Comscore Tracker

Sering Ketinggalan Barang? Ini 5 Tips Jitu Mengurangi Kebiasaan Lupa 

Biar aktivitasmu lancar 

Sudah setengah perjalanan, eh baru ingat ternyata ada barang yang masih tertinggal. Sudah duduk manis di depan televisi, eh remote-nya lupa belum di bawa. Kesal banget rasanya. Pernah mengalami? Atau, sering mengalaminya, nih?

Sifat pelupa memang sangat menghambat aktivitasmu. Apalagi, kalau kamu orangnya super sibuk. Wah, bisa emosi terus dan mengacaukan jadwal kamu nantinya. Sebelum sifat ini menjadi semakin parah. Yuk, atasi dengan lima tips berikut.

1. Persiapkan segala sesuatu pada satu tempat 

Sering Ketinggalan Barang? Ini 5 Tips Jitu Mengurangi Kebiasaan Lupa ilustrasi menyiapkan barang sebelum pergi (pexels.com/Vlada Karpovich)

Kamu sering lupa menaruh barang dan saat sedang dibutuhkan kamu pusing mencarinya. Solusinya adalah persiapkan segala sesuatunya terlebih dulu dan letakkan pada satu tempat.

Pilih tempat yang mudah terlihat olehmu. Letakkan pakaian, dompet, handphone, jam tangan, kunci kendaraan dan barang-barang penting lainnya dalam satu tempat.

2. Menuliskan segala sesuatu yang akan kamu bawa 

Sering Ketinggalan Barang? Ini 5 Tips Jitu Mengurangi Kebiasaan Lupa ilustrasi menulis (pexels.com/Ivan Samkov)

Bagi kamu yang pelupa, mengalami ketinggalan barang itu sangat menyebalkan. Jangankan barang-barang printilan. Bahkan, barang-barang penting seperti handphone, kunci kendaraan atau kunci rumah pun sering tertinggal.

Nah, supaya kejadian itu gak terus berulang. Cobalah untuk menuliskan barang-barang bawaan kamu pada sebuah buku catatan kecil. Dengan begitu, kamu sekarang hanya perlu membiasakan diri untuk mengecek daftar barang yang kamu bawa.

3. Membiasakan diri untuk rapi 

Sering Ketinggalan Barang? Ini 5 Tips Jitu Mengurangi Kebiasaan Lupa ilustrasi merapikan barang (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu sering lupa di mana terakhir kali meletakkan kunci, kacamata, dompet, handphone dan sebagainya. Tentu, akan menghambat aktivitasmu yang lain, bukan?

Oleh karena itu, kamu perlu membiasakan diri untuk hidup yang rapi dan teratur. Letakkanlah segala sesuatu pada tempat yang sama setiap harinya. Ini akan membantumu untuk mengingat sesuatu.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pengingat Terbaik yang Cocok bagi Orang Pelupa

4. Konsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup 

Sering Ketinggalan Barang? Ini 5 Tips Jitu Mengurangi Kebiasaan Lupa ilustrasi makanan sehat (pexels.com/Kaba Camara)

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan beristirahat yang cukup. Konsumsilah makanan seperti sayuran, ikan, daging, buah-buahan dan lain-lain. Pastikan jam istirahat kamu juga cukup dan teratur, ya.

Kemudian, untuk menjaga daya ingat kamu juga perlu banyak minum air mineral. Selain mencegah dehidrasi yang mengakibatkan kamu menjadi mudah lupa. Minum air mineral juga mampu menambah daya fokus kamu.

5. Jangan malas 

Sering Ketinggalan Barang? Ini 5 Tips Jitu Mengurangi Kebiasaan Lupa ilustrasi berolahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Usahakan untuk selalu aktif, ya. Untuk mengatasi sifat kamu yang pelupa adalah dengan selalu membuat diri menjadi aktif. Lakukanlah beberapa aktivitas dan jangan hanya rebahan saja.

Selain mampu mengurangi sifat pelupa. Dengan kamu menjadi aktif, tubuhmu juga menjadi lebih sehat. Misalnya, olahraga secara teratur, melakukan hobi, bersosialisasi dan kegiatan positif lainnya.

Gak perlu takut, menjadi lupa bukan hal yang aneh, kok. Selama sifat pelupamu masih tergolong ringan. Coba lakukan beberapa tips-tips di atas.

Lakukan secara rutin, supaya daya ingatmu perlahan semakin tajam dan gak sering ketinggalan barang lagi. Supaya kamu juga gak rugi secara waktu, tenaga dan finansial.

Baca Juga: 7 Hal Sepele yang Sering Lupa Disyukuri Tentang Pekerjaan Sehari-hari 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya