Comscore Tracker

Apa Itu Breast Prosthesis? Ini 5 Manfaat bagi Breast Cancer Survivor

Kepercayaan diri jadi makin bertambah

Surabaya, Breast Cancer Awareness Campaign 2019 kembali diadakan untuk yang keempat kalinya di Atrium Tunjungan Plaza 6 pada Jumat (11/10). Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati bulan kepedulian kanker payudara internasional. Beberapa event dihadirkan dengan tujuan untuk edukasi dan sebagai bentuk kepedulian terhadap penyintas kanker payudara.

Berlangsung mulai dari tanggal 11-13 Oktober 2019, ada event menarik seperti konsultasi gratis, talkshow dengan dokter ahli, serta acara fashion show dari beberapa desainer. Acara juga menghadirkan Virgie Keen selaku perwakilan dari Can-Care Indonesia yang menjelaskan tentang pentingnya prostesis payudara. Apa itu prostesis payudara dan apa manfaat bagi penyintas kanker payudara?

1. Breast prosthesis merupakan silikon pengganti payudara yang digunakan bagi pasien kanker setelah melakukan mastektomi

Apa Itu Breast Prosthesis? Ini 5 Manfaat bagi Breast Cancer SurvivorIDN Times/Fajar Laksmita

Acara menghadirkan Virgie Keen yang merupakan perwakilan dari Can-Care Indonesia. Virgie memaparkan beberapa hal mengenai prostesis payudara dan manfaatnya bagi para penyintas kanker payudara. 

Ada tahapan yang harus dilalui dalam kanker payudara seperti misalnya kemoterapi atau radiasi. Namun ada efek samping seperti bibir kering, alis rontok, kuku patah, dan kelelahan. Sampai pada lumpektomi dan mastektomi yang harus mengangkat payudara.

"Untuk penyintas kanker setelah mastektomi dan menolak bedah plastik karena alasan tertentu, bisa memakai silikon. Breast prosthesis merupakan silikon pengganti payudara yang digunakan bagi pasien kanker setelah melakukan mastektomi," terang Virgie.

2. Mengapa prostesis payudara penting bagi penyintas kanker payudara?

Apa Itu Breast Prosthesis? Ini 5 Manfaat bagi Breast Cancer SurvivorIDN Times/Fajar Laksmita

Pada mastektomi umum akan dilakukan pengangkatan pada seluruh payudara yang terdiri dari pengangkatan kelenjar getah bening aksila, supraclavicular dan mammary internal, serta pengangkatan otot dinding dada di bagian bawah payudara. Sedangkan lumpektomi merupakan pengangkatan sederhana yang terdiri dari pengangkatan tumor, mencapai margin yang jelas, dan dikombinasikan dengan radiasi.

Setelah melakukan lumpektomi atau mastektomi, pasti akan terjadi perubahan pada bentuk tubuh. Tubuh harus menyesuaikan dengan massa tubuh yang berbeda dari sebelumnya dan bisa mengakibatkan perubahan fisik seperti daerah bahu akan menurun. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan massa tubuh tersebut, yaitu dengan rekonstruksi bedah plastik atau kedua dengan silikon.

"Jadi pada intinya, prostesis payudara dari silikon tersebut dapat mencegah perubahan bentuk tubuh dan membantu tubuh menyesuaikan diri tanpa bedah plastik. Penggunaannya bisa langsung pasang atau tempel, baik itu yang harus dimasukkan bra atau langsung," tambah Virgie.

3. Bahan prostesis payudara terdiri dari silikon yang aman dan memang digunakan untuk eksternal, produknya dari American Breast Care

Apa Itu Breast Prosthesis? Ini 5 Manfaat bagi Breast Cancer SurvivorIDN Times/Fajar Laksmita

Ada beberapa manfaat dari pemakaian prostesis payudara bagi penyintas kanker payudara yaitu untuk mengembalikan keseimbangan postur tubuh, menghilangkan bahu kaku dan nyeri punggung, Perfect Fit Gives Comfort, membangun kembali kepercayaan diri dan harga diri, dan kualitas hidup yang mendukung gaya hidup aktif.

"Silikon yang ditempel bisa tahan 6-8 jam. Pada awal penggunaan bisa bertahap terlebih dahulu untuk menyesuaikan mulai dari 2 jam, 4 jam, lalu 5 jam. Silikon ini aman dan pembuatannya bisa custom mulai dari size 1-14. Bentuk payudara juga macam-macam seperti menyerupai apel, pepaya, dan lain-lain," terang Virgie.

Baca Juga: 9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannya

4. Untuk perawatannya silikon tidak boleh terkena panas atau benda tajam agar tahan lama

Apa Itu Breast Prosthesis? Ini 5 Manfaat bagi Breast Cancer SurvivorIDN Times/Fajar Laksmita

Perawatan silikon cukup mudah yaitu dengan cara dicuci biasa dengan digosok dengan sabun atau sampo bayi lalu dikeringkan dengan tisu. Namun ada beberapa yang perlu diperhatikan seperti tidak boleh terkena panas atau benda tajam jika silikon ingin tetap awet. 

"Ada sensasi pijatan yang dapat meringankan nyeri pada silikon. Lalu ada beberapa silikon khusus seperti misalnya untuk dikenakan di acara pesta. Perawatannya sendiri cukup mudah yaitu dicuci dan digosok dengan sabun atau sampo bayi lalu dikeringkan dengan tisu, serta tidak boleh terkena panas serta benda tajam, tambah Virgie"

5. Acara juga bekerja sama dengan RS Onkologi dan RSS (Reach to Recovery Surabaya Support Group ) yang menawarkan check up serta konsultasi gratis

Apa Itu Breast Prosthesis? Ini 5 Manfaat bagi Breast Cancer SurvivorIDN Times/Fajar Laksmita

Selain talkshow dan fashion show, acara juga bekerja sama dengan RS Onkologi dan didukung oleh RSS (Reach to Recovery Surabaya Support Group). Event ini menawarkan check up dan konsultasi gratis mulai pukul 10.00-22.00 WIB pada tanggal 11-13 Oktober 2019. 

Kanker tidak memandang jenis kelamin, usia, atau golongan apa pun. Mari sama-sama mencegah dengan cek rutin selama 6 bulan sekali. Terlebih bagi kamu yang sudah berusia 21 tahun ke atas. Acara ini juga menghadirkan stand untuk konsultasi dari RS Onkologi dan beberapa ahli tentang kanker payudara. 

Baca Juga: Ini 8 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You