Comscore Tracker

5 Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu di Lingkungan Sosial

Agar menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang!

Rasa malu adalah salah satu bentuk emosi manusia. Sebuah emosi, pengertian, pernyataan, atau kondisi yang dialami manusia akibat sebuah tindakan yang dilakukannya sebelumnya dan kemudian ingin ditutupinya. Wajar jika seseorang punya rasa malu bahkan sudah dari sejak lama rasa malu banyak memengaruhi diri seseorang.

Rasa malu bisa dibagi menjadi 2 macam, yaitu rasa malu terkait dengan kesopanan (discretionay shame) dan rasa malu berhubungan dengan adanya konflik naluri terhadap dirinya sendiri (disgrace shame).
Mengenai sifat disgrace shame sepertinya sebagian besar dimiliki oleh orang banyak.

Contohnya, seseorang akan merasa malu ketika didepan banyak orang, atau melakukan public speaking dan atau ogah mengusulkan berbeda pendapat diantara orang lain, dan lain sebagainya.

Namun jika rasa malu masih bertengger di dalam diri dan sulit mengatasinyanya, coba lakukan 5 cara mudahnya dibawah ini.

1. Jangan publikasikan bahwa kita pemalu

5 Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu di Lingkungan Sosiallovepanky.com

Jika berada di lingkungan baru, berusahalah untuk bisa memulai duluan percakapan dengan orang sekitar. Meskipun merasa gugup untuk memulai duluan, yakinlah bahwa engkau akan merasakan kenyamanan setelah memulai obrolan yang ringan bersama orang-orang terdekat di lingkungan baru.

2. Jaga jarak dengan lingkungan toxic

5 Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu di Lingkungan Sosialcdc.gov

Apalagi bertemu orang-orang yang toxic di lingkungan baru, lebih baik jaga jarak dengan mereka jika kamu merasa tak nyaman dekat dengan mereka. Dan cara itu makin lebih baik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

3. Hindari overthinking

5 Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu di Lingkungan Sosialelitedaily.com

Kalau sudah mencakup dengan banyak berfikir memang tidak akan ada habisnya. Apalagi pikiran-pikiran yang membunuh pergerakanmu untuk mulai maju. Maka dari itu, hindarilah terlalu berfikiran untuk mulai bertindak karena semua rasa dan pikiran lainnya akan masuk ke dalam diri sehingga kamu ogah untuk melakukannya.

Baca Juga: 5 Tanda Pacar yang Terlalu Ikut Campur dalam Kehidupan Pribadimu

4. Selalu pikirkan 'aku bisa'

5 Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu di Lingkungan Sosialaddicted2success.com

Daripada banyak memikirkan yang bisa menghambat aktivitasmu, lebih baik memiliki pikiran yang selalu positif. Hal keadaan apapun dengan pikiran yang selalu positif terbukti kamu akan merasa selalu bahagia dalam menjalaninya dan akhirnya bisa mencapai titik puncak keinginanmu yang sebenarnya.

5. Latihan berbicara di cermin

5 Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu di Lingkungan Sosialsteemit.con

Dan terakhir adalah lakukan latihan berbicara di depan cermin. Hal tersebut memang sepele namun sangat baik untuk masa pengembangan diri.

Saat berbicara di depan cermin bayangkan kamu sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Mengobrol sesuai keinginanmu, bercerita, bercengkerama.

Lambat laun kamu akan fasih dan terbiasa dengan gaya obrolanmu sendiri dan kamu akan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. So, pada akhirnya kamu bisa karena terbiasa.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kepercayaan diri. Sebenarnya tak sulit untuk mengatasi rasa malu itu jika kamu mau mencoba melakukan perubahan, lalu terbiasa melakukannya dan akhirnya kamu bisa. 

Baca Juga: 5 Film tentang Liku-liku Kehidupan Pernikahan, Syahdu hingga Memilukan

Gebialya Raa Photo Verified Writer Gebialya Raa

Good leadership is teaching ordinary people to be able to do the work of extraordinary people. -John D. Rockefeller //FOUNDER//

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya