Comscore Tracker

5 Tips Membangun Kedekatan dengan Orang Sekitar, biar Akrab!

Mampu menghargai dan mau membuka diri

Di mana pun kamu berada, lingkungan lama maupun baru, sebaiknya bangun dan menjalin hubungan yang sehat dan dekat. Orang-orang di sekitarmu berperan juga dalam proses pengembangan dirimu.

Oleh karena itu, belajarlah membangun kedekatan dengan orang sekitar. Tentu saja harus pandai juga dalam memilihnya, supaya kamu tidak salah pergaulan. Berikut beberapa tipsnya.

1. Jadilah pribadi yang selalu menghargai

5 Tips Membangun Kedekatan dengan Orang Sekitar, biar Akrab!ilustrasi bersikap saling menghormati dan menghargai (pexels.com/RODNAE Productions)

Sikap saling menghargai, perlu kamu tanamkan dalam diri. Sebab, ini menjadi modal yang bisa membuat orang lain senang denganmu. Saat sosokmu diterima, maka semakin mudah untuk menjalin kedekatannya.

Hargai siapa pun yang kamu temui. Tak perlu memandang perihal materi hingga status sosial. Kemampuanmu dalam menghargai orang lain, akan menambah pesona yang menjadikan orang lain semakin ingin dekat.

2. Cobalah untuk membuka diri

5 Tips Membangun Kedekatan dengan Orang Sekitar, biar Akrab!ilustrasi orang bercerita (pexels.com/Екатерина Мясоед)

Kedekatan dengan orang sekitar bisa terjadi saat dua orang atau lebih mau saling membuka diri. Tak perlu semua hal tentangmu diceritakan ke orang sekitar. Cukup yang umum saja terkait dirimu, seperti hobi, asal tempat tinggal, dan sebagainya.

Ketika, kamu mau membuka diri terlebih dulu, maka orang lain pun akan mengikuti. Dari proses inilah kedekatan mulai terbangun, dan satu sama lain mulai merasakan kenyamanan.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Kedekatan Emosional dengan Anak, Orangtua Wajib Coba

3. Hindari bersikap menyombongkan diri

5 Tips Membangun Kedekatan dengan Orang Sekitar, biar Akrab!ilustrasi bersikap sombong membuatmu sulit berbaur dengan orang lain (pexels.com/Darina Belonogova)

Kelebihan atau kemampuan yang kamu punya, memang sebaiknya ditunjukkan, agar dapat bermanfaat bagi diri dan orang sekitar. Memberi tahu tentang kelebihanmu juga bisa menjadi sarana, supaya orang tertarik. Akan tetapi, tidak dengan cara bersikap menyombongkan diri.

Cobalah tunjukkan keahlianmu dengan cara yang elegan dan rendah hati. Misalnya, saat teman sedang membutuhkan bantuan atas sesuatu yang kamu sudah menjadi ahlinya, maka langsunglah berikan tindakan nyata kepadanya.

4. Tidak canggung untuk membuka obrolan terlebih dulu

5 Tips Membangun Kedekatan dengan Orang Sekitar, biar Akrab!ilustrasi obrolan seru bersama teman baru (pexels.com/RODNAE Productions)

Ingin disenangi dan mudah menjalin kedekatan dengan orang lain? Sederhana saja, kamu harus menghilangkan rasa canggung untuk membuka topik obrolan terlebih dulu.

Tidak perlu malu dan ragu, jika kamu menggunakan cara yang baik dan sopan, pasti orang lain akan menanggapinya secara positif. Cobalah latih keberanian diri dalam hal ini, nantinya kamu akan terbiasa dan tanpa beban saat melakukannya.

5. Berikan pujian di tengah percakapan

5 Tips Membangun Kedekatan dengan Orang Sekitar, biar Akrab!ilustrasi orang sedang memuji temannya (pexels.com/Keira Burton)

Nah, supaya hubungan terasa semakin dekat, jangan lupa untuk memberikan pujian di tengah percakapan. Saat temanmu sedang berbicara tentang dirinya, kamu bisa menyelipkan kalimat-kalimat pujian untuknya.

Atau, kamu juga bisa memuji penampilannya yang keren tersebut. Banyak hal yang bisa dijadikan pujian tentang lawan bicara, temukan yang sesuai dengan kondisi saat itu, dan lakukan secara wajar, supaya tidak mengesankan berlebihan.

 

Bangunlah kedekatan dengan orang sekitar, sebab mereka dapat memberikan kebaikan padamu. Ciptakan hubungan sosial yang sehat, supaya kalian saling menyalurkan energi positif dan kebahagiaan.

Baca Juga: 7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelas

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya