Comscore Tracker

5 Rutinitas untuk Menjaga Ketajaman Pikiran, Catat Yuk!

Pikiran yang selalu tajam bantu kamu raih impian

Ketajaman pikiran perlu dijaga setiap harinya supaya bisa berfungsi dengan baik serta menghasilkan analisis yang kritis dan kreatif. Rutinitas yang kamu lakukan dalam keseharian juga bisa menjadi sarana mempertajam pikiran sehingga meraih impian akan selalu ada cara dan kemudahannya.

Berikut beberapa rutinitas untuk menjaga ketajaman pikiran yang bisa kamu lakukan. Yuk, masukkan di jadwal kegiatan harianmu.

1. Rajin membaca 

5 Rutinitas untuk Menjaga Ketajaman Pikiran, Catat Yuk!ilustrasi orang membaca buku (pexels.com/cottonbro)

Selain menambah ilmu dan pengetahuan serta memperluas wawasan, kegiatan membaca juga sebagai cara untuk menjaga ketajaman pikiran. Maka, luangkan waktu di setiap harinya, agar kamu bisa membaca informasi yang positif.

Semakin rajin kamu melakukannya, kualitas pikiran akan semakin bermutu. Sehingga, perjalanan meraih kesuksesan akan selalu ada peluang besar yang bisa kamu dapatkan. Sebab dari kegiatan membaca, kamu akan mendapatkan hal-hal baru yang berfungsi memudahkan jalanmu menuju tujuan impian.

2. Tuliskan segala ide yang muncul 

5 Rutinitas untuk Menjaga Ketajaman Pikiran, Catat Yuk!ilustrasi laki-laki sedang menuliskan ide-idenya (pexels.com/Armin Rimoldi)

Ide bisa muncul kapan saja, di setiap harinya pun bisa. Nah, setelah kamu menemukan ide, entah itu hal kecil maupun besar, jangan lupa untuk langsung ditulis di buku harianmu. Kumpulkan semua ide unikmu setiap hari dengan menuliskannya.

Proses menuliskan ide dapat meningkatkan kemampuanmu dalam berkreativitas. Ini juga sebagai cara melatih pikiran agar selalu aktif sehingga kamu menjadi orang yang mampu berpikir kritis dan inovatif.

Apabila suatu saat menghadapi permasalahan sulit, kamu tak lagi merasa kesulitan untuk menemukan solusi terbaiknya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Dapat Membuat Otak Lemot, Sering Bermain Gadget

3. Berkegiatan di luar zona nyamanmu 

5 Rutinitas untuk Menjaga Ketajaman Pikiran, Catat Yuk!ilustrasi berkegiatan di luar zona nyaman (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Berada dalam zona nyaman, memang menyenangkan tapi itu tak akan membuatmu semakin berkembang. Pikiran pun bisa gak setajam dulu lagi sebab aktivitasmu hanya berkutat pada hal yang biasa dilakukan. Maka, luangkan waktu untuk tetap berkegiatan yang di luar zona nyaman.

Awal melakukan mungkin terasa berat. Tapi jika kamu menikmati prosesnya, maka berkegiatan di luar zona nyaman akan membuat senang karena tantangannya sangat seru dan saat berhasil melakukannya. Rasa bahagianya mampu meningkatkan semangatmu.

Tak hanya itu, cara berpikirmu juga akan semakin tajam, cepat, dan tepat. Sebab, sudah terlatih dari upayamu menghadapi tantangan yang datang dari kegiatan di luar zona nyaman.

4. Tuliskan daftar kegiatan hari esok 

5 Rutinitas untuk Menjaga Ketajaman Pikiran, Catat Yuk!ilustrasi menulis (pexels.com/Mikhail Nilov)

Menuliskan daftar kegiatan yang akan kamu lakukan pada esok harinya juga menjadi cara berikutnya dalam menjaga ketajaman pikiran. Sebab, segala hal yang tertata dengan baik akan meningkatkan daya fokus dalam berpikir.

Semakin tinggi fokusmu dalam menjalani kegiatan atau mengerjakan sesuatu, tentu akan semakin baik hasil yang didapatkan. Tuliskan secara detail kegiatan dari pagi hingga malam harinya. Jangan lupa menuliskan jadwal beristirahatnya juga, sebab pikiran yang lelah, tak akan tajam dalam bekerja.

5. Refleksi diri sebelum kamu tidur 

5 Rutinitas untuk Menjaga Ketajaman Pikiran, Catat Yuk!ilustrasi refleksi diri sebelum tidur (pexels.com/Thiha Soe)

Refleksi diri juga memengaruhi ketajaman pikiran sebab ini merupakan kegiatan menenangkan hati dan pikiran. Kondisi pikiran yang jauh dari rasa stres, pasti bisa berfungsi lebih optimal dibandingkan dengan orang yang banyak pikiran maupun cemas berlebihan.

Lakukan kegiatan refleksi diri setiap hari sebelum kamu tidur. Kamu menjadi memiliki kesadaran penuh atas diri dan bisa sambil memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan, serta tak lagi mengkhawatirkan masa depan secara berlebihan. Dengan rutin melakukannya sebelum tidur, kualitas tidurmu juga semakin baik sehingga saat bangun di pagi harinya, pikiran sudah segar dan semakin tajam.

Sehebat apa pun pikiranmu di masa kini, jika tak rajin menjaganya, maka suatu saat bisa kurang optimal fungsinya. Tak perlu repot-repot sebab melalui rutinitas harian juga bisa sebagai sarana untuk menjaga, melatih, dan meningkatkan ketajaman pikiran.

Semakin bertambah dewasa dengan banyaknya problematika yang harus dihadapi, bisa membuat pikiran tak setajam dulu lagi. Namun, tak perlu cemas. Karena jika kamu melakukan rutinitas yang bisa membantumu dalam mempertajam pikiran seperti di atas, maka meski umur terus bertambah dan masalah hidup juga selalu ada, pikiranmu tetap terjaga ketajamannya.

Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan berolahraga dan menjalani pola hidup sehat, ya. Perhatikan juga makanan yang kamu konsumsi. Penuhilah kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Sebab, apa yang kamu makan setiap harinya juga memengaruhi kualitas pikiranmu.

Baca Juga: 5 Cara Ini Buat Pikiran dan Batin Jadi Lebih Tenang, Patut Dicoba!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya