Comscore Tracker

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimu

"I love the person I am becoming"

Afirmasi adalah salah satu penguatan yang biasanya dilakukan untuk membentuk atau mempertahankan perilaku tertentu dalam modifikasi perilaku manusia. Afirmasi dapat berupa kata-kata penguat yang akan menaikkan tingkat kepercayaan diri dan self-esteem seseorang. Meski sekadar kata, namun dampaknya akan nyata jika dilakukan secara konsisten.

Afirmasi positif yang kamu tujukan untuk dirimu juga bisa jadi meditasi dan salah satu cara untuk lebih mencintai diri, lho. Katakan ini tiap hari pada dirimu sebagai pengingat, bahwa apa pun yang kamu lakukan dan kesulitan yang kamu hadapi saat ini bukanlah hal yang berarti karena kamu percaya itu dapat terlewati.

1. "I stop to apologizing for being me."

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimuunsplash/Denis Oliveira

Kamu sempurna seperti apa adanya dirimu dan banggalah dengan hal itu. Kamu tidak perlu selalu sama menjadi orang lain atau apa yang mereka lakukan. Jangan malu untuk menjadi dirimu apa adanya. Hal terpenting yang dapat kamu lakukan adalah mengubah dirimu untuk lebih baik dari sebelumnya.

2. "I release negative self talk."

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimuunsplash/ Kelly Sikkema

Mulai hari ini, bebaskan dirimu dari percakapan yang negatif. Berhenti merutuki dirimu hanya karena merasa belum cukup benar melakukan sesuatu. Berbicaralah lembut seperti kamu berbicara pada orang yang kamu cinta. Kalau kamu masih merasa buruk terhadap dirimu, hentikan itu sekarang dan ubahlah mindset dengan kata-kata positif.

3. "I love the person I am becoming."

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimuunsplash/Anthony Tran

Tidak setiap orang berani menjadi dirinya, maka mulai cintai apa yang kamu lakukan saat ini. Kata-kata seperti ini akan membantu kamu untuk bertumbuh dan bekerja secara lebih efisien lagi tiap hari. Afirmasi ini cocok untuk mengembangkan dirimu secara personal. 

4. "I believe in my self and my ability."

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimuunsplash/ Vitaly Taranov

Pola pikir yang kamu biasakan sangat berpengaruh akan menjadi seperti apa kamu nanti. Percaya pada dirimu dan kemampuan yang kamu miliki, itu adalah satu-satunya cara saat segala hal terasa begitu sulit. Jangan mudah membatasi dirimu, ketika kamu tahu apa yang kamu perjuangkan segalanya akan terasa lebih mudah dilalui.

Baca Juga: Apa Kamu Sudah Mencintai Dirimu Sendiri?

5. "I deserve all good things"

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimuunsplash/Kyle Wong

Kamu berhak untuk melakukan apa yang membuatmu senang, kamu berhak dicintai, dan mendapatkan hal-hal yang baik setiap harinya. Kamu tidak perlu meminta izin apalagi meminta maaf kala harus melakukan nilai-nilai yang kamu pegang.

6. "I accept my self unconditionally."

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimuunsplash/ Joanna Nix

Tidak setiap orang mau mengenali setiap kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Sehingga penting dalam hal ini buat kamu tahu dan menerima hal baik dan buruk yang ada dalam diri. Ketika kamu menerima dirimu, kamu tidak hanya menyukai kelebihan namun juga menerima ketidaksempurnaan yang ada.

7. "I acknowledge my own self-worth."

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimuunsplash/ Austin Distel

Tidak mudah untuk selalu mempertahankan nilai atau prinsip yang kamu anut dalam kehidupan sosial. Kalau kamu berani melakukannya, tidak ada seorang pun yang dapat mengarahkan nilai yang kamu pegang. Sebaliknya, ketika kamu mulai membiarkan orang mendikte apa yang seharusnya kamu lakukan, kamu akan kehilangan kekuatan yang kamu punya. 

8. "I am enough."

8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimuunsplash/ Allie Smith

Katakan bahwa kamu saja sudah cukup. Ketika setiap hal di luar dirimu meminta untuk diperhatikan, saatnya kamu mulai menyadari kalau saat itu kamu yang sebenarnya butuh diperhatikan. Afirmasi seperti "I am enough" akan menaikkan tingkat percaya diri. Kamu cerdas dan kuat, kamu saja sudah cukup. 

Sudah siap untuk lebih mencintai dirimu mulai hari ini?

Baca Juga: Resapi 20 Kalimat Ini untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Elfida

Just For You