Comscore Tracker

5 Tips Kuatkan Hati saat Orang Lain Memandang Sebelah Mata

Saat orang lain memandangmu dari luar saja, tetap semangat!

Apabila seseorang melihat orang lain, akan lebih baik jika mereka melihatnya secara luas. Dalam arti lihatlah orang lain dari berbagai sisi dan sudut pandang. Jadi, jangan hanya memandang orang lain hanya dari sisi penampilan luarnya saja. Namun, lihatlah juga sisi yang lainnya, seperti sifat dan tingkah lakunya, serta kebaikan-kebaikan yang telah dilakukannya.

Namun, yang terjadi sekarang ini, masih saja ada banyak orang yang memandang orang lain dengan cara yang sempit, seperti menilai seseorang hanya dari satu sisi saja. Ketika hal yang kurang menyenangkan ini terjadi padamu, maka tetap tenang dan kuatkan hatimu. Jika kamu masih bingung bagaimana caranya agar bisa tegar. Berikut ada lima tips yang bisa kamu lakukan.

1. Tanamkan dalam diri bahwa kamu adalah pribadi yang kuat 

5 Tips Kuatkan Hati saat Orang Lain Memandang Sebelah MataIlustrasi laki-laki tangguh (pexels.com/Burst)

Salah satu aspek yang mampu menguatkan diri adalah dirimu sendiri. Bahkan, terkadang diri sendirilah yang paling bisa mendorongmu untuk menggapai impian dan kesuksesan. Oleh karena itu, ketika kamu mendapatkan pandangan yang kurang menyenangkan dari orang lain. Berusahalah untuk menanamkan dalam diri bahwa kamu adalah pribadi yang kuat.

Dengan begitu, secara perlahan namun pasti, kamu akan terbebas dari lingkaran keraguan atas dirimu sendiri. Jalanilah hari-harimu dengan penuh keyakinan bahwa dirimu adalah seseorang yang jauh lebih tegar dari apa yang kamu pikirkan. 

2. Percayalah bahwa kamu gak sendiri 

5 Tips Kuatkan Hati saat Orang Lain Memandang Sebelah Matailustrasi menatap (pexels.com/Ron Lach)

Tips berikutnya agar kamu bisa kuat dan tegar, ketika orang lain memandangmu dengan cara yang sempit yaitu, dengan memiliki kepercayaan bahwa kamu gak sendiri dalam menjalani kehidupan ini. Perlu kamu ketahui, bahwa sebenarnya setiap orang itu mempunyai keraguan atas dirinya masing-masing.

Namun, ada beberapa orang yang pandai dalam menyembunyikannya, sehingga keraguan tersebut gak terlihat. Tapi, ada juga orang yang gak mampu menyembunyikan hal tersebut. Meskipun begitu, seperti apa pun kondisimu, tetaplah percaya bahwa kamu itu gak sendiri. Gak perlu merasa berkecil hati, jika ada orang yang melihatmu dari satu sisi. Tetaplah tegar dan yakinlah dengan kemampuan yang kamu miliki.

3. Melakukan introspeksi terhadap diri 

5 Tips Kuatkan Hati saat Orang Lain Memandang Sebelah Matailustrasi orang merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Gak apa untuk kamu dengarkan, namun janganlah kamu memiliki anggapan bahwa hal tersebut adalah karena orang itu ingin menyerang dan menjatuhkanmu. Lebih baik, kamu belajar memahami pesan penting apa yang sebenarnya ingin orang lain sampaikan kepadamu.

Jadi, gak perlu bersedih dan menyalahkan diri sendiri. Namun, gunakanlah saja hal tersebut sebagai sarana untuk belajar dan bahan introspeksi diri, agar bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain, Jangan Mau Diremehkan

4. Gak perlu merasa tersinggung dan marah 

5 Tips Kuatkan Hati saat Orang Lain Memandang Sebelah Matailustrasi marah (pexels.com/Yan Krukov)

Hal yang wajar memang jika kamu merasa sakit hati, menjadi menambah beban pikiran dan sesak di dada, ketika mendapatkan cap yang kurang menyenangkan dari orang lain. Padahal sebenarnya juga bukan berarti kamu sepenuhnya buruk, namun mereka saja yang belum terlalu mengenalmu lebih dekat.

Namun, sebagai manusia kamu tentu gak bisa menahan pikiran orang lain terhadapmu. Jadi, saat mereka selalu memandangmu dengan cara yang sempit, seperti hanya menilaimu berdasarkan penampilan luarmu saja. Maka, tetaplah berusaha tenang dan gak perlu merasa tersinggung, serta marah.

Sebelum kamu lebih jauh memahami sikap dan perkataan orang lain tersebut, sebaiknya tenangkan dirimu terlebih dulu. Dengan begitu, kamu akan dapat mempelajari dengan baik, apakah mereka bermaksud untuk meremehkanmu, atau malah justru memberikanmu sebuah saran yang baik?

5. Teruslah berprestasi 

5 Tips Kuatkan Hati saat Orang Lain Memandang Sebelah Matailustrasi orang menunjukkan prestasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Belajarlah dan berprestasilah, berikan bukti bahwa kamu adalah sosok yang berkualitas, dan gak seperti apa yang mereka anggap selama ini.

Jangan merasa terpuruk dan merasa diri gak berharga. Tetaplah fokuskan diri kepada prinsip hidup yang kamu yakini. Ciptakanlah banyak karya dan tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang tegar, kuat dan memiliki nilai lebih. Jalanilah kehidupan ini sebaik mungkin dan pastinya juga harus dengan versi kamu sendiri.

Misalnya, saat orang lain hanya memandangmu dari sisi luarnya saja, tetaplah semangat, jangan merasa rendah diri, apalagi sampai menangisi hal tersebut. Merasa sedih itu gak dilarang, namun jangan sampai berlarut dan mengganggu aktivitas, serta kesehatanmu, ya.

Baca Juga: 6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya