Comscore Tracker

5 Tips Ampuh untuk Menepis Pikiran Negatif yang Suka Berkeliaran

Salah satunya dengan konsisten menerapkan "mindfulness"

Pikiran negatif yang berkeliaran tak jarang sering mengganggu dan sulit dikendalikan. Tentunya pikiran negatif yang sering berkeliaran ini akan turut memengaruhi kualitas hidupmu jika terus saja dibiarkan. Namun jangan khawatir, kamu bisa mencoba lima tips ampuh ini agar bisa menepis pikiran negatif yang suka berkeliaran. Yuk, langsung saja simak ulasan berikut.

1. Sebaiknya jangan langsung dilawan, coba tenang dan terima dulu kenyataan kalau pikiran negatif itu memang sedang berkeliaran

5 Tips Ampuh untuk Menepis Pikiran Negatif yang Suka Berkeliaranpexels.com/Wictor Cardoso

Ingat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencoba bersikap tenang dan terima dulu kenyataan bahwa pikiran negatif memang sedang berkeliaran. Kenapa pikiran negatif itu sebaiknya jangan langsung dilawan?

Biasanya nih, pikiran negatif yang langsung dilawan malah akan semakin menjadi-jadi dan memberikan perlawanan balik. Tenang dan coba amati saja dulu berbagai bentuk pikiran negatif yang bermunculan. Setelah tenang dan reda, segeralah cari solusi yang cocok untuk mengendalikan pikiran negatif tersebut.

2. Coba terapkan "mindfulness" dengan konsisten

5 Tips Ampuh untuk Menepis Pikiran Negatif yang Suka Berkeliaranpexels.com/Andrea Piacquadio

Menerapkan mindfulness juga sangat penting untuk mengendalikan pikiran negatif yang suka berkeliaran. Apa itu mindfulness? Intinya sih, mindfulness merupakan semacam latihan kesadaran agar kita fokus dan sadar pada saat ini juga.

Artinya ketika sedang memikirkan sesuatu, jangan biarkan dirimu terlalu larut dalam gambaran masa lalu maupun masa depan, fokuslah pada momen saat ini. Sebab, sering kali pikiran negatif yang suka berkeliaran disebabkan oleh bayang-bayang trauma masa lalu atau kecemasan akan masa depan.

Baca Juga: Ingin Mengusir Kecemasan dan Pikiran Negatif? Coba Teknik Grounding 

3. Pengalihan juga tetap diperlukan, segera alihkan fokus pada hal-hal yang positif

5 Tips Ampuh untuk Menepis Pikiran Negatif yang Suka Berkeliaranpexels.com/Craig Adderley

Nah, pikiran negatif yang suka berkeliaran juga dapat disebabkan fokus yang tidak terjaga dengan baik dan tepat. Jika kamu suka fokus pada hal-hal yang sifatnya negatif, tentu tak mengherankan kalau pikiran negatif akan sering muncul sebagai hasil dari fokus tersebut. Jadi, sebaiknya segera alihkan fokusmu pada hal-hal yang positif dan bermanfaat ya.

4. Jangan suka membiarkan masalah berlarut-larut dalam pikiranmu, coba cari solusi yang tepat dan efektif

5 Tips Ampuh untuk Menepis Pikiran Negatif yang Suka Berkeliaranpexels.com/mentatdgt

Jika kamu suka membiarkan masalah berlarut-larut dalam pikiranmu, tentu saja pikiran negatif akan semakin kuat dan sering berkeliaran. Jadi, hal yang sebaiknya dilakukan adalah segera mencari solusi yang tepat dan efektif atas permasalahan yang sedang dihadapi. Mungkin memang perlu proses yang tak mudah, tapi bukankah hal ini lebih baik daripada terus membiarkan masalah berlarut-larut dalam pikiran sendiri?

5. Jangan memaksakan diri pada hal-hal yang sebenarnya bertentangan dengan hati nurani sendiri

5 Tips Ampuh untuk Menepis Pikiran Negatif yang Suka Berkeliaranpexels.com/Kelvin Valerio

Ketenangan dan kedamaian pikiranmu akan terus terusik jika kamu memaksakan diri pada hal-hal yang sebenarnya bertentangan dengan hati nurani sendiri. Meski terlihat menguntungkan dan menggiurkan, jika hati nuranimu dengan tegas berkata tidak, maka sebaiknya pertimbangkan dengan bijak sebelum dirimu bertindak.

Jadi, itulah kelima tips ampuh untuk menepis pikiran negatif yang suka berkeliaran. Mudah-mudahan kelima tips di atas bisa membantumu untuk menepis pikiran negatif. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Gak Melulu Negatif, Depresi Mengajarkan 5 Pelajaran Berharga Ini

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya