Comscore Tracker

5 Cara Bijak Mengelola Waktu, Jangan Sampai Terbuang Sia-sia! 

Atur waktumu sebaik mungkin 

Waktu merupakan komponen penting dalam hidup. Semua aktivitas sehari-hari pasti berkaitan erat dengan waktu yang kita jalani. Ada banyak hal yang jika hilang dapat diganti atau diperoleh kembali, seperti barang-barang yang bersifat materi , uang berlimpah , mobil mewah, tanah yang luas, bahkan ilmu pengetahuan sekalipun.

Berbeda dengan waktu. Jika waktu hilang, maka akan hilang selamanya dan tak akan pernah kembali lagi. Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Seiring berjalannya waktu, tubuh ini akan mulai rapuh dan menua dimakan usia.

Mengelola waktu dengan baik sangat diperlukan supaya kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dan mewujudkan impianmu. Dengan demikian, kamu tidak akan menyesal di masa depan. Berikut lima cara bijak mengelola waktu!

1. Hargai waktumu

5 Cara Bijak Mengelola Waktu, Jangan Sampai Terbuang Sia-sia! ilustrasi orang sedang memegang jarum jam(pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Langkah pertama dalam pengelolaan waktu adalah menghargai waktu itu sendiri. Banyak orang di luar sana tampaknya kurang menyadari betapa berharganya waktu ini. Pada akhirnya, mereka lalai dan terperdaya oleh sang waktu yang terus berputar dan berakhir dengan penyesalan.

Bagi para pekerja keras, waktu adalah uang. Setiap detiknya mereka gunakan sebaik-baiknya untuk mendapatkan penghasilan. Bagi para penuntut ilmu, waktu itu sendiri adalah ilmu, setiap waktu yg ada mereka gunakan dengan sebaik-baiknya. Kamu harus lebih menghargai waktu dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang bermanfaat, jangan sampai waktumu terbuang sia-sia karena itu akan merugikanmu.

2. Jangan suka menunda pekerjaan

5 Cara Bijak Mengelola Waktu, Jangan Sampai Terbuang Sia-sia! ilustrasi pria kelelahan dengan tugas yang menumpuk (pexels.com/Monstera)

Salah satu pekerjaan yang dapat merugikanmu ialah suka menunda-nunda sesuatu. Sebenarnya waktu yang kamu miliki terbatas, sedangkan tugas-tugas akan senantiasa bertambah. Kebiasaan menunda serta mengabaikan kesempatan yang menghampiri, pada akhirnya membuatmu terjebak dalam sikap terburu-buru.

Waktu akan terus berjalan dan tidak akan pernah bisa diulang kembali. Ketika kamu masih diberi kesempatan kala itu, maka kerjakanlah sebelum pekerjaan itu menumpuk dan akhirnya menjadikanmu malas untuk mengerjakannya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Menyalahgunakan Masa Muda, Semua Sia-sia!

3. Membuat jadwal kegiatan 

5 Cara Bijak Mengelola Waktu, Jangan Sampai Terbuang Sia-sia! ilustrasi membuat jadwal kegiatan (pexels.com/cottonbro studio)

Kamu harus bisa membangun kebiasaan agar selalu fokus dengan alokasi waktu yang telah ditetapkan. Salah satu cara terbaik agar kamu lebih efektif dalam satu hari adalah dengan membuat daftar kegiatan atau pekerjaan sesuai dengan alokasi waktu yang ada.

Dalam mengelola waktu, kamu akan menerima segala konsekuensi dari setiap pekerjaan yang berhasil diselesaikan atau tidak sesuai dengan jadwal. Ketidakmampuan dalam mengelola kegiatan atau tugas dengan baik dapat membuatmu bingung, pusing ,keteteran bahkan stres.

4. Hindari hal-hal yang dapat mendistrakmu 

5 Cara Bijak Mengelola Waktu, Jangan Sampai Terbuang Sia-sia! ilustrasi pria sedang bermain gawai (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika kamu menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, kamu tidak akan mempunyai waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. Sangatlah sia-sia bila kamu menyalurkannya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, salah satunya ialah bermain game.

Gangguan lainnya adalah kebiasaan kamu menggunakan gawai yang terhubung dengan internet. Internet memang menyita hampir keseluruhan waktumu, Dengan berselancar di media sosial dan dunia maya, kamu dapat menghabiskan waktu berjam-jam. Tentu saja itu bukanlah cara yang produktif dalam pengelolaan waktu.

5. Mulailah bergerak dari sekarang 

5 Cara Bijak Mengelola Waktu, Jangan Sampai Terbuang Sia-sia! ilustrasi orang sedang melangkahkan kaki (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Di antara semua poin yang ada, inilah poin yang paling penting. Percuma saja kamu mengetahui ribuan cara untuk mengelola waktu dengan baik, tapi tidak ada satupun rencana yang kamu jalankan. Maka, semua itu akan sia-sia dan tidak bernilai apapun. Mulailah dari langkah-langkah kecil yang bisa mengantarkan perubahan besar dalam hidup.

Jika kamu ingin meraih kesuksesan hidup, kamu harus mampu mengelola waktu dengan baik. Kualitas hidup dan kesuksesan kamu memang ditentukan oleh banyak faktor. Namun, pengelolaan waktu adalah faktor penting dalam menentukan kesuksesan. 

Waktu adalah hadiah terindah yang diberikan oleh Tuhan secara cuma-cuma. Kamu harus menggunakan waktu sepenuhnya untuk investasi masa depan. Jika kamu tidak menggunakan waktu dengan maksimal, sisa waktumu akan diambil kembali oleh Tuhan. Nah, sudah tau kan apa yang harus kamu lakukan?

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu dengan Mudah, Gak Terbuang Sia-Sia

Faqih Firdaus Photo Verified Writer Faqih Firdaus

Ikatlah ilmu dengan tulisan, menulis untuk keabadian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya