Comscore Tracker

Dear Pendiam, Lakukan 5 Cara Ini Agar Pergaulanmu Luas

#GoodLife Diam bukan berarti gak bisa apa-apa

Sebagian besar orang memiliki sifat pendiam. Seseorang yang memiliki sifat itu biasanya tidak pandai bicara sehingga hal tersebut membuat mereka kesulitan untuk menjalin hubungan pertemanan.

Namun, jika kamu adalah orang yang pendiam, jangan pernah jadikan sikap itu sebagai alasan untukmu menarik diri dari pergaulan. Walaupun kamu pendiam, kamu tetap bisa kok menjalin hubungan dengan banyak orang. Kalau kamu merasa kesulitan, berikut ada 6 cara untuk kamu yang pendiam supaya bisa bergaul dengan siapa saja.

1. Hilangkan segala pikiran negatif, belajarlah berpikir positif

Dear Pendiam, Lakukan 5 Cara Ini Agar Pergaulanmu LuasPexels/zunzun

Agar kamu memiliki pergaulan yang luas, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah merubah pola pikir kamu. Sifat pendiam biasanya muncul karena kamu tidak memiliki kepercayaan dengan dirimu sendiri.

Maka dari itu, ubah mindsetmu untuk berpikir positif. Hapus setiap pikiran negatif yang mengisi kepalamu. Dengan begitu kamu akan memiliki kepercayaan diri untuk bergaul dengan orang lain.

2. Cobalah untuk memikirkan kelebihan yang kamu miliki

Dear Pendiam, Lakukan 5 Cara Ini Agar Pergaulanmu LuasPexels/Gratisography

Setiap orang tidak terkecuali kamu yang pendiam pastinya memiliki sisi baik dan sisi buruk. Namun orang yang pendiam biasanya lebih condong untuk memikirkan kekurangan dan kelemahan mereka.

Nah, agar kamu yang pendiam mudah bergaul, cobalah untuk berhenti memikirkan kelemahanmu, pikirkan kelebihan yang kamu punya. Kalau kamu mampu, ubah kelemahanmu menjadi kekuatanmu yang tidak dimiliki oleh orang lain.

3. Berhenti bersikap dingin, belajarlah untuk lebih ramah

Dear Pendiam, Lakukan 5 Cara Ini Agar Pergaulanmu LuasPexels/Daniel Xavier

Supaya kamu bisa memiliki banyak teman, mulailah dengan merubah sikapmu terhadap orang-orang disekitarmu. Orang yang pendiam biasanya lebih cuek dan dingin dengan orang lain, untuk itu belajarlah bersikap lebih ramah pada orang lain.

Baca Juga: 6 Pesan Penting Buat Kamu yang Pendiam Agar Jadi Pribadi Kuat

4. Perbanyak relasi, libatkan dirimu dalam organisasi

Dear Pendiam, Lakukan 5 Cara Ini Agar Pergaulanmu LuasPexels/Thnh Phng

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar mudah bergaul adalah memperluas relasi. Libatkan dirimu dalam beberapa organisasi. Dengan begitu pergaulanmu akan semakin luas. Selain itu, bergabung dengan organisasi juga akan membantumu menjadi pribadi yang lebih percaya diri. 

5. Tumbuhkan kepedulianmu terhadap orang lain

Dear Pendiam, Lakukan 5 Cara Ini Agar Pergaulanmu Luasdramabeans.com

Saat kamu sudah mulai mengenal banyak orang, tanamkan kepedulianmu terhadap mereka. Eratkan kekeluargaan dalam hubungan yang telah kamu jalin. Mulailah dengan hal sederhana seperti menanyakan kabar mereka, jangan ragu juga untuk menawarkan pertolonganmu pada mereka yang membutuhkan.

6. Terbuka dan terus terang dengan dirimu sendiri dan orang lain

Dear Pendiam, Lakukan 5 Cara Ini Agar Pergaulanmu Luassimpansinopsis.com

Jangan berpura-pura jangan pula memendam perasaanmu sendiri. Walaupun kamu pendiam jangan pernah mencoba untuk membohongi dirimu sendiri dan pada orang lain. Pikirkan jika kamu berbohong, lalu teman-temanmu mengetahui kebohongnmu.

Apa mereka masih mau berteman denganmu? Walaupun mereka masih tetap mau berteman denganmu, pastinya mereka akan menjaga jarak denganmu.

Sekarang kamu sudah tahu kan, cara supaya kamu 'si pendiam' bisa memiliki pergaulan yang luas?

Perubahan memang sulit, butuh niat juga keberanian. Tapi kalau kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh keinginanmu untuk bisa menjalin hubungan dengan banyak orang bisa tercapai.

Baca Juga: 7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & Kuat

Galuh Indah Febriani Photo Verified Writer Galuh Indah Febriani

Nikmati hidupmu, taati aturan Allah, and begin your day with smile and pray

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya