Comscore Tracker

5 Tanda Keinginanmu Malah akan Membawa Keburukan Bagimu, Hati-hati!

Sadarlah sebelum kamu dikuasai oleh keinginanmu sendiri

Setiap orang punya keinginannya masing-masing. Ada yang ingin hal ini dan ada pula yang ingin hal itu. Ada satu persamaan dari setiap keinginan, yakni sama-sama membawa potensi kebaikan dan potensi keburukan, tinggal bagaimana kita mampu mengelola keinginan kita sendiri agar menjadi hal yang positif. 

Nah, perlu disadari bahwa ada tanda-tanda yang bisa menjadi indikasi kalau sebenarnya keinginanmu malah akan menjadi keburukan bagimu di kemudian hari. Jadi, yuk simak dulu 5 tanda berikut. 

1. Keinginanmu dimulai dari keserakahan yang tidak disadari

5 Tanda Keinginanmu Malah akan Membawa Keburukan Bagimu, Hati-hati!pexels.com/Andrea Piacquadio

Keserakahan adalah hal pertama yang perlu kamu waspadai dalam setiap keinginanmu. Apapun yang dimulai dengan keserakahan, sangat mungkin membawa keburukan di kemudian hari. Apalagi jika keserakahan itu tidak pernah kamu sadari keberadaannya. 

Jika tidak disadari, bisa jadi kamu yang akan dikuasai oleh keserakahanmu sendiri lho. Oleh karena itu, sebaiknya latih diri untuk sering berbicara pada hati nuranimu sendiri, ya. Dengan demikian, saat keserakahan itu muncul kamu akan segera tahu keberadaannya dan mampu mengatasinya. 

2. Kamu mengambil risiko yang besar demi keinginan yang dilandasi ego semata

5 Tanda Keinginanmu Malah akan Membawa Keburukan Bagimu, Hati-hati!unsplash.com/Ethan Sykes

Rasanya, risiko itu memang selalu ada dalam hidup. Namun, kenapa harus mengambil risiko yang besar jika hanya untuk memenuhi keinginan yang dilandasi ego semata? 

Hati-hati, ego yang membuat kamu merasa harus memiliki, harus menguasai dan lain sebagainya bisa membuat hati dan pikiran menjadi tidak jernih dalam bertindak. Sadari dan berusahalah untuk berdamai dengan egomu sendiri agar tidak menjadi penghambat dalam kehidupanmu sehari-hari. 

3. Keinginanmu membuatmu sulit untuk berkonsentrasi dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan normal

5 Tanda Keinginanmu Malah akan Membawa Keburukan Bagimu, Hati-hati!pexels.com/Karolina Grabowska

Jika keinginanmu sampai membuatmu sulit berkonsentrasi dan beraktivitas sehari-hari dengan normal, maka sangat mungkin kalau keinginanmu bisa membawa keburukan. Apalagi jika kamu sampai sulit tidur dan beristirahat karena terus memikirkan keinginan tersebut, tentu cepat atau lambat kesehatan tubuhmu juga akan ikut terdampak. 

Baca Juga: Bukan Kebutuhan, Ini 5 Tanda Seseorang Lebih Mengutamakan Keinginan

4. Keinginanmu membuatmu tidak bisa membedakan antara ilusi dan kenyataan dalam hidup

5 Tanda Keinginanmu Malah akan Membawa Keburukan Bagimu, Hati-hati!pexels.com/Pixabay

Tanda lain yang harus kamu perhatikan adalah jika keinginanmu malah membuatmu tidak bisa membedakan antara ilusi dan kenyataan dalam hidup. Sejatinya, keinginan masih merupakan sesuatu yang diangan-angankan dan belum menjadi kenyataan. 

Sehingga, sangat penting untuk menyadari perbedaan antara keinginan dan kenyataan agar dapat bertindak dengan tepat. Jangan sampai keinginanmu malah membuat kamu terjebak dalam ilusi yang berkepanjangan. 

5. Keinginanmu membuat dirimu terus mengejar kebahagiaan yang sesungguhnya tidak membahagiakan

5 Tanda Keinginanmu Malah akan Membawa Keburukan Bagimu, Hati-hati!pexels.com/@thiszun

Maksud dari kebahagiaan yang tidak membahagiakan adalah kebahagiaan yang sesungguhnya tidak bernilai dan tidak dapat membawa rasa damai bagimu.

Kenapa kebahagiaan itu terus dikejar jika kedamaian hatimu akhirnya menjadi terusik dan terganggu?  Bukankah hanya kebahagiaan yang juga bisa mendamaikan hati yang dapat kita sebut sebagai kebahagiaan sejati? 

Jadi, itulah kelima tanda kalau keinginanmu malah akan membawa keburukan bagimu. Semoga tulisan di atas bisa menjadi bahan renungan dan mampu membawa kebaikan dan kebijaksanaan bagimu. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Keinginan untuk Berselingkuh, Pikirkan Lagi!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya