Comscore Tracker

5 Saran Untukmu yang Mudah Tersinggung, Belajar Kendalikan Emosi!

Mereka tidak bermaksud menyakitimu, kok

Sebagai makhluk hidup yang memiliki hati, akal dan perasaan, wajar saja jika kamu pernah merasa tersinggung ketika mendapat perlakuan yang tidak sewajarnya dari orang lain. Ini adalah hal yang normal kok, setiap orang pasti merasakan hal yang sama jika mengalami perlakuan tersebut.

Namun berbeda halnya ketika kamu sering merasa tersinggung bahkan dengan permasalahan-permasalahan sepele sekalipun. Tentu ini bukanlah sesuatu yang wajar. Sikap mudah tersinggung jika dibiarkan tentu akan mempengaruhi mentalmu. Untuk menyikapi hal tersebut, yuk, kendalikan emosimu dengan meresapi 5 saran di bawah ini.

1. Biasakan untuk berpikir positif

5 Saran Untukmu yang Mudah Tersinggung, Belajar Kendalikan Emosi!ilustrasi membayangkan kebahagiaan (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Rasa mudah tersinggung seringkali diakibatkan oleh rasa cemas dan khawatir yang berlebihan. Kamu merasa khawatir jika orang-orang tidak menyukaimu kemudian atas hal tersebut kamu menilai segala tindak-tanduk mereka sebagai perlakuan buruk sehingga kamu tersinggung.

Dengan membiasakan diri untuk berpikiran positif maka kamu dapat membuat emosimu menjadi lebih terkendali. Berpikiran positif membuat mentalmu terasa lebih baik sehingga tidak diliputi kecemasan dan kekhawatiran. Hal ini akan menghindarkanmu dari rasa mudah tersinggung.

2. Pahami bahwa setiap orang memiliki karakter berbeda-beda

5 Saran Untukmu yang Mudah Tersinggung, Belajar Kendalikan Emosi!ilustrasi berdiskusi (pixabay.com/Free-photos)

Setiap orang dilahirkan dengan segala karakter dan keunikannya masing-masing. Antara watak satu orang dengan orang lainnya pasti berbeda. Pun dengan sifatmu dan sifat temanmu tentu juga tidaklah sama.

Dengan memahami bahwa setiap orang memiliki karakter dan keunikannya masing-masing akan menjadikanmu lebih toleran. Kamu dapat menghargai setiap perbedaan karakter dan watak antara satu orang dengan orang lainnya sehingga tidak akan mudah tersinggung.

3. Pahami perasaanmu

5 Saran Untukmu yang Mudah Tersinggung, Belajar Kendalikan Emosi!ilustrasi memegang lampu hias (unsplash.com/Bart LaRue)

Rasa mudah tersinggung bisa muncul ketika kamu membiarkan berbagai permasalahan mengusik perasaanmu. Tidak hanya permasalahan-permasalahan besar, namun kamu juga membiarkan hal-hal sepele yang seharusnya tidak perlu ditanggapi ke dalam perasaanmu.

Padahal dengan lebih mengenali perasaanmu sendiri kamu dapat terhindar dari rasa mudah tersinggung. Kamu paham bahwa apa yang mereka lakukan belum tentu bermaksud menyakitimu. Bisa jadi mereka punya maksud baik namun kamu terlanjur menanggapinya dengan pikiran yang negatif.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Lebih Disiplin dalam Mengelola Waktu, Coba Yuk!

4. Belajar melihat segala sesuatu dari berbagai perspektif

5 Saran Untukmu yang Mudah Tersinggung, Belajar Kendalikan Emosi!ilustrasi memberi masukan (unsplash.com/Clayton Cardinalli)

Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Apa yang dalam pandanganmu sudah benar mungkin saja dalam persepektif orang lain masih belum sesuai. seringkali hal ini membuatmu mudah tersinggung.

Dengan belajar melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda maka akan membuatmu sadar bahwa yang menurutmu buruk belum tentu seperti apa yang kamu perkirakan. Belajar melihat segala sesuatu dari perspektif berbeda akan mambuatmu lebih toleran sehingga tidak mudah tersinggung oleh hal-hal kecil.

5. Sesekali jangan sungkan introspeksi diri

5 Saran Untukmu yang Mudah Tersinggung, Belajar Kendalikan Emosi!ilustrasi merenung (unsplash.com/Ben White)

Dalam kehidupan tidak ada sesuatu yang sempurna, begitupun dirimu. Setiap orang pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Mengingat hal tersebut, tidak ada salahnya kamu belajar introspeksi diri agar dapat lebih mengenal diri sendiri.

Dengan melakukan hal tersebut, maka kamu dapat mengetahui apa saja yang menjadi kelemahan dan kekuranganmu. Bahkan kamu juga dapat meraba kesalahan-kesalahan kecil yang masih sering kamu lakukan. Hal ini akan membuatmu lebih berlapang hati sehingga tidak akan mudah merasa tersinggung dan sakit hati.

Rasa tersinggung sebenarnya adalah hal yang wajar-wajar saja saat kamu mendapat perlakuan tidak sepantasnya dari orang lain. Namun jika terlalu sering mengalami ini, jangan-jangan kamu saja yang cenderung berpikiran negatif. Jika kamu termasuk orang yang sering merasa tersinggung, tidak ada salahnya untuk meresapi 5 saran di atas.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Merespon Single Shaming, Gak Perlu Marah-marah

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya