Comscore Tracker

5 Jenis Dusty Miller, Tanaman Putri Salju yang Makin Diburu

#IDNTimesLife Ada favorit kamu? 

Memiliki warna daun silver bak salju menyelimuti, diikuti tepi yang bergelombang, membuat tanaman dusty miller makin digemari. Tanaman dari dataran Mediteranian ini, bisa dijadikan hiasan untuk dekorasi ruangan, properti photoshoot, hingga tanaman gantung. 

Apabila kamu sedang mencari jenis dusty miller yang cocok untuk ditaruh di rumah, kami akan berikan beberapa jenis yang paling populer. Yuk, simak satu per satu di bawah ini!

1. Dusty miller 'cirrus'

5 Jenis Dusty Miller, Tanaman Putri Salju yang Makin Diburupremiergrowersinc.com

Dusty miller cirrus merupakan salah satu alternatif menawan dari tanaman yang juga disebut sebagai bunga putri salju ini. Bentuknya cukup unik dibandingkan bunga putri salju lain karena terlihat oval menyerupai sayur bayam.

Warnanya mendekati silver dengan kombinasi gradasi hijau. Keunggulan jenis ini adalah dapat bertahan terhadap segala kondisi cuaca. Dusty miller cirrus menghasilkan warna kontras yang ciamik jika kamu taruh di tempat dengan cahaya cukup seperti jendela.

2. Dusty miller 'silver dust'

5 Jenis Dusty Miller, Tanaman Putri Salju yang Makin Diburuparkswholesaleplants.com

Dusty miller jenis silver dust populer sebagai tanaman yang biasa ditaruh sebagai hiasan taman. Daunnya berbentuk seperti sayur kale dengan warna silver kombinasi hijau. Jenis silver dust lebih mudah berbunga dengan warna bunga kuning. 

Memiliki nama ilmiah sebagai Senecio cineraria, silver dust mampu tumbuh hingga tinggi dan lebarnya mencapai 10 inci. Silver dust jenis ini membutuhkan sinar matahari penuh. Jadi, kamu bisa menaruhnya di teras untuk mendapatkan cahaya sepanjang hari. 

3. Dusty miller 'new look'

5 Jenis Dusty Miller, Tanaman Putri Salju yang Makin Diburugeorgeweigel.net

Varietas daun new look lebih besar daripada jenis silverdust. New look juga lebih produktif pertumbuhan daunnya dengan karakter berbentuk tebal dan berwarna silver. Semakin tanaman ini rajin dipangkas, maka pertumbuhannya akan semakin cepat pula.

New look mampu tumbuh dengan tinggi 12-18 inci. Ia juga membutuhkan 90-120 hari agar tumbuh kokoh. Pastikan kamu menyiramnya sampai akar. Kamu bisa meletakkannya di deretan tanaman seperti lavender atau mawar dan tanaman lain yang punya bau harum. 

Baca Juga: Ide Koleksi Tanaman ala Tantri Namirah, Tradescantia sampai Kalanchoe

4. Dusty miller 'silver lace'

5 Jenis Dusty Miller, Tanaman Putri Salju yang Makin Diburuamazon.com

Silver lace memiliki bentuk daun menyerupai tanaman suplir dengan tepinya yang bergerigi. Sayangnya, dusty miller jenis ini punya tingkat pertumbuhan yang tergolong lambat.

Dikenal sebagai nama lain beach wormwood dan mughwort, silver lace akan tumbuh dengan baik di awal musim semi. Sama seperti dusty miller lain, tumbuhan ini sangat cocok kamu jadikan tanaman hias di taman. 

5. Dusty miller 'silver filigree'

5 Jenis Dusty Miller, Tanaman Putri Salju yang Makin Diburuhomestratosphere.com

Silver filigree juga dikenal sebagai silver cascade. Varietas silver filigree dapat tumbuh hingga 4 -8 inci dengan penyiraman air yang cukup. Sama seperti dusty miller lain, ia membutuhkan cahaya matahari penuh untuk bertahan. 

Kamu bisa meletakkan silver filigree sebagai tanaman hias untuk digantung atau diletakkan secara landscape. Silver filigree tampak menawan ketika bersemi dengan daun mungil bergerombol. Jika ingin menanam sendiri, kamu bisa memulainya di bulan April atau Oktober. 

Itu tadi beberapa jenis tanaman dusty miller atau putri salju. Warnanya yang memesona seperti es, membuatnya tampak berbeda. Selain untuk taman atau dekorasi dalam ruang, bisa kamu taruh sebagai properti dekor atau pun pelengkap buket bunga lho!

Baca Juga: Banyak Diburu, Ini Tanaman Hias Indoor Terbaik Tahun 2020

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya