Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Suka Berkomentar Tanpa Pikir Panjang, Jangan Sepelekan!

Biasakan diri untuk berkomentar dengan bijak ya

Mengomentari dan dikomentari adalah hal yang wajar dan biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sikap berhati-hati dan waspada perlu rasanya diterapkan saat hendak berkomentar. 

Berkomentar di sini tak hanya berkomentar dalam kehidupan nyata. Dalam dunia maya seperti di internet dan media sosial pun perlu berhati-hati ketika berkomentar. Jangan berkomentar tanpa pikir panjang karena bisa berdampak buruk lho. Jadi, coba deh cek dulu lima tanda berikut. 

1. Berkomentar tanpa peduli dengan situasi dan kondisi yang terjadi

5 Tanda Kamu Suka Berkomentar Tanpa Pikir Panjang, Jangan Sepelekan!pexels.com/fauxels

Tanda pertama seseorang yang suka berkomentar tanpa pikir panjang adalah berkomentar tanpa peduli situasi dan kondisi yang terjadi. Jangan pernah sepelekan hal ini, sebab hal ini penting untuk diperhatikan.

Sekalipun kamu berniat baik, bukanlah cara yang bijak jika kamu langsung berkomentar tanpa menimbang dulu bagaimana situasi dan kondisi yang sedang terjadi. 

2. Komentarmu telah memicu banyak konflik

5 Tanda Kamu Suka Berkomentar Tanpa Pikir Panjang, Jangan Sepelekan!pexels.com/mentatdgt

Tanda lain kalau kamu suka berkomentar tanpa pikir panjang adalah jika komentarmu bisa memicu banyak konflik. 

Waspadalah dengan komentarmu sendiri, konflik yang timbul dari satu komentar saja bisa berakibat fatal jika menyinggung perasaan orang lain, apalagi jika menyinggung perasaan banyak orang. Jadilah bijak saat berkomentar, baik itu di kehidupan nyata maupun di dunia maya. Setuju? 

3. Komentarmu merugikan orang lain entah itu secara langsung atau tidak langsung

5 Tanda Kamu Suka Berkomentar Tanpa Pikir Panjang, Jangan Sepelekan!pexels.com/iPrice Group

Berkomentar tanpa pikir panjang tentu berpotensi untuk merugikan orang lain, entah itu secara langsung atau tidak langsung. Sebab, komentar yang dikeluarkan tidak didasari sikap hati-hati dan bijaksana. 

Memang, untuk komentar yang dianggap sebagai candaan sering kali diucapkan tanpa pikir panjang. Namun, jika candaan itu sudah keterlaluan dan tak terkendali, maka berkomentar tanpa pikir panjang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. 

Baca Juga: 6 Komentar Orang Paling Nyebelin Terhadap Mereka yang Bertato

4. Sering berkomentar buruk tanpa peduli akibat atau konsekuensi yang mungkin terjadi

5 Tanda Kamu Suka Berkomentar Tanpa Pikir Panjang, Jangan Sepelekan!unsplash.com/Štefan Štefančík

Komentar yang baik saja tidak selalu dianggap positif oleh orang lain, apalagi komentar yang buruk dan negatif. Berhati-hatilah dengan komentar buruk yang dilontarkan, bisa jadi komentar buruk itu malah balik 'menyerang' balik diri sendiri dengan segala akibat dan konsekuensi yang mungkin ditimbulkan. 

5. Sudah banyak orang yang menasihati atau memperingatkanmu akan hal ini

5 Tanda Kamu Suka Berkomentar Tanpa Pikir Panjang, Jangan Sepelekan!unsplash.com/Alexis Brown

Bersyukurlah kalau masih ada orang-orang yang peduli padamu dengan cara menasihati atau memperingatkanmu. 

Jangan suka berprasangka buruk kepada mereka yang menasihati atau memperingatkanmu tentang kebiasaan berkomentar tanpa pikir panjang. Coba berpikir positif dan dengarkan dulu apa kata mereka. Kemudian saring kembali perkataan mereka dan terapkan secara bijak dalam hidupmu. 

Jadi, berkomentar dengan bijak itu memang sangat penting ya. Apalagi di zaman modern ini, memberi komentar juga dapat dilakukan melalui media sosial dan internet. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 5 Komentar yang Bisa buat Mental Orang Down, Jangan Pernah Katakan!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya