Comscore Tracker

5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Dikuasai oleh Sifat Serakah

Jangan sampai hal buruk terjadi padamu

Sifat serakah merupakan sifat buruk dan tercela yang sudah seharusnya kamu hindari. Orang yang sudah serakah selalu merasa tidak puas dengan apa yang sudah dimilikinya. Keinginan tanpa bataslah yang menjadikan sifat serakah semakin menjadi-jadi dan sulit dikendalikan.

Nah, supaya kamu tidak terjerumus dalam keserakahan ini, ada baiknya kamu tahu dulu apa sih hal-hal yang kemungkinan besar akan terjadi kalau kamu sudah dikuasai sifat serakah ini. Yuk kita bahas satu persatu!

1. Kamu tidak bisa berpikir secara jernih

5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Dikuasai oleh Sifat Serakahunsplash.com/Laurenz Kleinheider

Orang yang sudah diliputi keserakahan ini akan sulit untuk berpikir jernih. Berpikir jernih di sini maksudnya adalah berpikir menggunakan logika dan akal sehat dalam melakukan sesuatu atau mengambil sebuah keputusan. Karena, yang ada di pikirannya hanya ingin keuntungan sebanyak-banyaknya bagi dirinya sendiri. Maka, apapun yang dilakukan dan diputuskan didasarkan tanpa pemikiran yang matang.

2. Sifat waspada dan kehati-hatian akan melemah

5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Dikuasai oleh Sifat Serakahpexels.com/Đàm Tướng Quân

Sifat waspada dan kehati-hatian sangat diperlukan dalam bertindak, berucap maupun memutuskan sesuatu. Ingat lho, sifat waspada dan berhati-hati berbeda lho dengan sifat curiga atau berprasangka buruk.

Nah, bagi orang yang dikuasai oleh serakah ini sifat waspada dan kehati-hatian akan melemah dengan sendirinya. Artinya, akibat memuaskan sifat serakah dalam dirinya ini akan mengakibatkan ia tidak waspada dan berhati-hati terhadap masalah atau bahaya yang mungkin bisa menimpanya.

Orang yang dikuasai keserakahan hanya akan memikirkan bagaimana cara mendapatkan apa yang ia mau tanpa memperhatikan resiko maupun kerugiannya bagi orang lain. Duh, gak banget ya!

3. Sifat egois dan iri hati juga akan muncul bersamaan dengan sifat serakah

5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Dikuasai oleh Sifat Serakahpexels.com/Pixabay

Sifat egois dan iri hati juga sering kali muncul bersamaan dengan sifat serakah. Kok bisa ya? Nah, coba pikir deh sifat serakah berarti tidak pernah merasa cukup dan menginginkan sesuatu yang lebih banyak terus menerus. Nah, kalau sifat serakah tersebut tidak terpenuhi maka saat melihat orang lain memiliki apa yang tidak dimilikinya, sifat iri hati pun muncul secara bersamaan.

Dan, parahnya lagi sifat egois yang juga muncul akan membuatnya melakukan apapun untuk mendapatkan apa yang ia mau tanpa peduli dengan orang lain. Hmm, cepat deh buang jauh-jauh sifat yang tercela ini ya!

Baca Juga: Jangan Sampai Gak Sadar, Ini 7 Tanda Nyata Kamu Orang yang Serakah

4. Orang lain akan mulai menjauhimu

5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Dikuasai oleh Sifat Serakahpexels.com/Dương Nhân

Keserakahan akan membuat orang-orang di sekitarmu mulai merasa gak nyaman lho. Tanpa ada rasa syukur, sifat serakah ini makin mengakar dalam diri seseorang. Perlahan-lahan, mungkin saja satu persatu orang di sekitarmu akan menjauh karena keserakahanmu. Siapa sih orang yang nyaman dengan sifat orang serakah yang selalu punya keinginan tanpa batas tanpa memperhatikan orang lain di sekitarnya?

5. Ujung-ujungnya, kamu hanya mencari kebahagiaan semu

5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Dikuasai oleh Sifat SerakahPexels.com/Nikolai Ulltang

Celakanya, orang yang sudah lama dikuasai oleh sifat serakah ini tak sadar bahwa dirinya selama ini hanya mengejar kebahagiaan semu. Ya, kebahagiaan semu adalah kebahagiaan palsu yang artinya kebahagiaan yang dianggap membawa kebahagiaan sejati, padahal nyatanya tidak.

Mungkin, orang yang serakah ini pada satu titik dalam hidupnya akan merasa jenuh dan hampa dengan semua kebahagiaan yang ia cari selama ini, ternyata adalah kebahagiaan semu. Nah, pada saat itulah semoga mereka yang bersifat serakah ini bisa tersadarkan ya.

Jadi, mudah-mudahan dengan semua penjelasan di atas dapat membuatmu lebih mengerti hal buruk yang mungkin terjadi akibat sifat serakah yang tercela ini ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Waspada, Ini 7 Tanda Orang Serakah yang Harus Segera Kamu Hindari

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya