Comscore Tracker

5 Tips Berpakaian di Cuaca Panas, Agar Tetap Nyaman dan Sopan

Cuaca panas bukan alasan untuk gak menjalankan aktivitas

Cara berpakaian menunjukkan kepribadian seseorang, maka sudah seharusnya kamu berpakaian dengan rapi, agar orang memandangmu sebagai pribadi yang baik. Akan tetapi, ada salah satu hal yang cukup menantang dalam cara berpakaian yaitu, cuaca. Jika, cuaca sedang dingin, maka jelas kamu akan mengggunakan pakaian yang tertutup.

Namun, bagaimana jika cuaca sedang panas? Gak mungkin, kan kamu berpakaian tebal dan serba tertutup? Nah, berikut ini ada beberapa cara berpakaian yang tetap menunjukkan kesopanan saat digunakan, meski cuaca sedang panas. Tenang, kamu gak perlu khawatir, karena masih bisa tetap nyaman, kok. Yuk, simak cara dan penjelasannya.

Baca Juga: 5 Tips Berpakaian yang Bikin Kece Meski Pakai Baju Lama

1. Pilihlah bahan pakaian yang mampu menyejukkan badan 

5 Tips Berpakaian di Cuaca Panas, Agar Tetap Nyaman dan Sopanilustrasi bahan pakaian yang menyejukkan badan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pilihan jenis bahan merupakan hal yang penting untukmu, terlebih lagi di saat cuaca sedang panas. Pakaian yang sopan dengan model apa saja, juga tetap nyaman untuk dikenakan dalam beraktivitas di cuaca panas. Maka, pilihlah bahan yang menyejukkan badan, ya.

Kamu bisa memilih pakaian yang terbuat dari bahan katun. Bahan ini gak akan membuatmu kepanasan saat berkegiatan di cuaca panas. Selain itu, modelnya juga bisa menyesuaikan dengan segala jenis acara yang sedang kamu jalankan. Tampil rapi, sopan dan nyaman di hari yang sedang panas, tetap bisa kamu tunjukkan.

2. Pilih pakaian yang gak terlalu tebal 

5 Tips Berpakaian di Cuaca Panas, Agar Tetap Nyaman dan Sopanilustrasi laki-laki menggunakan jaket (pexels.com/Jonas Svidras)

Berpakaian rapi dan sopan, itu gak selalu harus berbahan tebal. Apalagi saat cuaca sedang panas, itu malah akan membuatmu kegerahan nantinya. Jelas saja, dalam beraktvitas pun gak akan nyaman. Maka, untuk menyiasatinya, cobalah pilih pakaian yang berbahan tipis saja, tapi jangan yang menerawang.

Ada banyak pilihan jenis pakaian yang nyaman dan elegan untuk tetap menjalankan berbagai kegiatan di cuaca panas. Hindari menggunakan jaket yang memiliki bahan tebal, sebab akan membuat suhu panas pada tubuh meningkat. Pilih saja pakaian yang memiliki bahan ringan, agar udara bisa masuk menyejukkan badan. Selain itu, juga dapat mengurangi kadar keringat yang bisa menimbulkan bau kurang sedap.

Baca Juga: 10 Tips Berpakaian yang Nyaman dan Cocok Sesuai Bentuk Tubuh

3. Jangan menggunakan pakaian yang ketat 

5 Tips Berpakaian di Cuaca Panas, Agar Tetap Nyaman dan Sopanilustrasi pakaian ketat yang memperlihatkan bentuk badan (pexels.com/Pixabay)

Pakaian yang terlalu ketat, justru akan membuat suhu panas di dalam tubuh meningkat. Terlebih lagi, ketika kamu harus beraktivitas di saat cuaca sedang panas. Hindarilah penggunaan pakaian yang ketat, agar kamu tetap nyaman dalam berkegiatan, dan gak merasa semakin kepanasan.

Pakaian ketat dapat membuatmu semakin gerah dan mengakibatkan keringat keluar dengan sangat deras. Apalagi jika kegiatanmu banyak dilakukan di siang hari. Maka dari itu, pilihlah jenis pakaian yang bisa mengalirkan udara masuk ke tubuh, sehingga akan menyejukkan badan, dan mengurangi keluarnya keringat secara berlebihan.

4. Perhatikan pilihan warnanya 

5 Tips Berpakaian di Cuaca Panas, Agar Tetap Nyaman dan Sopanilustrasi pakaian berwarna putih (pexels.com/Anna Shvets)

Warna juga menjadi salah satu hal yang bisa kamu gunakan dalam berpakaian yang nyaman dan sopan di saat cuaca panas. Ketika, kamu harus beraktivitas di luar ruangan saat cuaca sedang panas-panasnya, sebaiknya pilihlah warna pakaian yang cerah. Hindarilah pakaian berwarna gelap seperti, hitam, ungu, biru dan sebagainya.

Pakaian berwarna gelap dapat menyerap panas, sehingga akan membuatmu kepanasan saat sedang beraktivitas di bawah sinar matahari. Warna-warna cerah bisa menjadi andalan untuk dikenakan saat cuaca sedang terik. Misalnya, memilih warna pakaian seperti pastel, putih, krem atau yang lainnya.

Warna-warna tersebut gak terlalu banyak menyerap sinar matahari ke dalam tubuh, sehingga kamu bisa nyaman berkegiatan, meski terpapar cahaya matahari di saat cuacanya pun sedang panas.

5. Menggunakan aksesori yang bisa melindungimu dari cuaca panas 

5 Tips Berpakaian di Cuaca Panas, Agar Tetap Nyaman dan Sopanilustrasi orang menggunakan kacamata hitam (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lengkapi gaya berpakaianmu di musim panas dengan aksesori pelindung sinar matahari. Selain akan membuatmu semakin tampil modis dan menarik, aksesori juga dapat memberikan kenyamanan untuk diri, saat sedang berkegiatan di bawah terik matahari.

Kamu bisa menggunakan kacamata berwarna hitam, supaya bisa melindungi mata dari cahaya matahari, serta dapat menciptakan pemandangan yang sejuk. Selain itu, penggunaan topi juga menarik dan mampu memberikan perlindungan kepada diri, ketika sedang beraktivitas di cuaca panas. Topi juga bisa melindungi wajah dari paparan langsung sinar matahari yang bisa merusak kesehatan kulit wajahmu.

Berkegiatan di cuaca panas, bukan lagi hal yang perlu kamu hindari, sebab ada beberapa cara yang tetap bisa melindungimu. Salah satunya yaitu, dengan cara berpakaian yang cocok untuk musim panas. Kelima cara berpakaian di atas, akan tetap membuatmu nyaman dan terlihat sopan.

Cuaca panas bukan alasan untuk gak beraktivitas. Sekarang, kamu gak takut lagi, kan jika harus berkegiatan di luar ruangan, saat cuaca sedang panas? Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan tabir surya, supaya kulitmu terlindungi dari sinar UV. Ketika, aktivitas pekerjaan atau lainnya di luar ruangan gak bisa lagi kamu hindari, maka menyiasatinya dengan menerapkan cara berpakaian yang tepat merupakan salah satu kunci untuk mengatasi.

Baca Juga: 5 Cara Berpakaian yang Mesti Dihindari Pria Gemuk, Perhatikan!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya