Comscore Tracker

5 Tips Mengontrol Emosi agar Reaksimu Terkendali di Segala Situasi

Tarik napas, tenang dan hembuskan perlahan

Emosi merupakan hal yang ada di dalam diri manusia. Terdapat 2 jenis emosi yang bisa kamu rasakan, yaitu emosi positif dan negatif. Apabila emosi positif yang muncul, maka semuanya akan baik-baik saja. Namun, sebagai manusia yang memiliki perasaan, emosi negatif pun bisa saja timbul.

Lalu, bagaimana cara mengatasi emosi negatif, agar gak menimbulkan dampak buruk bagi diri dan orang lain? Belajarlah untuk mengontrol emosi diri, supaya reaksi yang muncul terkendali, apa pun jenis situasi dan kondisinya. Tarik napas dalam-dalam, tenangkan hati dan pikiran, lalu hembuskan secara perlahan. Berikut lima cara lainnya yang perlu kamu lakukan untuk mengontrol emosimu.

1. Membiasakan diri berolahraga setiap hari 

5 Tips Mengontrol Emosi agar Reaksimu Terkendali di Segala Situasiilustrasi berolahraga (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Cara pertama agar emosimu bisa stabil dan menimbulkan reaksi yang positif yaitu, dengan membiasakan diri berolahraga setiap hari. Kegiatan fisik dapat menyehatkanmu dari sisi badan, pikiran hingga mental. Maka, saat kamu memiliki kebiasaan berolahraga setiap harinya, secara bersamaan emosi dalam diri juga akan semakin terkontrol.

Ketika, emosimu terkontrol, maka segala reaksi yang kamu tunjukkan, apa pun situasi dan kondisinya, semuanya akan bisa terkendali dan baik-baik saja. Buatlah jadwal agar kamu bisa rutin berolahraga selama 15-20 menit per harinya. Olahraga jenis ringan juga baik, yang terpenting badanmu bergerak aktif dan mengeluarkan keringat. Misalnya, berjalan kaki mengelilingi taman, bersepeda, atau berlari-lari santai sambil menghirup udara segar di pagi hari.

2. Mendengarkan musik relaksasi sebelum tidur 

5 Tips Mengontrol Emosi agar Reaksimu Terkendali di Segala Situasiilustrasi orang sedang mendengarkan musik (pexels.com/Eren Li)

Musik juga menjadi salah satu sarana untuk menstabilkan emosi diri. Ketika, malam hari saat kamu akan tidur, luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan musik relaksasi. Selain mampu menenangkan pikiran, perasaanmu pun akan lebih damai. Sehingga, emosi dalam diri akan lebih terkontrol lagi.

Lepaskan segala beban pekerjaan sebelum kamu tidur, dengarkan musik relaksasi dan nikmatilah. Alunan musik yang menenangkan ini juga ampuh untuk mengurangi stres yang sedang kamu alami, di mana rasa stres adalah salah satu faktor yang kerap membuat emosi gak terkontrol.

Beristirahat sambil mendengarkan musik relaksasi, agar kegelisahan yang ada di hati, secara perlahan berkurang dan tidurmu pun menjadi lebih berkualitas, serta saat bangun di pagi harinya, badan, pikiran hingga perasaanmu akan lebih tenang. Ketenangan inilah yang membuat emosimu akan selalu terkendali dalam segala situasi yang sedang dihadapi.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Melepas Emosi Negatif yang Terpendam

3. Ambil jeda dari kegiatan dan lakukan perenungan

5 Tips Mengontrol Emosi agar Reaksimu Terkendali di Segala Situasiilustrasi merenung (pexels.com/Burst)

Kegiatan yang begitu banyak adalah suatu hal yang dapat membuat emosimu gak stabil. Maka, jangan paksakan diri untuk terus berkegiatan tanpa henti. Ambillah jeda waktu sejenak, agar dirimu bisa rileks dulu. Lalu, dalam jeda waktu tersebut, cobalah lakukan perenungan tentang apa yang sudah kamu alami sebelumnya.

Mengingat kembali tentang perilaku diri, juga bisa membantumu mengontrol emosi. Sebab, dalam proses tersebut, kamu akan mengevaluasi diri dan memperbaiki kesalahan yang sudah terlanjur terjadi, agar gak terulang kembali di masa depan nanti. Terkadang, seseorang kerap gak menyadari, jika ternyata ada perkataan maupun tindakannya yang bisa saja menyakiti perasaan orang lain.

Maka, proses perenungan memang perlu dilakukan, supaya kamu bisa lebih bijaksana dalam berperilaku. Dari kegiatan ini, emosimu akan lebih terkontrol lagi, karena kamu berusaha mengevaluasi dan memperbaiki semuanya.

4. Selalu mempertimbangkan segala dampaknya 

5 Tips Mengontrol Emosi agar Reaksimu Terkendali di Segala Situasiilustrasi berpikir sebelum berbicara (pexels.com/Edmond Dantès)

Cara mengontrol emosi berikutnya yaitu, membiasakan diri untuk mempertimbangkan dampak yang akan terjadi dari setiap emosi yang kamu rasakan. Ketika, kamu merasakan emosi seperti marah, kecewa, sedih, cobalah diam sejenak dan pertimbangkan efeknya, jika tindakanmu mengikuti emosimu.

Emosi negatif gak akan berdampak buruk, apabila kamu mampu mengontrolnya. Maka, diamlah dulu dan tenangkan dirimu. Kemudian, mulailah mempertimbangkan segala dampaknya. Ini akan membantumu untuk mencari akar permasalahan dan menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya. Dengan begitu, emosimu akan lebih terkontrol, sekalipun saat kamu sedang berada dalam situasi yang kurang menyenangkan hati.

5. Tahan diri untuk gak langsung mengomentari sesuatu 

5 Tips Mengontrol Emosi agar Reaksimu Terkendali di Segala Situasiilustrasi sedang mendengarkan (pexels.com/Jopwell)

Perkataan yang menyakitkan, terkadang bisa keluar dari mulutmu, itu karena ada emosi yang gak stabil. Maka, untuk mengontrol emosi diri, supaya reaksi yang kamu tunjukkan, entah melalui perkataan maupun tindakan, sebaiknya tahan dirimu untuk gak langsung mengomentari sesuatu yang berlawanan denganmu.

Terkadang, diam memang menjadi salah satu cara efektif dalam mengontrol emosi. Apabila ada seseorang yang memancing emosimu saat kalian sedang berbicara, lebih baik tahan diri untuk gak langsung memberikan reaksi. Sebab, saat kamu sedang dilanda rasa marah maupun kesal, atau emosi negatif lainnya, tanpa disadari perkataan yang keluar bisa menyakitkan hati orang lain.

Namun, jika kamu memilih untuk diam sejenak dan menenangkan diri, nanti perkataanmu akan lebih tertata dan mampu memilih kalimat yang gak terkesan menyerang orang.

Emosi adalah hal yang alami dirasakan oleh manusia terhadap situasi dan kondisi yang sedang dihadapinya. Maka, untuk mengontrol emosi diri, agar reaksi yang kamu tunjukkan tetap dalam kendali, cobalah lakukan kelima tips di atas tadi. Emosi yang terkontrol bisa menjadikanmu pribadi yang lebih positif. Itulah sebabnya, penting untuk menjaga segala reaksi dari setiap emosi yang sedang dirasakan.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Merasa Emosi, Jangan Temperamen!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya