Comscore Tracker

5 Manfaat Bersikap Dewasa dan Bijaksana dalam Menghadapi Masalah

Bikin kamu semakin berani dan berkualitas lebih tinggi

Kedewasaan seseorang gak hanya bisa dilihat dari segi usianya saja. Memang benar, jika segi usia juga memengaruhi tingkat kedewasaan, salah satunya adalah karena sudah memiliki pengalaman lebih banyak. Namun, itu bukanlah faktor penyebab utamanya. Segi sikap dan emosi, itu juga merupakan faktor yang bisa meningkatkan kedewasaan dalam diri seseorang.

Memiliki sikap dewasa dan bijaksana, itu akan bermanfaat bagi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Seseorang yang dewasa dan bijaksana, ketika menghadapi permasalahan dalam hidupnya pasti bisa mengendalikan perilaku dan emosinya. Sehingga hal tersebut gak merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Berikut lima manfaat yang akan didapatkan, jika kamu mampu bersikap dewasa dan selalu bijaksana dalam menghadapi suatu masalah.

1. Meningkatan keberanian dalam diri 

5 Manfaat Bersikap Dewasa dan Bijaksana dalam Menghadapi Masalahilustrasi semangat (pexels.com/yankrukov)

Seseorang yang mampu bersikap dewasa dan berpikir dengan penuh kebijaksaan, saat dirinya berhadapan dengan permasalahan dalam kehidupan gak akan lari dari masalahnya. Apa pun yang terjadi, meski tantangan yang dihadapi terasa berat dan rumit, ia akan selalu bertanggung jawab untuk menyelesaikan semuanya sampai tuntas.

Kondisi seperti itu tentunya sangat bermanfaat baik bagi dirimu. Kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang berani dan tangguh lagi. Meskipun masalah yang dihadapi membuatmu stres dan tertekan, tapi dengan kedewasaan dan kebijaksaan dalam diri, kamu akan tetap berusaha menyelesaikannya. Kamu juga gak akan lari dari sumber permasalahan yang terjadi.

2. Melatih diri agar semakin mandiri 

5 Manfaat Bersikap Dewasa dan Bijaksana dalam Menghadapi Masalahilustrasi belajar (pexels.com/Armin Rimoldi)

Manfaat berikutnya yang akan kamu dapatkan adalah dapat melatih diri agar menjadi lebih mandiri lagi. Seseorang yang dewasa dan bijaksana biasanya dia gak akan bergantung kepada orang lain untuk membantunya menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Selagi kamu mampu, maka hadapilah dan lakukan upaya-upaya terbaikmu sendiri terlebih dulu. Kedewasaan diri akan mengarahkanmu pada hal-hal yang seharusnya kamu lakukan. Kebijaksanaan yang kamu miliki akan membantumu dalam menerima kenyataan dan mendorong diri untuk berusaha menyelesaikannya dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Tanda Atasanmu Adalah Sosok yang Bijaksana, Panutan para Pegawai!

3. Menghilangkan keraguan saat proses pengambilan keputusan 

5 Manfaat Bersikap Dewasa dan Bijaksana dalam Menghadapi Masalahilustrasi diskusi (pexels.com/Thirdman)

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantumu menghilangkan keraguan saat proses pengambilan keputusan. Sebab orang yang dewasa dan bijaksana setiap akan mengambil keputusan biasanya dia selalu memikirkan dan mempertimbangkan berbagai hal secara matang dari banyak sudut pandang.

Ini tentu saja dapat menghilangkan keraguan dalam dirimu. Keputusan yang kamu ambil pun akan lebih tepat sasaran dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri serta orang lain. Milikilah sikap dewasa dan pola pikir yang bijaksana, agar segala keraguan dalam diri bisa teratasi.

4. Membuatmu lebih ikhlas dalam menghadapi permasalahan 

5 Manfaat Bersikap Dewasa dan Bijaksana dalam Menghadapi Masalahilustrasi bahagia (pixabay.com/CaiHuuThanh)

Tak semua orang mampu ikhlas ketika mendapatkan cobaan seperti permasalahan hidup. Namun bagi orang yang dewasa dan juga bijaksana, dia akan ikhlas ketika harus menghadapi cobaan dalam hidupnya. Berat atau ringan akan tetap dia selesaikan hingga tuntas dengan cara-cara yang positif, tanpa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Kedewasaan dalam diri akan membuatmu lebih bersabar lagi. Kebijaksanaan akan membuatmu lebih tenang dan damai, sekalipun masalah yang datang itu silih berganti. Apa pun masalah yang terjadi, kamu gak akan menyalahkan pihak mana pun. Sebab keikhlasan hatimu dalam menghadapi masalah ini akan membuat hatimu lapang dan gak menyimpan rasa marah atau juga dendam.

5. Mampu menjadikan permasalahan yang terjadi sebagai sebuah pembelajaran 

5 Manfaat Bersikap Dewasa dan Bijaksana dalam Menghadapi Masalahilustrasi merenung (pexels.com/Evelina Zhu)

Sikap yang dewasa dan bijaksana akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih positif lagi. Kamu gak akan merasa menyesali permasalahan yang menimpamu. Kamu justru akan menjadikan masalah ini sebagai sebuah pembelajaran diri untuk bekal masa depan agar lebih baik lagi dari hari ke hari.

Selain akan membantumu dalam mencari solusi yang terbaik, sikap dewasa dan bijaksana juga akan memberikanmu pelajaran yang berharga saat sedang bercermin ke diri sendiri. Bukan penyesalan yang akan kamu rasakan, tapi sebuah pembelajaran hidup yang akan membuatmu makin memahami mengapa masalah tersebut bisa terjadi di kehidupanmu.

Jadilah pribadi yang dewasa dan bijaksana, apalagi saat kamu sedang menghadapi suatu masalah. Kelima manfaat di atas akan kamu rasakan dalam hidupmu. Selain dapat membantumu dalam menyelesaikan permasalahan, manfaat tersebut juga akan membuat kualitas dirimu semakin meningkat, lho.

Kedewasaan dan kebijaksanaan seseorang bukan hanya dari faktor usia. Kemampuan mengendalikan emosi dan sikap saat menghadapi masalah juga bisa mendewasakan pribadi seseorang. Kedewasaan ini juga pasti akan selalu beriringan dengan kebijaksaan. Maka dari itu, jangan mudah menyerah dari masalah. Lebih baik belajarlah untuk menyikapi secara dewasa dan bijaksana.

Baca Juga: 5 Sikap Positif yang Bantu Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya