Comscore Tracker

Waspada, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Terlalu Terobsesi pada Kesuksesan

Saat sudah sukses pun, sifat bijak masih kita perlukan

Nah, kamu mungkin sudah sering mendengar tentang bagaimana cara atau tips ampuh untuk meraih kesuksesan. Di posisi manakah kamu sekarang? Kalau kamu sekarang sudah pada tahap dimana kamu sudah merasa sukses, maka kamu wajib banget nih menyimak artikel ini.

Terlalu melekat pada kesuksesan artinya adalah kamu menganggap kesuksesan yang kamu raih adalah segalanya. Apapun yang berlebihan sifatnya itu tidak baik, sehingga terlalu melekat pada kesuksesan juga ujung-ujungnya hanya akan merugikan dirimu sendiri dan orang lain.

Penasaran? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Mulai bersikap sombong dan merendahkan orang lain

Waspada, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Terlalu Terobsesi pada Kesuksesanpexels.com/Zun Zun

Pernahkah kamu menjumpai orang-orang yang ketika sudah sukses malah menjadi sombong dan memandang rendah orang lain? Semoga bukan kamu ya, karena bagaimanapun juga orang yang terlalu melekat pada kesuksesannya berpotensi untuk menjadi pribadi yang sombong.

Padahal, seseorang yang sukses sejati tidak hanya terlihat dari apa yang sudah dimilikinya melainkan perilakunya terhadap orang lain misalnya dengan tetap rendah hati. Jadi, kalau kamu sudah sukses dan merasa mulai sombong yuk kendalikan pikiran dan hatimu ke arah yang lebih positif ya!

2. Takut kesuksesanmu tersaingi oleh orang lain

Waspada, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Terlalu Terobsesi pada Kesuksesanpexels.com./Do Trung

Orang yang terlalu melekat pada 'gelar' kesuksesannya punya kemungkinan besar menjadi pribadi yang takut tersaingi oleh orang lain. Sebenarnya, adanya kompetitor ataupun pesaing bukanlah untuk ditakuti melainkan menjadi motivasi agar diri sendiri menjadi lebih baik lagi.

Jadi, mulai sekarang bila kamu sudah merasa sukses dan melihat adanya orang yang kamu anggap sebagai kompetitor maka bersainglah secara sehat dan terus berinovasi tanpa harus takut tersaingi. Setuju?

Baca Juga: Ingin Sukses? Buang Jauh 5 Hal Sia-sia Ini dari Hidupmu

3. Tidak mau berbagi kepada mereka yang membutuhkan

Waspada, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Terlalu Terobsesi pada Kesuksesanpexels.com/Artem Bali

Salah satu ciri orang yang dianggap sukses dalam masyarakat adalah orang yang punya kesuksesan di bidang finansial atau keuangan. Nah, seringkali mereka yang sudah melekat pada harta atau uang yang sudah susah payah didapatnya menjadi enggan untuk berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan.

Padahal, kesuksesan sesungguhnya bukan hanya untuk diri sendiri saja melainkan juga bermanfaat untuk orang lain. Jadi, jika sekarang kamu sedang berada pada posisi atas di roda kehidupan, jangan pelit dan takut untuk berbagi kepada mereka yang lebih membutuhkan darimu ya karena adakalanya sedikit kebaikanmu saja sudah dapat membahagiakan dan menolong hidup mereka lho.

4. Banyak orang sekitar yang mempertanyakan perubahan dirimu yang semakin negatif

Waspada, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Terlalu Terobsesi pada Kesuksesanpexels.com/Trinity Kubassek

Coba cek pendapat orang di sekitarmu tentang bagaimana tanggapan mereka terhadap dirimu setelah kamu sudah sukses. Bila selang beberapa waktu mereka malah menegur dirimu yang sudah berubah menjadi pribadi yang lebih buruk, maka kamu wajib memperhatikan masukan mereka.

Karena, mungkin saja akibat dirimu yang sudah terlanjur melekat erat pada kesuksesan malah membuatmu berubah total dari dirimu yang sebelumnya. Misalnya, kalau dulu kamu orang yang ramah dan rendah hati, setelah sukses malah jadi sombong. Hmm, kalau begitu kamu tentu sudah tahu jawabannya kan?

5. Jika kesuksesan yang kamu miliki malah membuatmu jauh dari kata bahagia

Waspada, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Terlalu Terobsesi pada Kesuksesanpexels/Daria Shevtsova

Kalau kamu sudah cek pendapat orang lain terhadap dirimu, maka sudah saatnya kamu memeriksa ke dalam lubuk hatimu. Apakah kamu merasa bahagia dan lebih bermanfaat bagi orang lain atau malah sebaliknya?

Seharusnya, kesuksesan sejati yang dimiliki membuat kamu maupun orang-orang di sekitarmu tersenyum bahagia. Kalau tidak, maka sangat mungkin kalau kamu sudah melekat pada kesuksesanmu yang akhirnya bikin kamu jauh dari kata bahagia.

Akhir kata, kesuksesan adalah sebuah proses dan bila kamu dapat melalui proses-proses tersebut dengan baik dan tentunya tidak instan, maka semoga kamu dapat terhindar dari rasa melekat yang berlebihan pada kesuksesanmu sendiri. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ini Kunci Sukses Entrepreneur, Ternyata Bukan Hanya Tentang Modal

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya