Comscore Tracker

5 Manfaat Menyelesaikan Berbagai Tanggung Jawab Secara Bertahap

Tanggung jawab harus diselesaikan, tapi jangan bersamaan

Setiap orang memiliki tanggung jawab yang berbeda, entah dalam pekerjaan, kehidupan sosial, keluarga, hingga hubungan bersama pasangan. Semua tanggung jawab memang perlu kamu selesaikan, tak baik jika ada satu yang terabaikan. Tapi, berat jika kamu selesaikan semuanya secara bersamaan.

Maka solusinya yaitu tuntaskan tanggung jawabmu secara bertahap. Satu per satu saja agar bisa lebih fokus dan gak membuatmu kewalahan. Sebab jika semua kamu kerjakan secara bersamaan, maka yang ada bisa jadi semakin berantakan. Bahkan, tak ada satu pun yang berhasil kamu kerjakan secara maksimal.

Inilah alasannya agar dalam menyelesaikan tanggung jawab, dalam hal apa pun, sebaiknya secara bertahap. Berikut beberapa manfaat yang akan kamu rasakan dan dapatkan.

1. Energi dan pikiran gak akan habis terkuras 

5 Manfaat Menyelesaikan Berbagai Tanggung Jawab Secara Bertahapilustrasi berenergi positif sepanjang hari (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manfaat pertama dari kegiatan menyelesaikan tanggung jawab secara bertahap yaitu energi dan pikiranmu gak akan habis terkuras. Mengerjakan sesuatu, entah itu berkaitan dengan pekerjaan, kegiatan bersama masyarakat, hingga rencana masa depan bersama pasangan, jika kamu lakukan secara bersamaan maka energi dan pikiran bisa habis terkuras.

Tentu saja ini akan membuatmu menyerah dalam waktu yang gak lama. Maka, cobalah pilih satu tanggung jawab yang paling mendesak terlebih dulu. Lalu, kerjakan hingga tuntas dengan energi dan pikiran yang kamu miliki secara lebih optimal lagi.

Menyelesaikan satu tanggung jawab dulu secara baik tak akan membuatmu benar-benar kehilangan energi dan pikiran pun gak akan terlalu stres.

2. Semakin membuatmu mampu konsisten 

5 Manfaat Menyelesaikan Berbagai Tanggung Jawab Secara Bertahapilustrasi melatih diri untuk konsisten setiap hari (pexels.com/Hatice Yardim)

Manfaat berikutnya yaitu dapat membuatmu mampu berkonsisten dalam prosesnya. Sebab, mengemban beban tanggung jawab yang banyak dalam hal yang berbeda dan menyelesaikannya secara bersamaan hanya akan membuatmu malas untuk konsisten hingga tuntas.

Maka dari itu, tak perlu terlalu terburu-buru hingga ingin mengerjakan semuanya dalam satu waktu. Tanggung jawab memerlukan konsisten dalam upaya menyelesaikannya. Konsisten bisa kamu dapatkan dari mengasah kemampuan diri dalam membangun komitmen untuk terus mengerjakannya hingga tuntas.

Bekerja secara bertahap ampuh mendorong diri untuk terus menumbuhkan semangat dalam mengemban tanggung jawab hingga selesai tuntas dengan hasil optimal.

Baca Juga: 5 Hal yang Bukan Menjadi Tanggung Jawabmu, Gak Usah Memaksakan Diri

3. Dalam prosesnya kamu akan menjadi lebih produktif 

5 Manfaat Menyelesaikan Berbagai Tanggung Jawab Secara Bertahapilustrasi produktif setiap hari (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terlalu memaksakan diri untuk segera menyelesaikan tanggung jawab, hanya akan membuatmu mudah lelah sehingga mengakibatkan tingkat produktivitas terus menurun, seiring dengan berjalannya proses bekerja. Namun, jika kamu mengatur jadwal dalam menyelesaikan tanggung jawabmu secara satu per satu, maka itu akan membuatmu semakin produktif.

Jangan memaksakan diri untuk menuntaskan semua tanggung jawab secara bersamaan. Selain dapat menghabiskan energi dan pikiran, nantinya kamu juga akan mudah emosi. Ketika diri sudah tersulut emosi, sudah pasti proses bekerja tak akan bisa produktif. Sebab, kamu akan mudah lelah dan marah-marah karena pekerjaan malah semakin berantakan.

4. Semua terselesaikan secara tuntas dan memuaskan 

5 Manfaat Menyelesaikan Berbagai Tanggung Jawab Secara Bertahapilustrasi senang melihat hasil kerja (pexels.com/Anna Shvets)

Memiliki beban tanggung jawab yang banyak memang berat. Namun, jika kamu bersabar dan mengatur jadwal dengan bijaksana, maka semuanya akan terselesaikan secara tuntas dan hasilnya juga memuaskan. Meskipun dikerjakan satu per satu, tapi semuanya bisa selesai dengan hasil yang baik.

Berbeda jika kamu menyelesaikannya secara bersamaan. Kemungkinan besarnya malah gak ada satu pun yang bisa tuntas dengan hasil yang sudah kamu ekspektasikan. Bertahap saja dalam menyelesaikan tanggung jawab supaya pikiran fokus dan suasana hati pun senang. Sebab, kamu gak akan merasa terbebani oleh tumpukan tanggung jawab lain yang menunggu.

5. Membantumu dalam menjaga diri dari segala distraksi 

5 Manfaat Menyelesaikan Berbagai Tanggung Jawab Secara Bertahapilustrasi bekerja dengan fokus (pexels.com/Anthony Shkraba)

Seseorang yang mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan, itu sangat rentan terkena distraksi. Sebab, pikirannya pasti akan selalu teralihkan di saat dia sedang proses mengerjakan satu hal. Namun, jika kamu melakukan sesuatu satu per satu hingga tuntas, maka dirimu gak akan mudah terdistraksi oleh pikiran yang bercabang saat proses bekerja.

Gangguan dalam proses bekerja memang akan tetap ada. Namun, bagi orang yang menyelesaikan sesuatu secara bertahap, dirinya gak akan mudah terpengaruh oleh gangguan-gangguan yang ada. Sebab, pikirannya fokus ke satu hal saja. Bekerja secara bertahap dalam sebuah tanggung jawab dapat menjagamu dari hal-hal yang mengganggu.

Bermanfaat dan sangat menguntungkan dalam bekerja jika menyelesaikan tanggung jawab yang begitu banyak, apabila semuanya dilakukan secara bertahap. Tuntaskan tanggung jawabmu satu per satu.

Memang benar, tanggung jawab sebisa mungkin segera diselesaikan. Akan tetapi, jika kamu bekerja secara bersamaan, itu juga gak akan efektif. Maka, tak perlu terburu-buru. Lebih baik, buat jadwal dan mulailah mengerjakannya sesuai urutan yang telah kamu buat. Hasilnya lebih maksimal, pikiranmu juga akan lebih tenang, serta kondisi tubuh pun tetap prima sepanjang harinya.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Menunjukkan Kamu Tak Bisa Diberi Tanggung Jawab

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya