Comscore Tracker

5 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!

Mana yang paling unik menurutmu?

Sudah memasuki minggu ketiga puasa, udah berapa kali nih kamu datang bukber? Buat kamu yang udah sering datang ke acara bukber, pasti acara gitu-gitu aja kan? Sehabis ngobrol-ngobrol santai, buka puasa, makan, salat, terus pulang. Duh, itu sih ngebosenin! Nah, kali ini, IDN Times telah merangkum beberapa suasana bukber unik dari berbagai negara. Menurutmu mana nih yang paling keren?

1. “Pamer baju” ke tetangga di Kuwait

5 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!kuna.net.kw

Kuwait punya tradisi unik di kala Ramadan, yaitu Gergean yang berarti “mengetuk”. Dalam tradisi Gergean, anak-anak akan mengetuk rumah-rumah tetangganya untuk mendapatkan kudapan manis. Mirip seperti Halloween ya? Eits, di Kuwait anak-anaknya nggak pakai kostum-kostum seram lho, melainkan dengan kostum tradisional. Lewat tradisi ini, masyarakat Kuwait berhasil membuat bulan Ramadan terasa begitu hidup sekaligus mengajak anak-anak untuk lebih semangat dalam mengerjakan ibadah puasa. Kira-kira perlu diadopsi sama Indonesia nggak ya?

2. Meriam Yellow Bastion di Sarajevo

5 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!ba.n1info.com

Ini dia tradisi yang lumayan greget. Kalau kita biasanya nunggu azan Magrib sambil mendengarkan kultum, para muslim di Sarajevo setia menunggu dentuman meriam di Yellow Bastion yang merupakan benteng pertahanan yang digunakan pada masa pemerintahan Ottoman di abad 18. Meski dentumannya terdengar hingga ke pelosok Sarajevo, orang-orang justru berkumpul di Yellow Bastion untuk menikmati waktu menunggu buka puasa. Unik ya, meriam yang identik dengan kehancuran malah bisa jadi alat pemersatu.

3. Bukber di perut bumi di Freeport, Indonesia

5 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!IDN Times/Freeport Indonesia

Nggak kalah dengan orang-orang di Sarajevo, Indonesia juga punya suasana bukber yang greget banget, yaitu di perut bumi. Tradisi ini bisa kita temukan dalam komplek pertambangan Freeport di Tembagapura, Timika, Papua. Para karyawan PT Freeport Indonesia yang bekerja dalam perut bumi ini saling berkumpul dan menikmati menu buka puasa bersama di Masjid Baabul Munawwar yang berada di kedalaman 1.700 meter dari permukaan bumi. Di bulan Ramadan, masjid yang punya arti “pintu tempat cahaya” itu juga digunakan untuk mendirikan ibadah salat Tarawih lho. Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa suasana masjid bawah tanah ini, cek foto-foto berikut ini deh.

5 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!IDN Times/Freeport Indonesia

Para karyawan PT Freeport Indonesia mengambil menu buka puasa yang telah dipersiapkan.

5 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!IDN Times/Freeport Indonesia

Salat berjamaah yang dilaksanakan oleh karyawan PT Freeport Indonesia di Masjid Baabul Munawwar.

Jadi, dengan adanya Masjid Baabul Munawwar dengan segala kegiatan rohaniah yang diadakan di masjid tersebut, kebutuhan spiritual puluhan ribu karyawan PT Freeport Indonesia pun telah terpenuhi. Masjid Baabul Munawwar ini dibangun bersebelahan dengan Gereja Oikumene Soteria melambangkan toleransi umat beragama. Antar jamaah masjid dan jemaat gereja dapat saling bercengkrama dan menghargai keragaman. Indahnya perbedaan.

4. Bukber kuliner tradisional di Rusia

5 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!thenational.ae

Tahu nggak sih, umat muslim di Rusia harus menjalani puasa selama 17 jam lho. Nah, untuk berbuka puasa ini masyarakat muslim Rusia juga mengonsumsi kurma dan buah-buahan layaknya kita. Tapi, untuk melengkapinya, mereka juga menyantap khingalsh yaitu makanan yang terbuat dari tepung dengan isian labu dan keju. Selain itu, ada juga galnash yang terbuat dari gandum. Makanan-makanan kaya protein dan serat ini mampu mengembalikan energi setelah belasan jam berpuasa. Untuk melengkapinya, mereka juga minum kvass yang merupakan minuman tradisional Rusia yang dihasilkan dari proses fermentasi dengan campuran perisa buah.

5. Bukber dengan aneka makanan dunia di Singapura

5 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!thehoneycombers.com

Singapura sebagai melting pot dari berbagai budaya tentu punya suasana tersendiri dalam merayakan berbuka puasa. Kulinernya yang kaya dengan budaya Melayu, Tiongkok, India, Arab, dan lain sebagainya pastinya akan langsung diburu oleh para umat muslim di Singapura. Nah, Singapura juga punya tradisi sendiri yaitu berbuka dengan kathira yaitu minuman yang terbuat dari getah anggur dengan kuah pandan, susu, air mawar, dan air mineral. Sebagai topping, Kathira juga dilengkapi dengan taburan biji selasih, kurma, atau pun kismis. Segar banget!

Itulah lima tradisi buka puasa paling unik di berbagai negara. Ternyata, bukan cuma Indonesia yang memiliki kebiasaan buka puasa yang menarik ya. Tapi, cuma di Indonesia yang buka bersama diselenggarakan di dalam perut bumi. Greget ya!

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya