Comscore Tracker

5 Indikasi Anak Punya Luka Batin yang Tersembunyi, Sadarilah!

Orangtua perlu lebih peka terhadap emosi dan sikap anak

Perlu diketahui bahwa luka batin bisa dialami siapa saja tanpa mengenal usia, termasuk anak-anak. Bahkan, anak-anak bisa dikatakan sebagai yang paling rentan mengalami luka batin. Jangan pernah sekalipun mengabaikan luka batin yang dialami anak, sebab hal ini akan memengaruhi dirinya hingga dewasa. 

Masalahnya, tidaklah mudah untuk mengetahui ada atau tidaknya luka batin pada anak, terlebih karena luka batin itu tak bisa dilihat secara fisik. Oleh karena itu, berikut ada 5 tanda kalau anak mungkin punya luka batin yang tersembunyi. Yuk, waspadai tanda berikut! 

1. Sangat sensitif terhadap hal atau topik tertentu

5 Indikasi Anak Punya Luka Batin yang Tersembunyi, Sadarilah!pexels.com/Bess Hamiti

Tanda luka batin bisa saja terlihat saat anak diajak bicara tentang hal atau topik tertentu. Misalnya saat kamu bertanya pada anak tentang teman-temannya, coba perhatikan bagaimana reaksinya. Apakah ia terlihat tidak nyaman saat membicarakannya? Atau gestur tubuhnya menunjukkan ada perasaan negatif yang disembunyikan?

Hal ini yang seharusnya tak boleh luput dari pandangan orangtua, sebab bisa saja ada luka batin yang dialami anak. Misalnya seperti topik pertemanan, mungkinkah anak mengalami perundungan sehingga ia menjadi sensitif saat membicarakan tentang teman-temannya?Jadi, penting sekali untuk lebih peka dengan sikap dan perasaan anak ya!

2. Ada kecenderungan untuk menolak berbicara 

5 Indikasi Anak Punya Luka Batin yang Tersembunyi, Sadarilah!pexels.com/Min An

Membangun kedekatan emosional dengan anak memang sangat penting, apalagi kalau mengingat bahwa anak dalam perkembangannya sangat memerlukan sosok kedua orangtuanya untuk mendampingi dan membimbing dirinya.

Saat anak mengalami luka batin, lemahnya ikatan emosional antara orangtua dan anak membuat anak cenderung menolak untuk membicarakan hal-hal yang mengganggu dirinya. Luka batin yang anak rasakan akan terus dipendam sendiri ketika anak merasa tak ada seorangpun yang bisa memahaminya. Kalau sudah seperti itu, anak akan terus membawa luka batin tersebut hingga dirinya dewasa. Jadi, jangan anggap remeh tanda ini ya!

3. Emosi anak sering mengalami perubahan menjadi emosi negatif

5 Indikasi Anak Punya Luka Batin yang Tersembunyi, Sadarilah!pexels.com/Pixabay

Orangtua patut curiga jika anak sering mengalami perubahan emosi menjadi emosi yang negatif. Misalnya, anak yang biasanya memiliki sikap ceria tiba-tiba sering berubah menjadi sikap murung tanpa kamu ketahui alasannya.

Mungkin saja, anak sedang menyembunyikan luka batin yang ia rasakan berupa emosi-emosi negatif seperti rasa takut, cemas, tidak nyaman akibat kejadian yang ia alami. Ingat, tidak semua anak tahu cara mengungkapkan perasaannya pada orangtua, sehingga ia mungkin lebih memilih untuk memendamnya sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Luka Batin yang Terpendam, Segera Sadari

4. Anak sering terlihat sulit konsentrasi belajar 

5 Indikasi Anak Punya Luka Batin yang Tersembunyi, Sadarilah!pexels.com/August de Richelieu

Konsentrasi merupakan hal yang penting ketika sedang belajar. Namun, konsentrasi juga bisa terganggu karena berbagai macam faktor. Dalam hal ini, luka batin yang dialami anak bisa jadi merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Dikarenakan ada luka batin yang masih mengganjal dalam hati dan pikiran, anak mungkin menjadi kesulitan konsentrasi saat belajar. Sebab, luka batin yang sudah lama bersembunyi dalam diri anak sangat mungkin membuatnya merasa terbebani hingga menyebabkan konsentrasi belajar menjadi terganggu.

5. Apalagi jika anak terlihat sangat jauh dari kata bahagia

5 Indikasi Anak Punya Luka Batin yang Tersembunyi, Sadarilah!pexels.com/cottonbro

Kebahagiaan anak juga merupakan kebahagiaan orangtua, 'kan? Kebahagiaan anak bisa menjadi salah satu tanda untuk mengetahui ada atau tidaknya luka batin dalam diri anak. Cobalah untuk lebih peka terhadap sikap anak, apakah selama ini anak terlihat bahagia dengan tulus?

Jika selama ini baik dalam ucapan dan tindakannya, anak terlihat sangat jauh dari kata bahagia, maka sangat mungkin anak memendam luka batin yang belum ia ceritakan pada orangtua. Sehingga orangtua perlu ekstra waspada terhadap tanda yang satu ini.

Perlu diketahui juga bahwa kelima tanda di atas bukan tanda mutlak kalau anak pasti mengalami luka batin. Namun, tanda-tanda di atas sekiranya perlu diwaspadai orangtua demi membantu anak yang mungkin saja saat ini masih menyimpan luka batin.  Kalau perlu, coba cari bantuan dari para ahli di bidangnya untuk membantu anak dalam proses menyembuhkan luka batin. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Ini Bisa Membantu Kamu untuk Menyembuhkan Luka Batin

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya