalamnya. Namun, dalam kehidupan ini, memang ada saja orang-orang yang gak pernah menghargai waktu. Jika itu terjadi di lingkunganmu, beberapa cara jitu di atas, bisa kamu lakukan untuk menghadapi mereka yang tak pernah tepat waktu, menggunakan cara yang bermutu.

Tetaplah bersikap bijaksana, karena orang yang datang terlambat tanpa kesengajaan, itu memiliki alasan di baliknya. Tapi, jika datang terlambat sudah menjadi kebiasaan dari orang tersebut, maka jadilah sosok panutan untuknya, dengan berusaha selalu tepat waktu, setiap ada janji bertemu dengannya. Secara gak langsung, sikapmu akan membuat dia lebih bisa menghargai waktu yang dimiliki orang lain.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Produktif, Mampu Mengatur Kegiatan!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya