Comscore Tracker

5 Cara Menemukan Kebahagiaan di Setiap Liku Kehidupan

Dapatkan rasa bahagia meski jalannya berliku

Pada kenyataannya, kehidupan tak selalu membahagiakan. Ada saja hal-hal yang menjadi beban pikiran, hambatan melangkah ke depan, dan rintangan yang lainnya.

Berbagai kejadian bisa menjadi sesuatu yang membuatmu mengalami kesedihan. Karier yang tak berkembang, hubungan asmara berantakan, hingga peristiwa lainnya yang membuatmu ingin menyerah begitu saja.

Ketika jalan hidup terasa penuh liku, tak perlu kamu merasa hancur. Selalu ada cara untuk menemukan jalan kebahagiaan di setiap liku kehidupan. Memang membutuhkan perjuangan, tapi jika kamu berhasil melalui rintangan dan menikmati segala prosesnya, maka jalan kebahagiaan bisa kamu temukan, di mana saja kamu berada.

1. Jujurlah kepada diri sendiri terkait perasaan yang kamu alami 

5 Cara Menemukan Kebahagiaan di Setiap Liku KehidupanIlustrasi bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Liku kehidupan memang membuatmu merasa berat dan penuh beban. Untuk bisa menemukan jalan kebahagiaannya, kamu perlu jujur terkait perasaan yang kamu alami saat ini. Apakah kamu sedang merasa kecewa, bersedih, atau kesal dengan semua kejadian dalam hidup ini?

Segala jenis emosi yang ada dalam diri janganlah kamu menyangkalnya. Biarkan dirimu merasakan apa yang ada dalam hatimu. Jika ingin bersedih dan menangis, ada baiknya jangan ditahan, apalagi hingga berpura-pura bahagia di saat hati sedang terluka. Jujurlah saja tentang perasaanmu, karena ini langkah awal untuk membuka jalannya kebahagiaan.

2. Jangan terjebak dalam pikiran yang negatif 

5 Cara Menemukan Kebahagiaan di Setiap Liku Kehidupanilustrasi berpikir negatif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kehidupan yang berjalan terasa begitu menyakitkan akibat rintangan dan tantangan tak pernah ada habisnya, kamu kerap merasakan tertekan untuk menghadapinya. Di kondisi yang seperti ini, sebaiknya jagalah pola pikirmu dari hal-hal negatif.

Kondisi yang memilukan memang kerap membuat seseorang dipenuhi pikiran negatif. Namun, jika kamu ingin tetap bisa berbahagia di setiap liku kehidupan, tetaplah berpikir positif atas segala kejadian yang kamu alami.

3. Cari cara agar kamu tetap bisa bersyukur 

5 Cara Menemukan Kebahagiaan di Setiap Liku Kehidupanilustrasi bersyukur (pexels.com/Matthias Cooper)

Ingin mendapatkan petunjuk tentang kebahagiaan hidup di setiap liku kehidupan? Cobalah cari cara agar kamu tetap bisa bersyukur, apa pun kondisinya. Kegiatan bersyukur jadi salah satu cara yang bisa membimbingmu menemukan jalan kebahagiaan meski keadaan begitu terasa menekan.

Tak bisa dimungkiri jika kamu akan kesulitan mensyukuri likunya kehidupan. Akan tetapi, ketika kamu berusaha untuk bisa menemukan sisi positifnya dan bisa mensyukuri hal tersebut, nantinya rasa bahagia akan muncul dengan sendirinya.

Jika ingin bahagia di segala jenis keadaan, jangan pernah berhenti bersyukur. Percayalah bahwa selalu ada cara dan hal-hal yang bisa membuatmu bersyukur dalam hidup ini.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri, agar Hidupmu Penuh Kebahagiaan

4. Teruslah berbuat baik pada siapa pun

5 Cara Menemukan Kebahagiaan di Setiap Liku Kehidupanilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berbuat baik tak hanya menguntungkan orang lain saja, melainkan akan memberikan dampak positif juga kepada dirimu. Meskipun perjalanan kehidupan penuh liku akibat masalah yang tak pernah ada habisnya, tapi jika kamu gak berhenti menebar kebaikan, rasa bahagia pun tak akan pernah menghilang dari kehidupanmu.

Salah satu cara yang bisa membantumu menemukan kebahagiaan dengan memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Akan ada sensasi bahagia yang tak bisa diungkapkan ketika kamu berhasil membantu orang lain mengurangi beban hidupnya.

5. Berusahalah untuk gak terus mengeluh

5 Cara Menemukan Kebahagiaan di Setiap Liku Kehidupanilustrasi orang mengeluh (pexels.com/Karolina Grabowska)

Perlu kamu tahu sejak dini bahwa kebiasaan mengeluh itu hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Ketika jalan hidup sangat berliku, memang itu terasa melelahkan dan menguras tenaga serta pikiran. Namun, mengeluh juga bukan menjadi solusi yang tepat.

Cobalah bangkit dan perbaiki keadaan dengan lebih optimis lagi. Terkadang, permasalahan dalam kehidupan memang sulit untuk dicegah. Namun, percayalah bahwa kamu masih bisa mengatasi dan menyelesaikannya dengan baik. Jangan biarkan dirimu terlarut dalam keluhan sepanjang harinya, karena itu adalah hal yang mampu merenggut kebahagiaan.

Ada banyak faktor yang bisa membuatmu mengalami kesedihan, salah satunya ketika perjalanan hidup terasa penuh liku. Jangan merasa putus asa karena setiap orang pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Ketika kehidupan terasa memilukan akibat jalan yang penuh liku, terapkanlah kelima cara di atas.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Iri Hati Saat Melihat Orang Lain Lebih Bahagia

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya