Comscore Tracker

Mirip Orang Jepang, 6 Perubahan Saat Terapkan Gaya Hidup Minimalis

Mau coba?

Gaya hidup minimalis adalah salah satu cara untuk membersihkan barang-barang yang tidak diperlukan di sekitar. Gaya hidup ini menggeser paradigma manusia yang secara sosial membutuhkan penghargaan pada diri dan mewujudkannya dalam bentuk gaya hidup konsumtif baik itu pada pakaian, makanan, barang, maupun distraksi dari orang lain.

Salah satu ciri yang paling melekat pada gaya hidup minimalis adalah mereka berani membuang apa saja yang tidak dibutuhkan dan hanya fokus pada apa yang diperlukan. Perlu niat dan keseriusan saat menerapkan gaya hidup ini, namun ketika sudah diterapkan orang akan mendapatkan manfaat yang besar seperti di bawah ini. 

1. Punya hunian yang lebih luas dan bersih

Mirip Orang Jepang, 6 Perubahan Saat Terapkan Gaya Hidup MinimalisUnsplash/Daniil Silantev

Untuk mereka yang memilih gaya hidup minimalis dan menekuninya sehingga jadi kebiasaan hidup, tempat yang dihuni secara otomatis akan lebih bersih. Setiap ruangan pada rumah terlebih kamar akan tampak lebih luas dari biasanya. Jika barang-barang yang sudah tidak digunakan dibuang atau dijual, maka itu akan memangkas waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk membersihkannya secara rutin. 

2. Menjadi pribadi yang lebih bebas

Mirip Orang Jepang, 6 Perubahan Saat Terapkan Gaya Hidup Minimalisunsplash.com/ Brooke Cagle

Dengan membiasakan gaya hidup minimalis orang akan mengurangi kerancuan pikiran, jiwanya semakin bebas, dan lebih fokus melakukan hal-hal yang membuatnya senang. Untuk menerapkan gaya hidup ini, mereka perlu mengeliminasi beberapa hal yang tidak signifikan untuk kelangsungan hidup; termasuk juga orang-orang yang memberi pengaruh negatif. 

Mengerti apa saja yang penting dan diinginakan sepanjang hidup akan mempermudah seseorang untuk lebih memahami satu hal. Mereka penganut gaya hidup minimalis akan lebih terhindar dari stres karena memilih membebaskan diri dari materi atau hal-hal yang gak bertahan lama.

3. Bisa memfokuskan diri pada hobi

Mirip Orang Jepang, 6 Perubahan Saat Terapkan Gaya Hidup MinimalisUnsplash/rawpixel

Mereka yang memilih gaya hidup minimalis tahu akan apa saja yang diperlukan untuk dirinya; punya kebiasaan untuk lebih perhatian terhadap diri sehingga juga menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga dan pola makan yang benar. Selain itu, penganut gaya hidup minimalis jadi punya lebih banyak memiliki waktu untuk menyalurkan hobi. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalis

4. Bantu memprioritaskan urusan keuangan

Mirip Orang Jepang, 6 Perubahan Saat Terapkan Gaya Hidup MinimalisUnsplash/rawpixel

Ketika seseorang secara serius memilih gaya hidup minimalis, ada beberapa hal yang sangat menguntungkan jika dikaitkan dengan kondisi keuangan. Pertama, barang-barang yang sudah tidak terpakai bisa dijual kembali dan secara otomatis akan ada pemasukan dari itu.

Kedua, orang jadi belajar untuk mengeluarkan uangnya secara lebih bijak pada hal-hal yang benar-benar dibutuhkan. Jadi, ini akan membantu untuk menyisihkan dana sebagai tabungan. Sehingga tujuan yang lebih penting dalam hidup juga semakin cepat terealisasikan. 

5. Memberi ruang untuk lebih produktif, orang jadi punya lebih banyak waktu longgar

Mirip Orang Jepang, 6 Perubahan Saat Terapkan Gaya Hidup MinimalisUnsplash/Glenn Carstens-Peters

Memilih gaya hidup minimalis berarti juga mengurangi tingkat konsumerisme yang sebelumnya biasa dilakukan. Waktu yang diperlukan untuk sekadar memilih dan membeli barang sudah diganti dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat sekaligus juga produktif. Gaya hidup minimalis membuat seseorang lebih menghargai waktu, tenaga, dan materi untuk hal-hal yang lebih menguntungkan seperti misalnya mendapat lebih banyak waktu untuk bekerja. 

6. Tubuh jadi semakin sehat baik pikiran maupun secara fisik

Mirip Orang Jepang, 6 Perubahan Saat Terapkan Gaya Hidup MinimalisUnsplash/Toa Heftiba

Saat tertuju pada segala sesuatu yang berbentuk material, orang dapat menciptakan stresnya sendiri karena akan dipenuhi dengan katakutan akan kehilangan. Punya gaya hidup yang serba minimalis tentu akan membersihkan pikiran dari ketergantungan pada barang-barang. Sederhananya, semakin sedikit apa yang dimiliki semakin damai pikiran.

Begitupun ketika hal itu menyangkut apa yang dikonsumsi. Memilih makanan yang benar-benar dibutuhkan tubuh akan membuat metabolisme tubuh jadi kuat. Sehingga secara fisik itu juga akan berpengaruh pada kesehatan raga. Kedua hal ini akan membuat seseorang lebih berkonsentrasi untuk fokus pada prioritas dan menikmati apa yang dilakukan dengan lebih bahagia.

Jika orang bisa serius memilih gaya hidup minimalis dan telah menjadi kebiasaan, ini akan membantu mereka melihat dengan jelas apa yang sebenarnya dibutuhkan dalam hidup.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Berikut Ini Saat Kamu Memutuskan Bergaya Hidup Minimalis

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya