Comscore Tracker

5 Sikap yang Patut Kamu Terapkan saat Dibenci Orang Lain

Jangan dendam, jangan bersedih, tetaplah menginspirasi!

Ada hitam dan putih, ada yang suka dan juga benci. Tentu, kamu pasti sudah paham bahwa di dunia ini gak mungkin semua orang bisa menerima keadaan dan diri kamu. Memaksakan orang lain supaya menyukai kamu, bukanlah cara yang terbaik agar bisa diterima.

Kamu gak perlu merasa takut dan bersedih saat ada orang lain yang membencimu, terlebih jika mereka benci dirimu tanpa ada alasan yang logis. Tetap tenang dan selalu menebar kebaikan kepada siapa saja. Lakukan lima hal berikut saat ada orang yang membencimu.

1. Jangan terlalu memikirkannya hingga bersedih

5 Sikap yang Patut Kamu Terapkan saat Dibenci Orang Lainilustrasi bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Hal yang gak akan pernah ada habisnya dan sulit untuk dilakukan adalah tuntutan untuk bisa selalu membuat orang lain senang. Ingatlah bahwa, sebenarnya mereka itu sedang menuntut kamu untuk menjadi seperti apa yang mereka inginkan.

Pahamilah, jika kamu selalu menyenangkan orang lain tanpa memikirkan bahwa sebenarnya kamu terluka saat itu. Dijamin kamu akan terus merasa tersakiti, kamu akan susah merasa puas dan bahagia. Oleh karena itu, biarkanlah saja mereka membencimu. Kamu gak perlu terlalu memikirkannya sampai membuatmu bersedih.

2. Berani untuk berkata tidak pada mereka 

5 Sikap yang Patut Kamu Terapkan saat Dibenci Orang Lainilustrasi menolak (pexels.com/Liza Summer)

Jangan takut untuk menolak hal-hal apa saja yang sebenarnya gak kamu inginkan. Beranikan dirimu untuk berkata tidak. Jika kamu menuruti apa mau mereka, nanti kamu yang akan sengsara sendiri. Ini adalah saatnya kamu menjadi diri sendiri. Jika mereka menolak karena kamu menjadi diri sendiri, itu bukan hal yang buruk.

Teruslah semangat dalam mencari tahu apa yang kamu inginkan. Tetaplah percaya diri dan lakukanlah hal-hal yang benar-benar sesuai dengan apa yang ada di hati kamu.

Abaikan segala omongan negatif yang bisa menjatuhkanmu. Percayalah, mereka sebenarnya takut tersaingi olehmu.

3. Jadilah inspirasi untuk orang lain 

5 Sikap yang Patut Kamu Terapkan saat Dibenci Orang Lainilustrasi menjadi inspirasi (pexels.com/fauxels)

Saat banyak orang yang membencimu atau gak menyukaimu tanpa sebab pasti, jangan terpengaruh pada apa yang mereka katakan tentangmu. Perkataan mereka sudah bisa dipastikan hanya ingin membuatmu menyerah dan terjebak dalam kesedihan.

Tetaplah semangat dan berdiri tegak. Berikan inspirasi kepada orang lain dengan cara menunjukkan kepada semua orang, bahwa dibenci oleh orang lain, bukanlah sesuatu yang buruk dan memalukan.

Kebenaran akan selalu menunjukkan kebenarannya. Bisa jadi, suatu saat mereka yang membencimu akan berbalik menyukaimu.

Baca Juga: 5 Aksi Balas Dendam pada Mantan yang Perlu Dihindari, Tidak Berkelas!

4. Gunakan waktumu dengan bijak

5 Sikap yang Patut Kamu Terapkan saat Dibenci Orang Lainilustrasi pertemanan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bisa dipahami, jika ada orang yang membencimu dan dia terus menghujatmu. Pasti akan ada waktunya kamu akan merasa bersedih. Boleh menangis, namun jangan terlalu dipikirkan dan berlarut dalam kesedihan. Kembalilah bangkit dan menatap dunia lebih bijak lagi.

Ada yang benci kamu, tapi pasti ada juga yang menyukaimu, bukan? Nah, daripada kamu terus-menerus memikirkan mereka yang membencimu, lebih baik gunakan waktumu dengan bijak lagi.

5. Jangan membalasnya dengan kebencian

5 Sikap yang Patut Kamu Terapkan saat Dibenci Orang Lainilustrasi marah (pexels.com/Yan Krukov)

Apa bedanya kamu dengan mereka, jika kamu membalasnya dengan kebencian juga? Sebaiknya, biarkan saja dan jangan marah atau balik membenci orang-orang yang membencimu.

Selalu tersenyum kepada siapa saja, termasuk kepada mereka. Cara terbaik untuk membalas orang yang benci padamu adalah dengan menunjukkan, bahwa kamu tetap bisa berbahagia dan gak terpengaruh dengan sikap serta perbuatan mereka yang buruk itu.

Sadarilah bahwa di dunia ini gak ada yang sempurna. Sebaik apapun seseorang, pasti ada yang gak menyukainya. Sejahat apapun seseorang, sudah pasti gak akan ada yang menyukainya. Yang baik saja ada yang dibenci, apalagi jika berbuat jahat.

Teruslah berjuang untuk mencapai apa yang kamu inginkan, gak perlu menghiraukan orang-orang yang benci padamu tanpa sebab yang pasti. Jangan jadikan hal ini sebagai hambatan untuk mencapai kesuksesanmu.

Percayalah, dunia gak sekejam yang kamu kira. Di balik rasa benci seseorang padamu, ternyata ada satu hal positif yang bisa kamu sadari, bahwa sebenarnya kamu itu punya pengaruh besar terhadap orang lain.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Dibenci Rekan Kerja, Jangan Suka Telat!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya