Comscore Tracker

5 Kenyataan Pahit yang Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik, Ayo Bangkit!

Kenyataan pahit yang membuat kita belajar makna kehidupan

Dalam hidup, terkadang mau tak mau kita dihadapkan dengan berbagai kenyataan. Ya, ada kenyataan-kenyataan pahit yang sesungguhnya tidak mudah untuk diterima.

Namun, jangan langsung menolak mentah-mentah berbagai kenyataan pahit tersebut ya. Sebab, ada beberapa kenyataan pahit yang bisa membuat hidupmu lebih baik. Penasaran? Yuk langsung kita simak!

1. Kenyataan bahwa semua orang tidak bisa lepas dari proses perubahan

5 Kenyataan Pahit yang Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik, Ayo Bangkit!pexels.com/Kelvin Valerio

Menyadari kenyataan ini, terkadang membuat hati terasa gundah dan gelisah. Ya, pada dasarnya perubahan bukanlah hal yang selalu bisa kita anggap sebagai hal yang menyenangkan.

Bahkan tak jarang berbagai perubahan dalam hidup justru terkesan memaksa dan tak mudah. Namun, di balik itu semua perlu diketahui bahwa perubahan adalah hal yang pasti dalam hidup. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah menjadi kreatif dan terus berusaha untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

2. Kenyataan bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang dan tidak semua orang bisa menyenangkan diri kita

5 Kenyataan Pahit yang Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik, Ayo Bangkit!pexels.com/Stephan Seeber

Kenyataan ini memang terasa pahit jika terus dipikirkan. Namun, inilah kenyataan yang bisa membuat pola pikir seseorang menjadi lebih matang. Dengan menyadari bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang, tentunya akan membuat kita sadar bahwa ada hal-hal penting yang menjadi prioritas utama dalam hidup daripada sekadar fokus dengan ucapan negatif orang lain.

Sebaliknya, menyadari kenyataan bahwa tidak semua orang bisa menyenangkan diri kita akan membuat kita lebih bijak dan tidak terlalu ambil pusing terhadap sikap atau pendapat orang lain yang mungkin tidak sesuai dengan harapan kita.

3. Kenyataan bahwa tidak semua hal langsung berhasil meski sudah diusahakan dengan maksimal

5 Kenyataan Pahit yang Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik, Ayo Bangkit!pexels.com/Craig Adderley

Tunggu dulu, awalnya kenyataan ini mungkin terdengar kejam dan bikin putus asa. Namun, cobalah liihat kenyataan ini dari sudut pandang yang lain. Apakah ada hal-hal yang sudah kamu usahakan dengan maksimal namun hasilnya tidak sesuai?

Jangan putus asa dulu, mungkin itulah proses penting yang perlu kamu jalani dulu. Mungkin pada usaha kedua, ketiga dan seterusnya barulah usahamu berhasil. Seandainya tidak berhasil pun, ada pengalaman yang bisa kamu petik dan mungkin ada jalan lain yang lebih baik bagimu. Jadi, tetap semangat ya!

Baca Juga: Jadi Support System, 6 Zodiak Ini Selalu Memberi Motivasi Hidup 

4. Kenyataan bahwa terkadang kita lebih mengenal orang lain daripada mengenal diri kita sendiri

5 Kenyataan Pahit yang Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik, Ayo Bangkit!pexels.com/Marta Dzedyshko

Mengenal orang lain memang penting, namun mengenal diri sendiri juga sangat penting lho. Inilah kenyataan pahit yang sering terjadi dalam kehidupan banyak orang. Mudah untuk memahami karakter, kekurangan dan kelebihan orang lain, tapi merasa sulit untuk mengenal diri sendiri dengan baik.

Namun jangan khawatir, justru dengan menyadari kenyataan ini akan membuat diri mulai belajar untuk mengenal karakter, kekurangan dan kelebihan diri sendiri dengan jauh lebih baik.

5. Kenyataan bahwa kita punya batas waktu untuk tinggal di dunia ini dan batas waktu tersebut tidak pernah kita ketahui

5 Kenyataan Pahit yang Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik, Ayo Bangkit!pexels.com/Alan Retratos

Nah, bisa dikatakan bahwa kenyataan ini adalah kenyataan pahit yang paling ditakutkan banyak orang. Ya, kita semua tentu tahu bahwa kita tidak bisa hidup abadi di dunia ini dan punya batas waktu yang tidak pernah kita ketahui.

Lalu, apa yang perlu dilakukan supaya tak ada penyesalan karena kenyataan ini? Rasanya tidak ada jalan lain selain melakukan hal-hal terbaik yang bisa kita lakukan selama hidup. Meski mungkin terdengar menakutkan, tetap percayalah pada-Nya dan lakukan yang terbaik, ya!

Jadi, itulah kelima kenyataan pahit yang bisa membuat hidupmu lebih baik. Intinya, kenyataan pahit tersebut tidak akan terasa begitu pahit jika kita bisa memandang kenyataan tersebut dari sudut pandang yang lebih bijaksana. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Kenyataan Pahit dalam Hubungan Percintaan Ini Sering Diabaikan Orang

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya