Comscore Tracker

Selain Kerja Keras, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Lakukan Visualisasi Impian

“Visualization is daydreaming with a purpose” - Bo Bennett

Untuk mencapai impian, kita tentu sudah mengenal hal-hal apa saja yang bisa jadi modal kesuksesan dalam meraih impian. Sebut saja etos kerja keras yang kita kenal sebagai salah satu dari sekian banyak kunci kesuksesan. Nah, tahukah kamu ada satu cara yang disebut-sebut juga jadi faktor pendukung kesuksesan dalam meraih impian, yakni dengan melakukan visualisasi.

Visualisasi simpelnya adalah menggambarkan dan mengimajinasikan sesuatu dalam pikiranmu seolah-olah hal tersebut nyata misalnya memvisualisasikan rumah baru dan sebagainya.

Nah, biasanya visualisasi dianggap lebih 'berkhasiat' bila dilakukan dengan detil dan sepenuh hati. Lalu, kenapa sih visualisasi impian itu penting? Bukannya hanya sebatas imajinasi saja? Eitts, jangan salah ternyata ada 5 alasan kenapa visualisasi impian itu penting. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Visualisasi membantumu menemukan impian yang sesungguhnya

Selain Kerja Keras, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Lakukan Visualisasi Impiansoompi.com

Buat kamu yang sering kebingungan dan masih ragu bila ditanya tentang impian yang ingin dicapai, maka teknik visualisasi ini dapat membantumu untuk menemukannya. Caranya adalah dengan memvisualisasikan hal apa saja yang kamu sukai dan bikin kamu makin positif tentunya.

Nah, saat pikiranmu berimajinasi bebas mengembara sesuai keinginanmu maka lambat laun kamu akan menemukan hal apa yang paling kamu impikan dan bikin kamu tersenyum bahagia saat membayangkannya. Dari situ, kamu bisa mulai menyadari apa saja hal yang selama ini kamu impikan dan pengen banget kamu realisasikan dalam kehidupan nyata.

2. Visualisasi impian bikin kita lebih bahagia dan tenang

Selain Kerja Keras, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Lakukan Visualisasi Impiandramabeans.com

Siapa nih yang suka bervisualisasi sambil senyum-senyum sendiri? Hayo, kamu bukan? Nah, sebenarnya hal itu wajar saja sih karena ketika bervisualisasi kita membayangkan apa yang kita impikan iti seolah-olah nyata ada di kehidupan kita. Sehingga, kita dapat merasakan kebahagiannya pada saat itu juga dan bikin kita lebih tenang.

Jadi, sepertinya benar ya ungkapan yang katanya "bahagia dulu baru sukses" itu lebih baik daripada sebaliknya. Karena seringkali kesuksesan dalam meraih impian tidak bikin kita selalu bahagia walaupun hal ini balik lagi ke pribadi masing-masing.

Jadi, dengan merasa bahagia lebih dahulu kamu gak akan terbebani untuk meraih impianmu walau terdapat banyak rintangan.

Baca Juga: Santai, Ini 5 Alasan Kamu Gak Perlu 'Ngoyo' untuk Mengejar Impianmu

3. Visualisasi juga membantumu untuk tetap fokus pada impian

Selain Kerja Keras, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Lakukan Visualisasi Impianpixabay.com/Free-Photos

Nah, visualisasi bisa kamu ibaratkan seperti nahkoda yang memimpin perjalananmu menuju tujuan. Nah, seringkali kita kehilangan fokus dan semangat ketika perjalanan menuju impian itu gak semulus yang kita bayangkan.

Saat hal itu terjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memvisualisasikan kembali mimpi-mimpi yang ingin kamu wujudkan. Mudah-mudahan kamu bisa bangkit dan fokus kembali pada tujuan mu. Tetap semangat ya!

4. Visualisasi bikin kamu lebih percaya diri untuk meraih impian

Selain Kerja Keras, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Lakukan Visualisasi Impianpexels.com/Andre Furtado

Banyak orang yang merasa minder ketika ingin mencapai impian dalam hidupnya. Faktornya sih bermacam-macam tergantung pada orangnya tapi bukan itu yang paling penting. Karena, bagaimana caramu untuk bisa mengatasi rasa minder itulah yang penting, setuju gak?

Nah, salah satu caranya ya dengan bervisualisasi. Rasakan dan bayangkan bahwa kamu mampu untuk mencapainya. Sehingga, nantinya kamu bisa jadi lebih percaya diri dan terhindar dari rasa minder yang membelenggu.

5. Cukup banyak orang-orang sukses yang telah memetik manfaat dari visualisasi impian

Selain Kerja Keras, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Lakukan Visualisasi Impiansyfy.com

Rasanya hanya omong kosong semata bila kita membicarakan alasan untuk bervisualisasi tanpa adanya hasil dari orang yang sudah pernah mencobanya. Nah, ternyata nih cukup banyak lho orang-orang sukses yang sudah mempraktikkan teknik visualisasi impian ini.

Salah satunya adalah Walt Disney, kita mungkin tidak dapat menikmati kartun-kartun ciptaan Disney yang sudah mendunia bila tak ada sosok yang menginspirasi ini.

Ya, Walt Disney sepertinya paham betul kekuatan dari visualisasi impian yang memberikan kita semacam energi untuk terus berkarya dan berjuang. Simak saja quote Walt Disney berikut yang menginspirasi banget:

"If you can visualize it, if you can dream it, there's some way to do it.” - Walt Disney

6. Tapi ingat, hanya bervisualisasi tanpa adanya usaha juga sama dengan nihil

Selain Kerja Keras, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Lakukan Visualisasi Impianpexels.com/Oleg Magni

Akhir kata, ingat ya bahwa tidak melakukan apapun ataupun bermalas-malasan gak akan bikin impianmu terwujud dengan sendirinya. Selain memvisualisasikan impian, perlu juga yang namanya kerja keras, usaha, strategi serta doa untuk mencapai yang terbaik. Setuju guys?

Baca Juga: Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hidup

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya