Comscore Tracker

5 Jenis Kesadaran Hidup yang Dirasakan Saat Tumbuh Dewasa

Ketenangan didapat saat tak terlalu banyak berpengharapan

Semakin dewasa seseorang, akan ada banyak kesadaran terkait kehidupan yang mulai dirasakan. Sesuatu yang sebelumnya dibuat rumit menjadi disederhanakan. Hal-hal yang semula memicu banyak pertanyaan kepada diri berubah menjadi penerimaan, dan sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut lima jenis kesadaran hidup yang semakin terasa saat kamu tumbuh dewasa. Yuk, simak dan amati satu per satu.

1. Tak menyalahkan keadaan saat alami kegagalan 

5 Jenis Kesadaran Hidup yang Dirasakan Saat Tumbuh Dewasailustrasi menyalahkan diri sendiri (pexels.com/Daniel Reche)

Kegagalan menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Setiap orang pasti ingin sukses sesuai tujuan yang diinginkannya. Akan tetapi, proses mendapatkannya tetap membutuhkan perjuangan. Salah satunya berjuang bangkit saat alami kegagalan.

Jika itu terjadi, bagi kamu yang tak lagi menyalahkan keadaan, itu tandanya ada kesadaran dalam diri bahwa gagal bukanlah hal yang menjadi alasan untuk menyalahkan keadaan maupun lainnya. Ketika ini yang kamu rasakan, selamat karena kedewasaan diri mulai terlihat.

2. Tak lagi berusaha menyenangkan semua orang 

5 Jenis Kesadaran Hidup yang Dirasakan Saat Tumbuh Dewasailustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/Thirdman)

Bukan menjadi tugasmu untuk menyenangkan hati semua orang. Tetaplah menjadi diri sendiri yang baik dan sopan, maka orang lain akan senang. Sebab, sebaik apa pun kamu, tetap saja akan ada yang senang dan tidak.

Ketika kamu tak lagi memusingkan hal tersebut dan tak lagi selalu berupaya menyenangkan hati semua orang, apalagi hanya agar bisa diterima dalam suatu lingkungan, maka itu menjadi tanda bahwa kamu dewasa karena menyadari tentang apa yang seharusnya dilakukan dan yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Kedewasaan Diri dari Masalah yang Dihadapi

3. Hidup semakin tenang saat tak terlalu banyak harapan 

5 Jenis Kesadaran Hidup yang Dirasakan Saat Tumbuh Dewasailustrasi berharap (pexels.com/Masha Raymers)

Berharap akan suatu hal itu boleh saja, asalkan realistis. Bagi seseorang yang mulai menyadari, bahwa menjalani hidup akan tenang saat tak lagi terlalu banyak harapan yang ketinggian. Itu artinya, kedewasaan yang dimiliki mulai matang.

Ekspektasi yang tinggi membuatmu mudah kecewa saat tak bisa terwujud nyata. Maka, seseorang yang dewasa, biasanya mulai menyadari bahwa jika ingin berharap itu sewajarnya saja. Sebab, hal tersebut memberikan ketenangan dalam kehidupan yang sedang dijalaninya.

4. Tak berpikir untuk mengubah orang lain 

5 Jenis Kesadaran Hidup yang Dirasakan Saat Tumbuh Dewasailustrasi dua orang sedang berbicara (pexels.com/Anna Shvets)

Berubah menjadi lebih baik adalah niat dari masing-masing individu. Tugasmu yaitu memberikan arahan dan pandangan. Namun, jika orang yang bersangkutan tak ada keseriusan untuk lebih baik lagi demi dirinya sendiri, itu menjadi urusan pribadinya.

Ketika kamu sudah pada tahap menyadari akan hal ini, artinya kamu telah tumbuh dewasa dan bijaksana. Tak ada lagi pikiran dan keinginan untuk mengubah perilaku orang lain. Tugasmu adalah memberi saran, jika memang diminta. Namun, keputusan akhirnya tetaplah ada pada orang tersebut.

5. Mulai mencintai dirinya sendiri 

5 Jenis Kesadaran Hidup yang Dirasakan Saat Tumbuh Dewasailustrasi mencintai diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tak bermaksud egois, mencintai diri sendiri adalah hal yang memang harus dilakukan. Bagi kamu yang telah memiliki kesadaran akan hal ini, itu menunjukkan pribadimu mulai dewasa. Mencintai diri membuatmu semakin bahagia dan kebahagiaannya pun bisa menular ke orang sekitar.

Sadari hal ini jika kamu masih kurang mencintai diri. Apabila ingin mendapatkan kedamaian dalam hidup, berikan cinta yang cukup kepada dirimu terlebih dulu. Bukan malah sebaliknya, menyayangi orang lain yang utama dan mengabaikan kebutuhan cinta untuk sendiri.

Kedewasaan dalam diri bisa kamu rasakan ketika mulai memiliki beberapa kesadaran yang telah dijelaskan. Ada yang bilang semakin dewasa, semakin banyak hal yang dipusingkan. Namun, ada juga sisi lainnya yaitu saat tumbuh dewasa, segala hal rumit mampu disederhanakan melalui pola pikir hingga tindakan.

Baca Juga: 5 Alasan Usia Bukan Jaminan Kedewasaan, Jangan Remehkan yang Muda

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya