Comscore Tracker

5 Tips agar Siap Menerima Kritik demi Mengembangkan Potensi Diri 

Sepedas apa pun, belajarlah untuk menerimanya 

Apabila kamu benar-benar memiliki niat ingin mengembangkan potensi yang ada dalam diri, maka kamu harus siap menerima kritik. Jadikanlah hal tersebut sebagai sarana untuk mengevaluasi diri.

Di sisi lain, tetaplah bijaksana dalam menerima kritik. Seleksi lagi apakah kritik yang ditujukan padamu itu benar-benar datang dari orang yang menginginkan kamu menjadi lebih baik atau malah datang dari orang yang gak menyukaimu. Mereka yang gak senang padamu biasanya akan memberikan kritik yang kurang membangun. Tujuannya untuk menjatuhkan dan supaya kamu gak berkembang menjadi lebih baik.

Nah, ketika mendapatkan kritik, ada beberapa cara agar emosimu terkendali dan siap menerimanya dengan baik. Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan, sehingga kritik akan membawa pengaruh baik padamu, alih-alih bikin down.

1. Usahakan untuk tetap tenang 

5 Tips agar Siap Menerima Kritik demi Mengembangkan Potensi Diri ilustrasi bersikap tenang saat dikritik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sepedas apa pun kritik yang diberikan oleh orang lain padamu, berusahalah untuk tetap tenang agar situasi bisa terkendali. Wajar jika kamu merasa sakit hati, tapi jangan membalasnya dengan meluapkan emosi yang berlebihan.

Cobalah menahan diri untuk gak langsung bereaksi yang gak menyenangkan. Ingatkan diri sendiri untuk tetap tenang. Kamu bisa menyendiri dulu sejenak atau sekadar menepi dari keramaian, kemudian tarik napas dalam-dalam agar kamu bisa menenangkan diri. Dengan begitu, suasana tidak akan semakin buruk.

2. Dengarkan dengan baik terlebih dahulu 

5 Tips agar Siap Menerima Kritik demi Mengembangkan Potensi Diri ilustrasi orang mendengarkan (pexels.com/Laura Tancredi)

Sebelum kamu membantah, lebih baik dengarkanlah dengan cermat terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa melakukan introspeksi terhadap diri. Oleh karena itu, ketika mendapat kritik jangan langsung menerimanya secara mentah-mentah. Belajarlah untuk mengatur emosimu agar mampu mendengarkan dengan baik.

Setelah kamu berhasil mengatur emosi diri, selanjutnya cobalah untuk mengubah sudut pandang sebuah kritik tersebut menjadi sudut pandang dari diri kamu sendiri. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengoreksi kekuranganmu dan menjadi lebih mawas diri. Percayalah, jika kamu berhasil melakukannya, maka ini akan mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri.

Baca Juga: 5 Perilaku Anak yang Dibesarkan Orangtua Toksik, Jadi Tukang Kritik!

3. Ajukan pertanyaan pada orang yang mengkritikmu 

5 Tips agar Siap Menerima Kritik demi Mengembangkan Potensi Diri ilustrasi orang bertanya (pexels.com/Anna Shvets)

Ini berbeda dengan sikap mengelak atau membantah, ya. Sikap bertahan dengan melakukan bantahan adalah situasi di mana kamu gak mau menerima segala kritik yang datang dan seolah-olah kamu merasa bahwa semua yang kamu lakukan itu adalah sesuatu yang paling benar.

Sedangkan, apabila kamu mengajukan pertanyaan atas tanggapan dari kritik tersebut sebagai langkah tepat agar kamu bisa mengoreksi diri lagi. Itu artinya, kamu gak membantah atau mengelak kritik tersebut. Namun, justru kamu ingin melakukan introspeksi lagi agar bisa menjadikannya sebagai sebuah pembelajaran untuk masa depan.

4. Tanggapi kritik tersebut secara positif 

5 Tips agar Siap Menerima Kritik demi Mengembangkan Potensi Diri ilustrasi tersenyum (pexels.com/Monstera)

Menanggapi atau memberikan respons yang positif saat sedang dikritik merupakan salah satu cara yang cerdas dan bijaksana. Bukan berarti kamu menerimanya secara mentah-mentah, karena sebenarnya kamu pun juga bisa menolak bahwa kamu gak pernah melakukan sesuatu seperti apa yang orang kritik kepadamu. Akan tetapi, sampaikanlah hal tersebut dengan cara yang baik, sopan dan santun.

Sebagai contoh, saat kamu mendapatkan kritik dari orang lain, tanggapi dengan mengucapkan kata maaf terlebih dulu. Kemudian sampaikan bahwa kamu selama ini gak menyadarinya tentang perbuatan tersebut dan katakan juga bahwa kamu siap untuk memperbaikinya. Dengan mendengar tanggapan yang baik dan sopan seperti itu, orang yang mengkritikmu pasti akan memahami dan suasana juga akan menjadi lebih terkendali.

5. Jangan ragu untuk meminta saran 

5 Tips agar Siap Menerima Kritik demi Mengembangkan Potensi Diri ilustrasi berbicara (pexels.com/mentatdgt)

Daripada kamu memberikan respons dengan bersikap mengelak, lebih baik kamu meminta saran saja dari orang yang telah mengkritikmu. Hal tersebut akan membantu dan mempermudahmu untuk melakukan perbaikan terhadap diri dan sikapmu selama ini yang dirasa kurang tepat.

Namun, tetaplah berusaha cermat dalam menerima saran dari dia, ya. Perhatikan baik-baik, jika saran yang diberikan positif dan berguna untuk masa depanmu serta kamu juga sanggup melakukannya, maka lakukanlah dengan bersungguh-sungguh. Ini bertujuan agar kamu gak akan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Daripada kamu menolak kritik mentah-mentah dan terus melakukan pembelaan, lebih baik belajarlah untuk menerimanya dan memperbaiki diri agar potensi yang kamu miliki semakin berkembang. Jika kamu terus menolak dan gak mau mendengarkan serta belajar menerima, bisa-bisa kamu akan terus mengulang kesalahan yang sama. Jika sudah begitu, siapa yang akan rugi?

Baca Juga: 5 Saran Untukmu yang Mudah Tersinggung, Belajar Kendalikan Emosi!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya