Comscore Tracker

Selain Curhat, Ini 5 Cara Efektif untuk Menyalurkan Emosi Negatif

Jangan terus dipendam, gak baik lho!

Sebagai manusia, kita tentu tidak terlepas dari yang namanya emosi. Emosi sendiri secara umum terbagi dua yaitu emosi positif dan emosi negatif. Nah, yang sering jadi permasalahan adalah emosi negatif seperti amarah, kesedihan dan lain sebagainya. 

Emosi juga butuh disalurkan atau diekspresikan lho, salah satu cara yang sering dipilih adalah dengan curhat kepada orang lain. Tapi, tahukah kamu kalau selain cara tersebut masih ada beberapa cara yang efektif untuk menyalurkan emosi negatif. Yuk kita simak!

1. Menulis

Selain Curhat, Ini 5 Cara Efektif untuk Menyalurkan Emosi Negatifpexels.com/pixabay

Menulis adalah cara efektif untuk menyalurkan emosi negatif yang kamu rasakan. Itu sebabnya, beberapa orang senang untuk menuliskan apa yang ia alami dan rasakan pada buku harian. Kelihatannya sepele, tapi cara ini sangat berguna lho untuk menjaga emosi kamu agar tetap stabil. 

Ada satu hal penting yang harus kamu ingat, kamu sebaiknya mengekspresikan emosi dengan cara tulis tangan ya, daripada mengetik di laptop ataupun gadget.

Sebab, tulisan tangan kamu sebenarnya adalah ekspresi langsung dari apa yang kamu rasakan. Makanya, kamu bisa merasa lebih lega dan tenang setelah menuliskannya. Gak percaya? Cobain deh!

2. Menggambar dan mewarnai

Selain Curhat, Ini 5 Cara Efektif untuk Menyalurkan Emosi Negatifpexels.com/rawpixel

Sama halnya dengan menulis, kegiatan menggambar dan mewarnai adalah cara efektif dan kreatif untuk menyalurkan emosi, terutama emosi negatif yang mengganggu. Kamu bisa mewujudkan apa yang kamu rasakan dalam bentuk visual, baik melalui gambar ataupun warna.

Coba bayangkan masalah dan emosi yang kamu rasakan terlebih dahulu, lalu warnai dan gambarkan dengan sekreatif mungkin. Tak hanya emosi yang tersalurkan, bisa jadi solusi dan ide tepat yang belum pernah terpikirkan akan muncul dengan sendirinya.

3. Berolahraga

Selain Curhat, Ini 5 Cara Efektif untuk Menyalurkan Emosi Negatifpexels.com/ahmed

Olahraga memang dikenal sebagai kegiatan positif yang dapat membantu menyehatkan tubuh atau fisik. Tapi, tahukah kamu kalau berolahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan psikis?

Menurut beberapa penelitian, kegiatan olahraga dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik, yang tentunya juga akan mengurangi stres. Pilihlah jenis olahraga yang cocok untukmu. Selain itu, ingatlah untuk berolahraga sesuai kesanggupan dan jangan terlalu berlebihan, ya!

Baca Juga: Balasanmu Terhadap Chat Ini Bisa Tunjukkan Emosimu yang Paling Dominan!

4. Bernyanyi

Selain Curhat, Ini 5 Cara Efektif untuk Menyalurkan Emosi Negatifphilstar.com

Nah, siapa nih yang suka banget bernyanyi di kamar mandi? Well, kebiasaan tersebut sebenarnya punya efek positif, lho. Sebab, bernyanyi adalah salah satu cara mengekspresikan emosi yang efektif. 

Dengan bernyanyi, kamu mengungkapkan apa yang kamu rasakan, terutama melalui lirik lagu. Yang penting, setelah mengungkapkan apa yang dirasakan lewat nyanyian, segera lakukan hal-hal positif lain yang bisa bikin kamu lebih bahagia dan produktif, ya!

5. Lakukan hobi positif yang kamu senangi

Selain Curhat, Ini 5 Cara Efektif untuk Menyalurkan Emosi Negatifpexels.com/Haley Black

Melakukan hobi yang kita sukai memang sangat mengasyikkan dan efektif untuk merubah suasana hati menjadi lebih baik. Lakukan hobi positif yang kamu senangi ya, dengan begitu emosi negatif yang ada bisa pelan-pelan terkikis. Hobi yang positif tersebut tentu beragam, bisa juga salah satu atau kombinasi dari hal-hal yang sudah dijelaskan pada poin-poin di atas.

Jadi, itulah kelima cara efektif untuk menyalurkan emosi negatif. Lalu, mana nih cara yang sering kamu pilih untuk menyalurkan emosi negatif?

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Menahan Emosi

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You