Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Merasa Emosi, Jangan Temperamen!

Emosi sesaat bisa menimbulkan dampak yang kurang baik

Merasa marah merupakan salah satu hal alami yang dimiliki oleh manusia. Namun, hal yang membedakan adalah bagaimana seseorang merespons amarahnya, entah dengan cara yang bijak atau justru sebaliknya. Amarah yang tak terkendali bisa mendatangkan bumerang yang berdampak kurang baik bagi orang tersebut.

Nyatanya kadang kala tak mudah untuk melawan amarah tersebut, apalagi jika sampai bisa mengatasinya dengan baik. Untuk mengatasi agar tak sampai terjatuh dalam jurang emosi secara berlebihan, kamu dapat menyiasatinya dengan beberapa hal yang berikut ini.

1. Mengendalikan diri

Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Merasa Emosi, Jangan Temperamen!ilustrasi berpikir (unsplash.com/@anthonytran)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengendalikan diri sebaik mungkin. Terkadang cukup sulit bagi orang-orang untuk mengendalikan diri, apalagi jika sudah berada dalam puncak emosi. Namun, hal ini sebetulnya dapat dilatih secara perlahan.

Jika kamu terbiasa dalam mengendalikan diri ketika emosi, kamu pun jadi tak mudah melakukan hal-hal yang kurang baik. Tentu ini menjadi satu hal yang perlu diingat dengan cermat sehingga kamu dapat membiasakannya dalam aktivitas sehari-hari.

2. Cari waktu sendiri terlebih dahulu

Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Merasa Emosi, Jangan Temperamen!ilustrasi berpikir (unsplash.com/@chalis007)

Berada dalam satu tempat yang menjadi sumber dari amarahmu tentu tidak akan memberikan dampak baik. Kamu justru hanya akan merasa semakin tak nyaman serta bisa hilang kontrol dalam mengendalikan emosimu. Inilah mengapa kamu juga harus bijak dalam mengambil sikap.

Berusahalah untuk langsung mencari waktu sendiri terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan berpindah tempat sehingga kamu bisa menenangkan diri dari emosi. Dengan demikian, kamu jadi mampu dalam berpikir secara jernih.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Marah-marah saat Orang Lain Merendahkanmu

3. Mengalihkan pikiran pada hal lain

Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Merasa Emosi, Jangan Temperamen!ilustrasi berpikir (unsplash.com/@chne_)

Kadang kala memang sangat sulit dalam meredam emosi yang dimiliki, apalagi jika amarah mulai terasa memuncak. Inilah mengapa kamu perlu cerdik dan tiak terbawa suasana. Salah satunya dengan berusaha mengalihkan fokus dan pikiran pada hal lain yang lebih baik.

Cara ini jelas akan membantumu untuk menetralkan pikiran sehingga tak suntuk pada sumber amarahmu saja. Dengan mengalihkan pikiran, emosi yang dirasakan akan sedikit demi sedikit turut mereda.

4. Mencuci muka agar tampak lebih segar

Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Merasa Emosi, Jangan Temperamen!ilustrasi mencuci muka (unsplash.com/@tadekl)

Sebetulnya ada banyak cara dalam menetralkan pikiran ketika mulai merasa kesal. Salah satunya adalah dengan beranjak sejenak untuk mencuci muka agar tampak lebih segar. Terkadang hal sepele seperti ini bisa membantumu menurunkan rasa emosi.

Membiasakan hal semacam ini jelas dapat memberikan banyak hal baik ke depannya. Dengan demikian, tentunya menahan emosi dan mengendalikan diri pun jadi tak terasa sulit lagi bila dilakukan dengan cara yang tepat.

5. Mulailah berpikir secara jernih

Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Merasa Emosi, Jangan Temperamen!ilustrasi berpikir (unsplash.com/@umit)

Ketika kamu sudah memilih cara dalam menurunkan amarahmu, di situlah kamu mulai bisa berpikir jernih. Hal ini terjadi karena rasanya sangat sulit untuk berpikir jernih apabila posisimu masih dilingkupi oleh rasa emosi yang mendalam.

Melalui pemikiran yang lebih segar dan rileks, kamu pun jadi dapat berpikir dengan baik. Hal tersebut tentu akan membuatmu mampu menemukan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah yang mungkin dimiliki.

 

Memang tak mudah dalam mengendalikan emosi diri, apalagi ketika amarah sedang memuncak. Namun, tentunya tidak ada yang tak mungkin apabila ada keinginan kuat dari dalam diri. Jangan menuruti emosi dan amarah sesaat, ya!

Baca Juga: 5 Alasan untuk Gak Langsung Memberi Respon saat Masih Sangat Emosi

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya