Comscore Tracker

5 Tips Jadi Pribadi Kuat Saat Semua Hal Berjalan Lambat

Jangan terhambat dengan hal-hal yang berjalan lambat

Sabar dan tetap semangat adalah hal yang perlu kamu lakukan dalam hidup ini. Terkadang, kehidupan bisa berjalan cepat dan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Namun, terkadang juga bisa berjalan sangat lambat, serta jauh dari harapan. Apa pun yang terjadi, tetaplah sabar dalam menjalani berbagai hal dalam hidup ini.

Mudah untuk diucapkan, tapi memang membutuhkan usaha untuk bisa menerapkannya dalam kehidupan. Ketika hidup ini berjalan sangat lambat, memang energi dapat terkuras, namun tetaplah kuat agar kamu mampu mendapatkan apa yang kamu inginkan selama ini. Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menjadi pribadi yang kuat.

1. Miliki niat yang kuat 

5 Tips Jadi Pribadi Kuat Saat Semua Hal Berjalan Lambatilustrasi orang merenung dan menguatkan niat dalam diri (pexels.com/Vlada Karpovich)

Segala hal dalam hidup ini, akan berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang positif, apabila kamu memiliki niat baik untuk bersungguh-sungguh melakukannya. Menjadi pribadi kuat, juga perlu niat yang kuat. Jangan pernah melakukan berbagai hal dengan setengah hati, karena hasilnya nanti pasti gak akan bisa memuaskan.

Percaya dan yakinkan diri, bahwa kamu adalah pribadi yang tabah dan kuat dalam menghadapi berbagai hal di hidup ini. Maka dari itu, lakukan segala hal dengan niat hati yang ikhlas, semakin kamu ikhlas, akan semakin kuat hatimu. Ketika niat dalam hati sudah kuat, maka segala sesuatu yang kamu lakukan, akan berjalan sesuai harapan.

2. Selalu optimis akan segala sesuatu 

5 Tips Jadi Pribadi Kuat Saat Semua Hal Berjalan Lambatilustrasi bersikap optimis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tindakan dan emosi negatif, biasanya bisa muncul akibat kebiasaan memelihara pikiran negatif. Pikiran tersebut dapat menimbulkan rasa gelisah dan memancing emosi negatif lainnya. Nah, agar hal tersebut gak sampai membuatmu bertindak dan berpikiran negatif terhadap sesuatu yang sedang terjadi, maka berusahalah untuk selalu optimis.

Kehidupan yang berjalan lambat memang kerap membuatmu menjadi mudah lelah dan rasanya seperti ingin menyerah. Namun, berusahalah tetap optimis dengan kenyataan yang kamu hadapi saat ini. Belajarlah menyikapi segala sesuatu secara lebih positif lagi, supaya kamu bisa semakin optimis dalam menghadapi kenyataan yang sedang terjadi. Cobalah untuk mengambil sisi positif dari setiap kejadian yang kamu alami.

Baca Juga: 6 Urusan Pribadi yang Tidak Perlu Diumbar, Biar Gak Diusik

3. Berteman dengan orang-orang yang positif 

5 Tips Jadi Pribadi Kuat Saat Semua Hal Berjalan Lambatilustrasi pertemanan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Dalam pertemanan, memang kamu gak boleh membedakan. Namun, jika kamu ingin membentuk kepribadian menjadi lebih kuat lagi, maka kamu perlu memilih lingkungan yang berisi orang-orang positif. Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan diri.

Bukan tanpa alasan, jika kamu bergaul dengan orang-orang yang pemarah, sering merasa iri dengan orang lain, selalu berbuat kasar, serta perilaku negatif lainnya, maka lama-lama kamu akan seperti orang-orang di sekitarmu. Maka dari itu, pilihlah lingkungan pertemanan yang baik dan berisi teman-teman yang positif, serta saling mendukung.

4. Hilangkan kesedihan dengan belajar mengambil pelajaran dari banyaknya kejadian 

5 Tips Jadi Pribadi Kuat Saat Semua Hal Berjalan Lambatilustrasi bersedih (pexels.com/Alena Darmel)

Saat kamu sedang mengalami kesedihan dalam hidupmu, sangat wajar jika kamu merasa tertekan dan hampir putus asa. Namun, untuk bisa menjadi lebih kuat, maka cobalah untuk menghilangkan kesedihanmu dengan belajar mengambil pelajaran dari banyaknya kejadian yang menimpamu.

Mendapatkan musibah, memang menyakitkan, tapi pilihlah untuk bangkit dan berani menghadapinya. Proses ini akan semakin menguatkan hatimu, cobalah ambil hikmah dari setiap kejadian yang menimpamu. Merasa sedih, kesal dan kecewa itu manusiawi, tapi tetaplah mengendalikan diri dengan baik, ya.

5. Mengelola rasa stres dan tertekan 

5 Tips Jadi Pribadi Kuat Saat Semua Hal Berjalan Lambatilustrasi orang merasa stres (pexels.com/Khwanchai Phanthong)

Tips berikutnya, agar kamu bisa menjadi pribadi yang kuat dan tahan banting menghadapi banyak cobaan yaitu, dengan belajar mengelola stres dan rasa tertekan terhadap peristiwa yang kurang menyenangkan. Ketika emosi diri sedang meledak, cobalah mengontrolnya dengan baik.

Untuk menghindari hal-hal yang gak diinginkan terjadi, kamu bisa menyiasatinya dengan menenangkan pikiran. Cobalah luangkan waktu untuk beristirahat, berolahraga ringan, berlibur dan hal-hal lainnya yang bisa membuatmu senang. Dengan begitu, pikiran juga bisa tenang. Ketika pikiran tenang, maka kamu akan lebih bisa mengelola emosi diri dengan lebih baik lagi. Tentu saja, hal ini dapat menguatkan dirimu di saat semua hal terasa lambat untuk dijalani.

Yakinlah bahwa segala hal yang terjadi, itu gak selalu berakhir buruk. Meski, saat ini kehidupan terasa lambat dan belum sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Tetaplah menjadi pribadi yang kuat menghadapinya. Terapkan kelima tips di atas, agar kamu gak terhambat dengan hal-hal yang sedang berjalan lambat.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Pribadi dengan Emotional Sponge, Punya Empati Tinggi!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya