Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Orang yang Selalu Berprasangka Baik, Salut Deh!

Jadikan prasangka baik sebagai kebiasaan dalam hidupmu

Dalam kehidupan sehari-hari, kita memang sulit lepas dari yang namanya prasangka. Ada prasangka baik dan prasangka buruk, yang tentu kita semua tahu kalau prasangka baiklah yang selalu dianjurkan. 

Berbaik sangka tentunya jauh lebih bermanfaat ketimbang selalu berburuk sangka. Nah, kamu mungkin termasuk tipe orang yang selalu berprasangka baik lho bila memiliki lima tanda berikut.

1. Memilih untuk tidak menyalahkan keadaan

5 Tanda Kamu Orang yang Selalu Berprasangka Baik, Salut Deh!pexels.com/Alan Retratos

Orang yang selalu berprasangka baik pada dasarnya tak mau buru-buru menyalahkan keadaan pada setiap kejadian ataupun masalah yang dialaminya. 

Ia akan terlebih dahulu merenung dan introspeksi diri pada hal yang dialaminya, apakah memang betul kesalahannya atau tidak. Kalaupun bukan kesalahannya, ia tentu lebih memilih untuk fokus pada solusi atau jalan keluar daripada menyalahkan orang lain maupun keadaan.

2. Lebih fokus melihat sisi baik seseorang daripada sisi buruknya

5 Tanda Kamu Orang yang Selalu Berprasangka Baik, Salut Deh!pexels.com/mentatdgt

Berprasangka baik juga berarti kita memilih untuk fokus sisi baik atau positif dari orang lain. Dengan begitu, kita tidak akan mudah menilai orang lain dari sisi buruknya saja. 

Selain itu, kita sendiri bisa menjadi pribadi yang lebih positif lho dengan selalu melatih diri untuk melihat kebaikan dalam diri seseorang. Nah, bukankah saat kita fokus melihat kebaikan orang lain, kita juga ikut memancarkan kebaikan dari dalam diri?

Baca Juga: 5 Hal Ini Bikin Kamu Sulit untuk Berpikir Positif, Hindari Ya!

3. Mencoba untuk memahami sudut pandang orang lain

5 Tanda Kamu Orang yang Selalu Berprasangka Baik, Salut Deh!unsplash.com/Laurenz Kleinheider

Seringkali, kita punya kecenderungan untuk menilai baik buruknya seseorang dengan cepat padahal belum tentu kita tahu yang sebenarnya, betul? Nah, pastinya ini juga jadi bahan pelajaran untuk kita agar tetap mengutamakan berprasangka baik terhadap orang lain. 

Orang yang selalu berprasangka baik akan mencoba memahami terlebih dahulu apa maksud sebenarnya dari orang lain atau memahami sudut pandang orang lain. Dengan begitu, kita akan lebih berhati-hati dalam menilai orang lain.

4. Mampu bersyukur meski sedang mengalami kesulitan

5 Tanda Kamu Orang yang Selalu Berprasangka Baik, Salut Deh!unsplash.com/sean Kong

Daripada menyalahkan keadaan, orang yang selalu berprasangka baik akan mencoba untuk berpikir positif meski sedang dilanda kesulitan. Tentu saja, kita semua tidak mau dilanda masalah dan kesulitan, bahkan rasanya sulit untuk tetap berpikir positif di keadaan tersebut.

Namun, bila sudah dilatih untuk selalu berprasangka baik, kita akan lebih terampil untuk mengelola pikiran dan hati kita. Misalnya saja, kita tetap mampu bersyukur dan berpikir positif walaupun ada kesulitan dan tantangan yang harus dihadapi. Intinya sih, tetap semangat ya guys!

5. Berbuat baik tanpa adanya pikiran negatif

5 Tanda Kamu Orang yang Selalu Berprasangka Baik, Salut Deh!pexels.com/rawpixel.com

Berbuat baik adalah hal mulia yang sudah sepatutnya kita lakukan. Namun, tak jarang saat melakukannya kita bisa merasakan perasaan tak nyaman atau mengganjal dalam hati.

Ya, hal ini mungkin karena pikiran kita yang duluan berburuk sangka saat mau berbuat baik. Nah, kalau kamu melatih diri untuk berprasangka baik, mudah-mudahan hanya rasa bahagia dan tulus yang muncul saat melakukan kebaikan.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu orang yang selalu berprasangka baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Melatih Kemampuan Anak Secara Positif

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You