Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Menguji Ketulusan Hati Orang Lain

Jauh lebih penting untuk melatih ketulusan hati sendiri

Pada dasarnya, kita semua menginginkan orang lain bersikap tulus kepada diri kita, betul? Tapi, tidaklah mudah untuk mengetahuinya dan bahkan tak jarang berbagai cara pun dilakukan demi menguji ketulusan hati orang lain.

Sebaiknya sih, kamu tidak perlu bersusah payah dalam menguji ketulusan hati orang lain. Kenapa? Ya, sebab ada 5 alasan penting yang perlu kamu pertimbangkan. Yuk kita simak! 

1. Bukankah tidak ada cara atau metode yang bisa mengukur ketulusan hati seseorang dengan pasti?

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Menguji Ketulusan Hati Orang Lainunsplash.com/Ilias Chebbi

Mungkin, kamu telah mencoba berbagai cara atau metode dengan tujuan mengetahui seberapa tulus sikap atau tindakan orang lain terhadap dirimu. Namun, apakah kamu benar-benar yakin dengan hasil dari cara yang telah kamu coba? 

Perlu disadari, tindakan yang terlihat baik pun tidak selalu menunjukkan kesungguhan dan ketulusan hati seseorang, sebaliknya tindakan yang terlihat buruk pun belum tentu bertujuan buruk sepenuhnya. Ya, memang perlu kejernihan hati dan pikiran untuk membedakannya. Namun, apapun itu hanya Tuhan dan orang itu sendiri yang tahu betul sejauh mana ketulusan hatinya sendiri.

2. Ketulusan hati seseorang bisa saja berubah-ubah

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Menguji Ketulusan Hati Orang Lainpexels.com/@thiszun

Tanpa bermaksud untuk berprasangka buruk, bukankah ketulusan hati seseorang juga bisa berubah-ubah? Walau sama-sama tulus, anggap saja kalau ada yang namanya kadar ketulusan, mungkin saja nih kadar ketulusan seseorang bisa menjadi berbeda-beda tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi. 

Kita semua adalah manusia biasa, jadi rasanya hanya akan membuang waktu jika kamu berusaha menguji dan menerka-nerka ketulusan hati orang lain. Walau kita tidak tahu persis, namun setidaknya kita bisa merasakan ketulusan hati orang lain, 'kan? Jadi, sebaiknya gunakan saja hati nuranimu sebagai pedoman untuk merasakannya. 

3. Terkadang, menguji ketulusan hati orang lain malah merupakan perwujudan dari ego sendiri

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Menguji Ketulusan Hati Orang Lainpexels.com/Chinmay Singh

Perlu diakui kalau ego dalam diri manusia terkadang suka bersembunyi dan terasa begitu halus sampai kita sendiri sering tak menyadarinya. Coba renungkan dulu, mungkinkah keinginanmu untuk menguji ketulusan orang lain malah merupakan perwujudan dari egomu sendiri? 

Sebab, pasti ada alasan yang mendasari niat untuk menguji ketulusan hati orang lain. Nah, alasan inilah yang perlu dicermati dengan baik, jangan-jangan ada ego dalam diri yang mengambil alih dan mendorongmu tanpa pernah kamu sadari. Jadi, kenali dirimu dengan baik sehingga tidak terjebak dengan ego sendiri, ya. 

Baca Juga: 5 Ketulusan & Pengorbanan Ini Patut Diteladani dari Ayah

4. Adakah manfaatnya bagimu jika dapat menguji ketulusan hati orang lain?

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Menguji Ketulusan Hati Orang Lainpexels.com/Marta Dzedyshko

Pertanyaan ini sekiranya juga perlu direnungkan dengan sungguh-sungguh. Adakah manfaatnya bagimu jika dapat menguji ketulusan hati orang lain? Atau jika bermanfaat bagimu pun, yakinkah kamu bahwa tidak akan ada kerugian yang mungkin ditimbulkan? Pikirkan saja baik-baik, sebab menguji ketulusan hati orang lain atau tidak, tetap merupakan pilihan dan hak kamu untuk menentukannya. 

5. Rasanya jauh lebih penting untuk melatih ketulusan hati sendiri daripada sibuk menguji ketulusan hati orang lain

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Menguji Ketulusan Hati Orang Lainpexels.com/Kelvin Valerio

Ketulusan hati itu perlu dilatih, caranya memang beragam namun rasanya jauh lebih penting daripada sibuk menguji ketulusan hati orang lain. Latihlah diri agar bisa menjadi tulus, meski mungkin tidak mudah pada awalnya. Percayalah kalau hati yang tulus akan membawa kebahagiaan dan rasa syukur yang mendalam, meski mungkin tidak akan langsung dirasakan. 

Jadi, itulah kelima alasan kenapa kamu tidak perlu menguji ketulusan hati orang lain. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya