Comscore Tracker

6 Langkah yang Bisa Membantu Jernihkan Pikiranmu, Biar Gak Sumpek!

Ucapkan selamat tinggal pada jenuh dan stres

Menuntut untuk hidup selalu sesuai dengan ekspektasi kita adalah sesuatu yang mustahil, ya. Kita gak bisa mencegah masalah mendadak yang bikin pikiran kita terasa keruh. Meski demikian, kita harus tetap menyelesaikannya.

Agar bisa kembali produktif seperti sebelumnya, kita harus kembali menjernihkan pikiran terlebih dahulu. Enam langkah di bawah ini bisa membantumu menyingkirkan pikiran keruh tersebut. Mari disimak satu-persatu!

1. Mulai berhenti mengikuti akun yang kurang berkontribusi, terlebih lagi yang toxic

6 Langkah yang Bisa Membantu Jernihkan Pikiranmu, Biar Gak Sumpek!ilustrasi mengelola akun yang diikuti (pexels.com/Ahmed Aqtai)

Media sosial menjadi sebuah wadah raksasa yang menyediakan berbagai konten yang bisa kamu nikmati. Saking banyaknya konten yang ada bisa bikin pikiranmu kewalahan. Entah oleh informasi yang membombardir, drama selebriti hingga konten hiburan yang terlalu candu.

Agar pikiranmu bisa lebih jernih, menjadi sebuah langkah bijak jika kamu memutuskan untuk berhenti mengikuti akun-akun yang kurang memberi kontribusi bagi kamu. Terlebih lagi yang punya efek negatif.

Kamu punya kendali untuk menentukan konten seperti apa yang ingin dikonsumsi. Jadi, jangan sampai terbalik, ya. Malah kamu yang dikendalikan oleh konten-konten di internet.

2. Lebih selektif dalam menentukan lingkaran sosial

6 Langkah yang Bisa Membantu Jernihkan Pikiranmu, Biar Gak Sumpek!ilustrasi lingkaran sosial (pexels.com/THIS IS ZUN)

Membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain adalah sebuah keharusan. Namun, kamu harus lebih selektif dalam menentukan siapa saja yang masuk dalam lingkaran terdekatmu.

Bagaimanapun orang-orang tersebut akan banyak memengaruhi hidupmu. Mereka yang akan memberi nasihat saat kamu keliru hingga memberi bantuan di momen sulit.

Jangan sampai sembarangan memasukan orang yang gak cocok, apalagi kurang baik, ke dalam lingkaran sosialmu, ya. Bijaklah dengan selektif memilih sirkel kecilmu. Hal tersebut akan membantumu menjernihkan pikiran. 

3. Berusaha untuk lebih hidup dalam momen saat ini

6 Langkah yang Bisa Membantu Jernihkan Pikiranmu, Biar Gak Sumpek!ilustrasi menikmati momen saat ini (pexels.com/Andrea Piacuadio)

Masih terbelenggu masa lalu atau terlalu khawatir akan masa depan hanya akan menyiksa dirimu sendiri. Pikiranmu akan menjadi keruh dan sulit berpikir jernih. Maka dari itu, cobalah untuk hidup di momen saat ini.

Nikmati setiap hal yang kamu rasakan. Fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Juga pada hal-hal yang bisa kamu kontrol. Pikiranmu dijamin bakal jauh lebih jernih dibanding sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Pikiran Mudah Kalut, Termasuk Prasangka Buruk!

4. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

6 Langkah yang Bisa Membantu Jernihkan Pikiranmu, Biar Gak Sumpek!ilustrasi mengonsumsi makanan sehat (pexels.com/Nathan Cowley)

Makanan yang masuk ke dalam perutmu akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan, entah jarak pendek atau panjang. Maka dari itu, mulailah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. 

Hindari gula dan garam berlebih, pengawet, pewarna buatan dan hal lain yang kurang baik bagi pencernaanmu. Makanan yang bernutrisi akan membantumu lebih segar sehingga pikiran pun menjadi lebih jernih. 

5. Cobalah untuk meditasi sendirian

6 Langkah yang Bisa Membantu Jernihkan Pikiranmu, Biar Gak Sumpek!ilustrasi meditasi sendirian (pexels.com/Oluremi Adebayo)

Meditasi sejak lama sudah menjadi media ampuh untuk menjernihkan pikiran. Caranya bermacam-macam, tergantung kamu cocok dengan yang mana. Cobalah lakukan sendirian untuk mendapat hasil yang lebih memuaskan.

Kamu bisa dibantu suara alam, alat musik, pujian kepada Tuhan hingga syair. Banyak media digital yang menyediakan audio untuk membantu meditasimu secara gratis. Jadi, tunggu apalagi. 

6. Berpergian ke tempat yang ingin kamu kunjungi 

6 Langkah yang Bisa Membantu Jernihkan Pikiranmu, Biar Gak Sumpek!ilustrasi berpergian (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Pikiran keruh bisa juga diakibatkan karena kamu jenuh berdiam diri di tempat yang sama dalam waktu yang lama. Membuat rencana untuk melakukan perjalanan ke tempat yang ingin kamu kunjungi bisa jadi langkah bagus untuk membantu menjernihkan pikiran. 

Jika kekurangan dana, kamu gak perlu memaksakan pergi ke tempat yang jauh atau mahal. Mungkin mengunjungi kerabat atau sahabat lama boleh dicoba. Bisa juga sekadar jalan-jalan sambil menikmati jajanan di taman kota. 

Jangan biarkan pikiran keruhmu berlarut-larut, ya. Yuk, segarkan kembali dengan mencoba enam langkah di atas. 

Baca Juga: 6 Cara Keluar dari Rumination, Hindari Pikiran Negatif yang Berulang

Alfikri Saga Photo Verified Writer Alfikri Saga

Aktif menulis artikel humor, pengembangan diri, arsitektur, entertainment dan wisata.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya