Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Selalu Mengikuti Standar Hidup Orang Lain, Bikin Capek!

Kebahagiaanmu juga bisa ikut terenggut, lho

Standar hidup setiap orang memang berbeda-beda tergantung pola pikir dan keadaan masing-masing. Standar hidup ini sering dikaitkan dengan kesejahteraan seseorang. Standar hidup yang tinggi umumnya membuat seseorang terlihat lebih baik dan maju dalam berbagai aspek kehidupannya.

Tak heran bila beberapa orang berusaha keras meningkatkan standar hidupnya. Tentu tak ada yang salah, hanya saja usaha yang dilakukan sebaiknya sesuai dengan kemampuan dan keadaanmu, ya. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengikuti standar hidup orang lain bila belum mampu, sebab kamu sendiri lho yang akan merasa capek. Jadi, untuk mengetahuinya coba deh cek lima tanda berikut.

1. Merasa tidak tahan kalau tidak bisa memiliki apa yang orang lain punya

5 Tanda Kamu Selalu Mengikuti Standar Hidup Orang Lain, Bikin Capek!Pexels/freestocks.org

Orang yang standar hidupnya tinggi, pada umumnya terlihat lebih makmur. Nah, saat seseorang selalu mengikuti standar hidup orang lain, ia biasanya sulit menahan godaan untuk tidak membeli barang-barang yang mungkin tidak begitu diperlukan.

Hmm, tak akan ada habisnya lho kalau kamu terus mengikuti standar hidup orang lain. Boleh-boleh saja menjadikan standar hidup orang lain sebagai motivasimu untuk berkembang, namun tetap bijaklah dalam melakukannya, ya. Jangan sampai kamu merasa frustrasi dan kesulitan gara-gara memaksa diri untuk mengikuti standar hidup orang lain.

2. Selalu merasa tidak puas dan tak pernah bersyukur

5 Tanda Kamu Selalu Mengikuti Standar Hidup Orang Lain, Bikin Capek!unsplash.com/Laurenz Kleinheider

Nah, kalau kamu terbiasa untuk mengikuti standar hidup orang lain, rasa tidak puas akan sering muncul, lho. Kamu mungkin akan terus membanding-bandingkan hidupmu dengan hidup orang yang lain. Ada saja orang lain yang menurutmu hidupnya lebih bahagia, lebih beruntung dan berbagai kelebihan lainnya.

Padahal, bisa jadi mereka selalu bersyukur dan berusaha dengan maksimal, sehingga mereka tidak merasa terbebani dengan standar hidup orang lain dan tentunya menjadi bahagia. Jadi, lebih baik melatih diri untuk terus bersyukur ya, terutama untuk hal-hal kecil yang tidak pernah kamu syukuri.

Baca Juga: 5 Manfaat Pentingnya Membuat Standar Kecukupan dalam Hidupmu

3. Sering berkeluh kesah saat tidak mampu menyaingi pencapaian orang lain

5 Tanda Kamu Selalu Mengikuti Standar Hidup Orang Lain, Bikin Capek!pexels.com/graham wizardo

Standar hidup orang lain sering dianggap sebagai kompetisi yang harus dimenangkan. Ya, kamu tentu boleh berusaha dengan maksimal dan sepenuh hati untuk mencapai apa yang kamu inginkan. Namun, jangan selalu terpaku pada standar hidup orang lain, ya.

Sebab, tak ada jaminan pasti kalau kamu berhasil mewujudkannya. Fokuslah pada proses, dengan begitu kamu tidak akan kecewa atau bahkan berkeluh kesah saat tidak mampu menyaingi pencapaian orang lain. Jadi, tetap semangat!

4. Tidak mampu untuk menghargai dan mencintai diri dengan seutuhnya

5 Tanda Kamu Selalu Mengikuti Standar Hidup Orang Lain, Bikin Capek!pexels.com/Tess Emily

Anjuran untuk menghargai dan mencintai diri dengan seutuhnya, tentu sudah sering kamu dengar. Namun, pada kenyataannya hal ini tidak selalu mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang membuat seseorang menjadi sulit untuk menghargai dan mencintai dirinya sendiri.

Ya, salah satu penyebabnya karena sering membandingkan diri dengan orang lain saat tidak mampu mencapai standar hidup orang lain. Bahkan, mungkin saja ada yang sampai membenci dirinya sendiri. Sehingga, hal ini sangat perlu diperhatikan agar kita bisa belajar untuk menerima dan mencintai diri dengan tulus dan sepenuh hati.

5. Perasaan tidak bahagia sering muncul

5 Tanda Kamu Selalu Mengikuti Standar Hidup Orang Lain, Bikin Capek!pexels.com/Nathan Cowley

Siapa sih yang bisa betul-betul bahagia, kalau terus saja mengikuti standar hidup orang lain tanpa henti? Ingat nih, kebahagiaanmu itu dimulai dari diri sendiri, saat kamu terus mencari kebahagiaan dengan mengikuti standar orang lain, kamu sendiri yang akan merasa lelah. Hidup pun bisa jadi terasa hampa dan tak bersemangat. Jadi, usahakan agar hal ini tak sampai terjadi padamu, ya.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu selalu mengikuti standar hidup orang lain. Jangan sampai kamu kehilangan kebahagiaan hanya karena terus mengikuti standar hidup orang lain. Ingatlah kalau kamu juga berhak untuk bahagia. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Standar Hidup Manusia Modern yang Sebenarnya Gak Menjamin Bahagia

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You